Site icon Vocasia

7 Langkah Mudah Cara Membuat Kode QR

Indonesiapr.id

Indonesiapr.id

apa itu Kode QR?

Kode QR adalah kependekan dari kode ‘respon cepat’. Ini adalah simbol hitam-putih berbentuk persegi yang dipindai dengan smartphone atau laser untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan. Kotak terenkripsi ini dapat menyimpan konten, tautan, kupon, detail acara, dan informasi lain yang ingin dilihat pengguna.

Tidak semua kode QR berbentuk persegi. Terkadang mereka memiliki pola, warna, dan logo unik yang ditampilkan di dalamnya. Anda akan menemukannya di ruang non-digital seperti surat langsung, papan nama, papan reklame, dan bahkan acara TV di mana Anda dapat memindai kode di layar menggunakan ponsel Anda.

Baca Juga | 10 Contoh Design Barcode Yang Unik Dan Menarik

Cara Membuat Kode QR

Proses pembuatan kode QR cukup mudah. Berikut adalah cara untuk memulai.

Langkah 1: Pilih jenis konten yang Anda promosikan.

Pertama, Anda harus memilih pembuat kode QR favorit Anda. Jika Anda membutuhkan beberapa ide, lihat daftar kami. Untuk contoh ini, kita akan menggunakan qr-code-generator.com.

Pilih jenis konten yang Anda ingin kode QR Anda tunjukkan kepada pengguna setelah mereka memindainya. Anda dapat memilih salah satu dari 10 jenis konten.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

Langkah 2: Masukkan data Anda pada formulir yang muncul.

Setelah Anda memilih jenis konten yang Anda promosikan dengan kode QR ini, sebuah bidang atau formulir akan muncul di mana Anda dapat memasukkan informasi yang sesuai dengan kampanye Anda.

Jika Anda ingin kode QR Anda menyimpan informasi kontak, misalnya, Anda akan melihat sekumpulan bidang tempat Anda dapat memasukkan alamat email, baris subjek, dan pesan terkait.

Langkah 3: Pertimbangkan untuk mengunduh kode QR dinamis.

Lihat opsi di bawah untuk “dinamis”? Salah satu perangkap signifikan untuk membuat kode QR adalah Anda tidak dapat mengedit data yang ada di dalamnya setelah Anda mencetaknya. Tetapi dengan kode QR dinamis, Anda dapat mengedit data ini.

Dengan keanggotaan gratis untuk pembuat kode QR seperti qr-code-generator.com, Anda dapat mencetak kode QR dinamis, memindainya, dan mengambil formulir yang dapat diedit tempat Anda dapat mengubah data yang akan diterima pengunjung Anda saat mereka memindai kode QR diri.

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Itu Mobile Marketing Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Langkah 4. Sesuaikan kode QR Anda.

Bagian yang menyenangkan dari membuat kode QR adalah menyesuaikan desain kode agar sesuai dengan merek Anda. Ingin kode Anda terlihat seperti logo Anda?

Menggunakan qr-code-generator.com, kita dapat menyesuaikan kode QR kita dengan mengklik tombol di kanan atas, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Ingatlah bahwa tidak semua pembuat kode QR menawarkan opsi desain ini — tergantung pada kode QR yang ingin Anda buat, Anda mungkin menemukan beberapa alat yang fungsinya terbatas.

Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan kode QR lebih lanjut menyesuaikan warna, menambahkan logo, membuat opsi sosial, dan banyak lagi.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa penyesuaian dapat mempersulit aplikasi pemindaian kode QR dan kamera ponsel cerdas untuk membaca kode dengan benar. Untuk menutupi basis Anda, sebaiknya buat dua versi kode QR Anda satu versi biasa dan satu lagi dengan desain pilihan Anda.

Baca Juga | 8 Tips Membuat Desain Kemasan Yang Baik Dan Menarik

Langkah 5: Uji kode QR untuk memastikannya terpindai.

Jangan lupa untuk memeriksa apakah kode QR terbaca dengan benar, dan pastikan untuk mencoba lebih dari satu pembaca kode QR. Tempat yang baik untuk memulai adalah alat gratis Google Goggles, yang mengambil gambar dan kemudian memberi tahu Anda tautan atau item apa yang “dibaca”.

Tool gratis lainnya adalah aplikasi QR Code Reader, yang secara otomatis membawa Anda ke apa pun yang “dibaca”. Sebagian besar ponsel cerdas saat ini menyertakan pembaca kode QR bawaan, jadi Anda harus menguji untuk memastikan kode Anda juga dapat dibaca di sana.

Baca Juga | 6 Aplikasi Untuk Belajar Desain, Gampang Banget!

Langkah 6: Bagikan dan distribusikan kode QR.

Kode QR tidak akan dapat melakukan tugasnya kecuali orang melihatnya. Jadi, pastikan Anda membuat rencana distribusi untuk berbagi kode. Ini dapat mencakup menampilkannya di iklan cetak, di pakaian, atau di lokasi fisik di mana orang dapat mengeluarkan ponsel mereka untuk memindainya.

Langkah 7: Lacak dan analisis kinerja.

Sama seperti kampanye pemasaran lainnya, Anda harus menindaklanjuti jaminan atau kampanye apa pun yang menggunakan kode QR untuk melihat apakah mereka benar-benar berfungsi. Berapa banyak lalu lintas yang berasal dari setiap kode tertentu? Apakah orang-orang memindai kode Anda tetapi tidak menukarkan penawaran mereka begitu mereka tiba di halaman arahan? Atau apakah mereka bahkan tidak cukup terdorong untuk memindai kode QR Anda?

Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memecahkan masalah dan menyesuaikan kode QR yang berkinerja buruk untuk lebih mencerminkan yang berfungsi dengan baik.

Saya sarankan Anda menyertakan kode pelacakan UTM pada URL Anda sehingga Anda dapat mengukur kinerja dengan lebih baik ini sangat penting jika Anda menggunakan analisis pemasaran loop tertutup atau jika Anda melakukan pelaporan yang lebih mendalam pada kampanye Anda.

Baca Juga | URL: Sudah Tahu Pengertian Dan Bagian-Bagiannya?

Exit mobile version