Site icon Vocasia

7 Tips Membeli Laptop Baru

TIPS MEMBELI LAPTOP

Isometric gadget shop design concept with square compositions of sellers and clients in consumer electronics store vector illustration

Laptop kini menjadi salah satu perangkat yang sangat penting, terlebih di masa WFH seperti ini. Saking butuhnya, banyak orang yang terburu-buru membeli laptop tanpa pikir panjang. Padahal ada beberapa tips membeli laptop baru yang perlu diketahui agar tidak salah memilihnya.

Karena setiap orang memiliki kebutuhan penggunaan laptop yang berbeda-beda, tentu memilih spesifikasi laptopnya juga perlu disesuaikan. Untuk itu, sebelum membeli laptop, simak beberapa tips di bawah ini agar tidak salah beli!

Baca Juga : Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula

Tips membeli laptop baru

source: freepik

1. Tentukan sistem operasi atau OS

Saat ini laptop hadir dengan tiga OS populer yaitu Windows, MacOS (hanya untuk MacBook), dan Chrome OS. Dari ketiga OS tersebut, tentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Windows merupakan OS paling fleksibel dan populer. Selain itu, laptop dengan OS Windows tersebar di berbagai macam harga mulai dari terjangkau hingga yang mahal.

Yang kedua adalah MacOS, menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan Windows, namun terbatas di perangkat dari MacBook saja. Salah satu keunggulan MacOS dibanding Windows adalah pembaruan versi sistem operasi yang rutin setiap tahunnya.

Yang terakhir yaitu Chrome OS, menjadi yang paling sederhana dan aman, namun lebih terbatas ketimbang Windows dan MacOS. Ini lebih ditujukan untuk mereka yang suka kesederhanaan dan portabilitas yang lebih baik. Biasanya digunakan oleh pelajar.

Baca Juga :

2. Tentukan processor laptop

source: pexels

Semakin canggih processor, maka semakin bagus pula performa laptop. Ada beberapa jenis processor yang biasanya terdapat dalam laptop. Tapi rekomendasi laptop yang bagus performa dan kinerjanya adalah dengan memilih laptop intel atau AMD.

Baca juga: 

Laptop dengan processor Intel dikenal punya kelebihan dalam hal performa. Ada banyak jenis processor intel yang bisa kamu beli. Jika berkutat dengan pekerjaan berat seperti bermain game atau mulitimedia, kamu bisa memilih laptop Intel yang bagus untuk gaming. Minimal Intel Core i5 generasi terbaru.

Processor umumnya lebih baik dalam hal grafis. Bila kamu berkutat dengan pembuatan desain, maka sebaiknya memilih laptop AMD. Rekomendasi laptop yang bagus untuk editing gambar dan editing video adalah yang ber-processor AMD Ryzen 5 dan 7 generasi terbaru.

3. Tentukan kapasitas RAM

RAM adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.

Apabila RAM terlalu kecil, kamu tidak akan dapat membuka apa-apa lagi atau menyelesaikan pekerjaanmu. Akhirnya laptop akan membeku dan perlu dimulai kembali. Idealnya laptop di era sekarang setidaknya memiliki RAM sebesar 8GB dan 16GB. Bagi kebanyakan orang, 32GB atau lebih sudah lebih dari cukup sampai 64GB ke atas.

Baca Juga :

4. SSD atau HDD?

Ruang penyimpanan adalah salah satu spesifikasi yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Khususnya ketika kamu membeli laptop bekas. Bila kamu kurang cermat mempertimbangkan kondisi dan kualitas hardisk internal yang dipakai pastinya akan merugikan.

Cara memilih hardisk internal laptop yang bagus yaitu memilih hardisk berkapasitas besar. Kamu bisa memilih model HDD (hard disk drive) atau SSD (solid state drive).

Bila kamu memilih hardisk laptop type HDD sebaiknya kapasitas penyimpanannya adalah 500GB ke atas. Namun, memilih model SSD lebih direkomendasikan karena kecepatannya lebih baik dibandingkan HDD. Bedanya kamu harus mengeluarkan biaya lebih besar bila memilih laptop SSD.

Baca Juga :

5. Tentukan ukuran laptop sesuai keinginan

source: unsplash

Sebaiknya, pilihlah laptop yang paling sesuai untuk kamu. Apabila kamu butuh portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan itu, kamu bisa mobile, berpindah dengan mudah karena dimensi yang kecil.

Laptop berbasis mobile biasanya memiliki layar berukuran 12,5 inci – 13,3 inci. Laptop semacam ini punya bobot antara 1 kg – 1,5 kg. Meski begitu, sangat jarang laptop dengan ukuran tersebut punya spesifikasi yang benar-benar kencang. Kamu tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel i7 di perangkat sekecil ini.

Namun, apabila membutuhkan laptop bertenaga tinggi, baik itu untuk urusan desain atau gaming, kamu harus memilih laptop dengan ukuran besar. Pasalnya, bodi tebal dibutuhkan untuk menyimpan komponen yang lebih bertenaga. Biasanya, laptop semacam ini punya layar berukuran 14 – 17,3 inci. Sedangkan bobotnya sendiri bisa mencapai 2 kg.

Baca Juga :

6. Laptop dengan konektivitas lengkap dan cepat membaca data

Bagi kamu pekerja atau profesional yang harus sering melakukan presentasi, pasti laptopmu harus terhubung ke proyektor sehingga bisa menampilkan slide ke layar.

Laptop yang bagus adalah yang memiliki port untuk disambungkan ke berbagai media atau perangkat lainnya. Pastikan bahwa di laptop ada port USB sehingga flashdisk dan eksternal device seperti smartphone juga bisa tersambung. Laptop yang bagus sekarang setidaknya punya port USB 3.0 yang 10 kali lebih dalam mentransfer file masuk atau keluar dan USB 2.0.

7. Pertimbangkan harga laptop

source: pexels

Tentu saja kamu perlu menyesuaikan spesifikasi laptop dengan budget kamu miliki. Jangan sampai memaksakan diri. Carilah jalan tengah yang memberikan keuntungan baik dari barang dan financial-mu.

Kamu pastinya menginginkan laptop yang berfungsi, namun tidak akan menguras kantong. Dari masa ke masa, laptop menjadi lebih terjangkau dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa laptop bahkan menawarkan harga dibawah 3-4 juta. Jadi, berapa pun budget kamu, kamu masih bisa menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Itu dia beberapa tips yang harus kamu ingat sebelum membeli laptop. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Exit mobile version