Tanggal:19 April 2024

9 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis sangatlah beragam. Sebagian orang awam ketika mendengar kata administrasi pasti berpikir bahwa hanya sekadar melakukan kegiatan pemberkasan, surat-menyurat, mencatat, maupun mengetik.

Padahal tak hanya itu saja, lho! Administrasi bisnis berhubungan dengan pembuatan rencana dan juga kelayakan keputusan. Untuk itu, administrasi bisnis mempunyai peran penting pada sistem pengelolaan bisnis secara menyeluruh. Tentunya supaya bisnis yang dijalankan bisa diterima oleh pelanggan serta mendapat profit.

Bagi kalian yang mengambil jurusan ini, tenang saja! Kalian dapat bekerja di sebuah instansi pemerintah, perusahaan nasional, multinasional, dan bahkan berpeluang besar membuka suatu usaha sendiri alias menjadi seorang entrepreneur.

Baca Juga :

Dengan bekal ilmu yang sesuai selama di bangku perkuliahan, diharapkan seseorang tidak akan mengalami kesulitan saat mencari pekerjaan. Kali ini kita akan membahas tentang prospek kerja bagi kalian yang kuliah dengan jurusan administrasi bisnis. Penasaran? Yuk, simak daftar prospek kerja administrasi bisnis berikut ini!

9 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Profesi Administrasi Bisnis (Pexels)

Tak bisa dipungkiri, dalam jenis perusahaan dan instansi apa pun, seorang yang memiliki keahlian dalam bidang administrasi bisnis sangatlah diperlukan. Baik untuk mengatur bagian manajerial atau administrasi lainnya. Mereka berkesempatan luas untuk mendapatkan prospek kerja yang bagus, di antaranya seperti beberapa pekerjaan di bawah ini.

1. Staf Pengajar (Guru dan Dosen)

Ilustrasi Profesi Pengajar (Pexels)

Jika kalian telah lulus dengan gelar administrasi bisnis, tetapi ingin terus belajar dan tertarik dengan jurusan tersebut, mungkin mengajar adalah karier yang tepat. Untuk menjadi seorang tenaga pengajar, kalian harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni.

Oleh karena itu, tidak jarang perguruan tinggi mewajibkan dosennya memiliki gelar magister atau doktor di semua bidang pendidikan. Selain mengajar, dosen juga harus melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu yang digelutinya. Hasil penelitian biasanya berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional maupun internasional.

Baca Juga : 

2. Enterpreneur (Pengusaha)

Ilustrasi Enterpreneur (Pixebay)

Lulusan ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk bekerja di perusahaan, tetapi juga bisa membuka bisnis sendiri. Berbagai ilmu yang dipelajari di universitas, seperti sumber daya manusia, akuntansi, manajemen, komunikasi ketenagakerjaan dan pemasaran, memiliki potensi untuk diterapkan sepenuhnya dalam mendirikan dan mengelola bisnis.

Sebagai seorang pebisnis, kalian harus lebih kreatif untuk memunculkan ide bisnis yang dapat bersaing dengan kompetitor lain. Memiliki ketekunan yang tinggi juga harus diterapkan dalam memulai sebuah bisnis. Pasti banyak sekali rintangan dan hambatan yang harus kalian lalui.

Baca Juga : 

3. HRD

Ilustrasi Profesi HRD (Pixebay)

HRD atau dikenal dengan departemen pengembangan sumber daya manusia adalah bagian dari perusahaan yang berkomitmen dan bertanggung jawab untuk merekrut sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing perusahaan. Seorang HRD tak hanya bertugas merekrut, ia juga bertanggung jawab untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan karyawan, serta sumber daya manusia (SDM) di dalam perusahaan itu sendiri.

Jika kalian memiliki latar belakang administrasi bisnis dan memiliki keterampilan kerja tim, komunikasi yang baik, pekerja keras, dan dapat berkembang secara kompetitif, kalian mungkin memiliki peluang besar untuk bergabung dengan staf HRD.

Baca Juga : 

4. Marketing Staff (Pemasaran)

Ilustrasi Marketing (Pexels)

Selama kuliah kalian mempelajari strategi pemasaran, bukan? Nah, ilmu ini bisa digunakan untuk melamar ke perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang tenaga pemasaran. Kesempatan terbuka lebar untuk menjadi tim pemasaran yang unggul bagi seorang lulusan administrasi bisnis. Ketika bekerja di bidang ini, kalian bertanggung jawab untuk memasarkan produk dan layanan dari perusahaan tempat kalian bekerja.

Dalam hal ini, proses pemasaran dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang menjadi sasaran produk perusahaan. Jika kalian berhasil mencapai target penjualan, perusahaan akan memberi uang insentif di luar gaji pokok. Oleh karena itu, sering dikatakan bahwa tenaga pemasaran merupakan ujung tombak bisnis yang akan menentukan sukses tidaknya bisnis itu sendiri.

Baca juga: 

5. Konsultan Bisnis

Ilustrasi Profesi Konsultan Bisnis (Pixebay)

Kalian memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai konsultan bisnis di berbagai instansi. Tugas utama kalian adalah memberikan saran, wawasan, dan solusi yang nantinya akan digunakan oleh para pengusaha dan pemimpin bisnis dalam mengambil keputusan bisnis. Saat ini profesi konsultan bisnis juga disambut baik oleh banyak pengusaha.

Baca Juga : 8 Tips Jika Ingin Cepat Dipanggil Wawancara Kerja

6. Business Manager (Manajer Perusahaan)

Ilustrasi Manajer Perusahaan (Pixebay)

Untuk menjadi seorang pemimpin bisnis, kalian harus mampu membuat keputusan yang tepat, berkomunikasi dengan baik, memotivasi, memberi nasihat, dan memimpin pelatihan. Jika ingin menjadi seorang manajer, kalian bisa memulainya dengan mengikuti program pelatihan manajer.

Program ini biasanya diadakan di perusahaan-perusahaan besar. Hal itu dirancang supaya para manajer di masa depan dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk bekerja secara aktif dan efektif di posisi tersebut, termasuk tahu tentang seluruh industri perusahaan.

Baca Juga :

7. Staf Administrasi

Profesi Staf Administrasi (Pexels)

Salah satu pekerjaan yang paling umum adalah staf administrasi. Bagi sebagian orang, pekerjaan ini merupakan hal yang sangat mudah dan membutuhkan proses ketelitian. Beberapa tanggung jawabnya antara lain seperti entri data, menjawab telepon, menjawab email, menerima tamu, dan urusan administrasi lainnya.

Meski terkesan mudah dilakukan, tanpa mengetahui konten dan bisnis perusahaan secara mendalam, tidak akan menjadikan kalian untuk cepat naik pangkat. Nah, lulusan administrasi bisnis dapat lebih kompetitif pada bidang ini dibandingkan jurusan lainnya.

Baca Juga :

8. Analysis Research Market

Ilustrasi Reserch (Pixebay)

Seorang yang menggeluti analis riset pasar sangat membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, produk apa yang dijual, serta bagaimana cara menjualnya. Mereka pun membuat survei untuk memahami target yang diteliti. Setelah itu, mereka akan menganalisis hasil dari penelitian tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen.

Baca Juga :

9. Pegawai Bank

Ilustrasi Pegawai Bank (Pixebay)

Peluang kerja sebagai pegawai bank bagi lulusan administrasi bisnis selama ini sangat terbuka lebar. Hal itu lantaran banyak posisi di perusahaan perbankan yang membutuhkan lulusan administrasi bisnis. Beberapa posisi yang dapat diisi oleh lulusan administrasi bisnis seperti kasir keuangan (BO), akuntan, tenaga penjualan, auditor, dan banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa prospek kerja administrasi bisnis. Sangat bervariasi, bukan? Dari penjelasan di atas, profesi mana yang ingin kalian geluti? Pastikan pilih sesuai kemampuan dan hati nuranimu, ya.

Baca Juga :

Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *