Tanggal:20 April 2024

Bingung Alarm Mobil Bunyi Terus? Ini Cara Mengatasinya!

Alarm mobil merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk memastikan keamanan mobil. Akan tetapi bagaimana jika alarm mobil bunyi terus dan tidak berfungsi dengan baik? Selain mengganggu, hal ini pastinya membuat keamanan mobil menjadi tidak bisa maksimal lagi.

Saat ini telah banyak jenis mobil yang telah dilengkapi dengan fitur alarm. Biasanya mobil akan dilengkapi dengan remote untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur alarm yang ada di mobil tersebut. Namun dalam beberapa kasus, alarm mobil kadang tidak bisa berfungsi dengan baik yang membuat alarm bunyi sendiri bahkan bunyi secara terus menerus.

Ada banyak penyebab alarm mobil bunyi terus salah satunya karena sensitifitas alarm mengalami kerusakan. Selain itu, pintu mobil yang masih terbuka juga bisa membuat alarm menjadi berbunyi terus. Faktor-faktor lainnya juga bisa menjadi penyebab kenapa alarm mobil kamu bisa berbunyi terus menerus. Seringkali Alarm mobil berbunyi sendiri secara terus menerus. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mematikan alarm mobil yang bunyi terus? Simak tips lengkapnya dibawah ini. 

Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus-menerus

Alarm Mobil (Pexels)

Alarm yang bunyi secara terus menerus pastinya membuat kamu menjadi tidak nyaman. Kondisi ini bisa saja terjadi karena berbagai penyebab. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus yang perlu kamu tahu.

1. Sensitivitas Alarm Rusak

Salah satu penyebab alarm mobil kamu sering bunyi sendiri bahkan bunyi terus adalah karena sensitivitas alarm telah rusak. Alarm mobil dilengkapi dengan sensor yang terletak di pintu mobil. Sensor ini akan bekerja untuk mendeteksi suara atau getaran yang terjadi pada mobil. Jika sensitivitas sensor mobil rusak, hal ini bisa menyebabkan alarm mobil saat distarter atau bunyi terus menerus bahkan saat tidak digunakan.

Baca Juga: Sudah Tahu Ciri Ban Mobil Harus Diganti? Ini Penjelasannya

2. Pintu Mobil Masih Terbuka

Hal lainnya juga bisa menjadi penyebab alarm mobil bisa bunyi terus adalah karena pintu mobil masih terbuka. Hal ini bisa saja terjadi saat kamu merasa sudah menutup pintu mobil dengan benar namun ternyata belum. 

Kondisi ini bisa membuat alarm mobil bunyi terus karena sensor alarm mendeteksi adanya sinyal dari pintu sebagai bagian dari sistem keamanan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa memanfaatkan sensor lampu pada mobil yang mana lampu akan mati jika pintu telah tertutup sempurna. Jika lampu masih menyala, itu artinya pintu belum tertutup dengan baik.

3. Baterai Central Lock Rusak atau Habis

  Central lock merupakan komponen yang berfungsi untuk mengunci semua pintu mobil dari satu saklar. Jika baterai central lock habis, kamu harus membuka pintu mobil secara manual dan bisa menyebabkan alarm mobil berbunyi. Cara mengatasi alarm mobil avanza bunyi terus karena masalah ini adalah dengan segera lakukan penggantian pada baterai yang habis.

Baca Juga: Penyebab Radiator Mobil Bocor Dan Tips Mengatasinya 

4. Terjadi Kerusakan pada Komponen Alarm

Alarm mobil bekerja dengan mengandalkan beberapa komponen penting seperti sensor, control unit, sirine dan lampu kedip. Jika salah satu komponen alarm tersebut ada yang mengalami kerusakan, maka alarm tidak akan bisa bekerja dengan baik. Hal ini bisa membuat alarm mobil bunyi terus. Cara mengatasinya segera lakukan pemeriksaan pada sistem alarm untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi.

5. Sensor Kap Mesin Rusak

Kap mesin mobil yang mengalami kerusakan juga bisa menyebabkan alarm mobil kamu berbunyi terus. Kondisi ini terjadi karena sensor mendeteksi bahwa kap mesin masih dalam keadaan terbuka sehingga memberikan respon alarm untuk berbunyi. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuka dulu kap mesin kemudian coba tutup kembali. Selanjutnya tekan tombol lock pada remote mobil.

Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus-menerus

  Alarm mobil yang mengalami masalah dan membuatnya menjadi berbunyi secara terus menerus pasti akan mengganggu kenyamanan pemilik kendaraan. Tidak hanya itu, alarm mobil yang bermasalah juga bisa mengganggu keamanan mobil dan pemiliknya. Oleh sebab itulah, kamu harus segera mencari cara untuk alarm mobil bunyi terus tersebut.

1. Ubah Alarm ke Mode Silent 

Jika alarm tersebut berbunyi terus menerus atau juga karena terlalu sensitif kamu bisa menekan tombol kontrol pada remote central lock mobil Sahabat ke mode silent, karena jika tidak di silent mobil kamu akan membuat kebisingan terus menerus dan ini sangat mengganggu orang di sekitar. Dengan cara ini, akan membuat alarm tidak akan berbunyi sampai kamu mengembalikan pada mode normal. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi alarm mobil bunyi terus hingga mengganggu ketenangan orang.

Baca Juga: Cara Pasang Central Lock Mobil Sendiri Dengan Mudah Dan Murah

2. Ganti Baterai Remote Alarm Mobil

Hal yang kedua ini adalah jika baterai pada remote central lock kamu habis maka, akan membuka pintu mobil kamu secara manual dan ini akan menyebabkan mobil tersebut berbunyi terus menerus, langkah awal kamu bisa mencari baterai jam yang cocok untuk remote central lock mobil untuk membuka secara otomatis.

3. Cara Manual

Alarm mobil yang bunyi terus menerus juga bisa diatasi dengan cara manual. Cara ini cukup mudah dilakukan karena kamu hanya perlu membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Setelah kunci masuk ke lubang starter kemudian bolak-balik kunci dari posisi ACC ke On sebanyak 10 kali dengan cepat.

Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti. Setelah alarm berhenti berbunyi maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan, seperti dilansir dari Astraworld. Jika alarm sudah nonaktif, maka fungsi remote akan hilang. Setelah melakukan trik tersebut, disarankan mobil segera dibawa ke bengkel resmi Daihatsu agar fungsi remote dapat diaktifkan kembali.

Itulah, beberapa cara mudah mematikan alarm mobil yang bunyi terus. Bisa praktekkan tips diatas jika kamu mengalami permasalahan tersebut. Dengan mengetahui cara menangani alarm mobil bunyi terus, kamu bisa memastikan alarm bekerja dengan baik untuk menjaga keamanan kendaraan.

Untuk menghindari hal semacam ini, ada baiknya lakukan pengecekan alarm secara rutin di bengkel yang terpercaya. Selain itu, proteksi mobil kamu dengan membeli asuransi kendaraan guna meminimalisir risiko di masa depan. Semoga bermanfaat, ya.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *