Site icon Vocasia

Definisi dan Manfaat Kolaborasi

apa itu kolaborasi

Apa itu kolaborasi? Dalam dunia kerja Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri, misalnya jika Anda ingin membuat sebuah produk dalam bentuk aplikasi, Anda pasti akan melibatkan berbagai tim seperti Product, Design, Engineer, Business dan Marketing. Dari tim yang berbeda ini, Anda akan mendapatkan informasi yang detail dan tentunya pekerjaan akan lebih cepat selesai. Kolaborasi dengan tim lain sangat diperlukan. Kolaborasi dapat dikatakan terjadi ketika sekelompok orang berkumpul dan menyumbangkan keterampilan untuk kepentingan tujuan, proyek, atau misi bersama.

Oleh karena itu, kolaborasi dipandang sebagai proses sosial dan interaksi sosial yang terjadi sebagai hasil kerja tim. Hingga pada akhirnya kombinasi keterampilan yang diperoleh dapat membawa berbagai manfaat bagi lingkungan sosial, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi rekan kerja.

Lalu, bagaimana cara menciptakan kolaborasi kerja yang efektif dan sukses? Simak penjelasan berikut ini, ya.

Apa itu Kolaborasi?

Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk menelurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah untuk mewujudkan visi bersama. Di sebuah organisasi yang saling tergantung, kolaborasi menjadi kunci pemikiran kreatif. Kolaborasi itu penting untuk mencapai hasil terbaik saat menyelesaikan masalah yang rumit. Agar kolaborasi dapat berhasil, diharuskan untuk mengidentifikasi kapan dan bagaimana berkolaborasi. Hal ini bisa dicapai dengan berlatih.

Begitu pula pemahaman tentang mitra kerja sama. Dibutuhkan pemahaman dan penghargaan pada keahlian, kompetensi, serta karakter orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan kolaborasi yang tertinggi dapat diraih ketika kolaborasi itu melibatkan orang-orang dengan beragam gaya kerja, nilai-nilai, budaya, pendidikan, dan latar belakang pekerjaan yang berlainan. Orang-orang tersebut akan menghadirkan pemikiran yang benar-benar berbeda dan akibatnya suatu persoalan akan ditangani dari berbagai segi. Agar kolaborasi di level ini bisa berjalan efektif, dibutuhkan kepercayaan dan rasa saling menghormati.

Baca juga: Contoh Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Sosial dan Budaya

Manfaat Kolaborasi

1. Membantu memecahkan masalah

Kolaborasi mencapai hasil yang optimal karena melibatkan berbagai profesional dengan keterampilan dan pengetahuan yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk melihat dari sudut yang berbeda. Ketika Anda dapat belajar dari pengalaman banyak orang, kemungkinan besar Anda akan memecahkan masalah lebih cepat dan lebih mudah mempromosikan hasil jangka panjang yang lebih baik.

2. Mengetahui dan menganalisis potensi Anda

Bekerja sama dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan kekuatan dan kelemahan Anda. Kolaborasi akan membantu meningkatkan keterampilan terbaik Anda dan mengidentifikasi di mana Anda membutuhkan bantuan dari orang-orang dengan kemampuan berbeda. Oleh karena itu, Anda dan rekan satu tim dapat bekerja sama lebih baik untuk menutup kesenjangan keterampilan.

3. Berbagi Pengetahuan

Anda dapat belajar banyak dari anggota tim lain setiap kali berkumpul untuk berkolaborasi. Perusahaan yang menghargai kolaborasi akan secara terbuka mendorong karyawannya untuk saling berbagi ilmu. Karyawan merasa aman mengetahui nilai-nilai tempat kerja untuk peluang pertumbuhan dan pengembangan. Anda juga akan merasa termotivasi untuk mengembangkan keterampilan di luar tugas pekerjaan Anda saat ini.

4.Meningkatkan Efisiensi Kerja

Lebih mudah bekerja sama untuk menyelesaikan proyek dan memenuhi tenggat waktu jika Anda mendapat dukungan dari tim Anda. Beberapa orang yang bekerja bersama dapat membagi tugas untuk memanfaatkan kekuatan terbesar masing-masing orang. Alih-alih berjuang untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit, Anda dapat memfokuskan energi pada bidang yang  dikuasai dan mendapatkan umpan balik langsung dari anggota tim lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tujuan Kolaborasi

Tujuan dari kolaborasi adalah untuk membawa individu, lembaga, organisasi, dan masyarakat itu sendiri bersama-sama dalam suasana mendukung secara sistematis memecahkan masalah yang ada dan muncul yang tidak bisa dengan mudah diselesaikan oleh satu kelompok saja. Kolaborasi harus fokus pada peningkatan komunikasi kapasitas dan efisiensi sekaligus meningkatkan hasil.

Demikian penjelasan singkat mengenai kolaborasi beserta serba-serbi di dalamnya. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel selanjutnya, ya! Jangan lupa untuk mengikuti kursus-kursus di Vocasia. Kamu bisa langsung klik di sini!

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja

Exit mobile version