Tanggal:29 March 2024

Apa itu Rekening Bersama (Rekber)? Yuk, Ketahui Cara Kerjanya!

Di tengah pesatnya perkembangan jual beli online, kini mulai bermunculan sistem penjualan yang tidak biasa. Salah satunya adalah rekening bersama atau biasa disebut rekber. Bagi kamu pengguna marketplace pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Memangnya, apa itu rekber?

Singkatnya, rekber adalah rekening bersama yang digunakan untuk transaksi online. Rekening bersama atau rekber menjadi metode alternatif transaksi yang mulai banyak digunakan. Metode transaksi ini digemari karena berbagai keuntungan yang diberikan, mulai dari keamanan, kemudahan, hingga kenyamanan.

Nah, supaya lebih paham mengenai serba serbi rekber, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Apa itu rekening bersama (rekber)?

apa itu rekber

source: freepik

Apa itu rekber? Rekening bersama atau rekber merupakan metode pembayaran online yang melibatkan tiga pihak, yakni pihak pembeli, pihak penjual, dan pihak ketiga. Pihak ketiga berperan untuk menampung transaksi antara penjual dan pembeli. Sehingga, proses transaksi antara penjual dan pembeli terjamin kelancarannya. Oleh sebab itu, rekber dinilai lebih aman dibandingkan dengan melakukan transfer langsung ke penjual.

Sistem ini juga dikenal dengan sebutan eskro. Namun, kebanyakan orang memilih menyebut rekber karena lebih terdengar akrab di telinga. Eskro sudah ada sejak lama di luar negeri. Di Indonesia sendiri, rekber pertama kali dikenal melalui forum Kaskus. Sebelumnya, jual beli online tidak segencar seperti sekarang. Jadi, masih banyak oknum yang melakukan penipuan. Maka dari itu, kehadiran rekber sangat membantu meminimalkan tindak kejahatan tersebut.

Pihak ketiga atau pemegang rekber adalah mereka yang akan memperoleh keuntungan dari biaya administrasi atas penggunaan layanan. Sebagai contoh, setiap transaksi melalui kartu debit atau kartu kredit akan dikenakan biaya Rp500, sedangkan transaksi dari dompet digital harus membayar Rp1.000.

Baca Juga : Apa itu Mobile Banking?

Bagaimana cara kerja rekber?

apa itu rekber

source: freepik

Secara umum, cara kerja rekber bisa diilustrasikan sebagai berikut.

Kamu membeli sebuah baju di toko online A menggunakan metode pembayaran transfer. Selanjutnya, kamu akan mengirim dana sebesar harga baju, ongkos kirim, dan biaya lainnya ke rekening bersama milik toko online A. Ketika danamu diterima, toko online A akan menginformasikannya kepada penjual agar bajumu segera dikemas dan dikirim.

Kemudian, setelah baju dikirim dan diterima olehmu, danamu masih akan ditahan atau disimpan di pihak ketiga. Apabila kamu mengajukan komplain atau pengembalian barang dan disetujui oleh penjual, danamu yang sebelumnya disimpan di rekber akan dikembalikan. Jika kamu menyelesaikan pesanan tanpa ada kendala, danamu akan diteruskan ke penjual dalam waktu tertentu, tergantung dengan kebijakan penyedia jasa rekber.

Bagaimana keamanan rekber?

Rekber dikenal memiliki proses pembayaran yang sangat aman. Akan tetapi, salah satu risiko terbesar dari sistem ini adalah tindak kejahatan, seperti wire fraud atau penipuan eskro.

Saat ini, para penjahat siber banyak yang menargetkan penjual dan pembeli yang terlibat dalam perdagangan produk-produk mahal. Hal ini karena jumlah uang yang besar masuk ke rekening eskro. Lalu, apakah hal tersebut membuat kamu harus ragu menggunakan rekber? Tentu saja tidak. Cukup lakukan tips-tips berikut agar segala transaksi terjamin keamanannya.

Pertama, gunakan jasa rekber yang sudah terjamin kualitas sekuritinya. Jangan sampai terjebak dengan oknum pemegang rekber abal-abal. Kemudian, selalu cek berkali-kali jumlah uang dan tujuan transfer sebelum menyelesaikan proses transfer uang. Bagi pebisnis, mintalah selalu bukti-bukti transfer dari pembeli kepada jasa rekber. Pastikan juga bahwa pihak penyedia jasa rekber merupakan pihak yang kredibel, terpercaya, serta memiliki reputasi yang baik. Cara ini dapat membuat pembeli terhindar dari pihak ketiga yang berbuat curang dan melarikan uang.

Contoh rekber

apa itu rekber

source: freepik

Di Indonesia terdapat beberapa jenis rekening bersama yang digunakan. Bahkan, mungkin di antara kamu sudah sering menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari tanpa disadari. Di bawah ini adalah beberapa contoh rekening bersama.

1. Rekber Tokopedia

Rekber Tokopedia merupakan contoh rekening bersama yang ditawarkan langsung oleh aplikasi Tokopedia ke pihak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi lewat marketplace Tokopedia. Sebenarnya, cara kerja Tokopedia ini sama dengan rekber marketplace pada umumnya.

Ketika ada pembeli yang hendak melakukan pembelian barang ke penjual di Tokopedia, uang yang ditransfer oleh pihak pembeli akan masuk ke rekber Tokopedia terlebih dahulu. Kemudian, setelah pihak penjual melakukan pengiriman barang, biaya pembayaran akan diberikan kepada pihak penjual.

Baca juga | 5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

2. Rekber Shopee

Sama dengan rekber Tokopedia, rekber Shopee juga menggunakan sistem dan metode yang mirip. Jadi, jenis rekber Shopee adalah rekening bersama yang dikelola oleh Shopee untuk membantu menghubungkan keperluan antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi melalui marketplace Shopee.

Baca juga | Cara dan Tips Menjual Produk di Shopee Agar Laku Keras, Sudah Kamu Terapkan?

Demikian pembahasan seputar rekber, mulai dari apa itu rekber hingga contohnya. Kesimpulannya, rekber adalah rekening bersama yang digunakan sebagai media untuk melakukan transaksi online. Yuk, gunakan rekber saat bertransaksi online karena kemudahan dan sekuritasnya yang terjamin!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *