Pengertian Sales Promotion
Sales promotion adalah salah satu dari sekian banyak metode pemasaran yang digunakan para pelaku bisnis untuk mempromosikan atau memperkenalkan produknya kepada konsumen sasaran. Para pebisnis biasanya menggunakan taktik ini untuk meningkatkan minat pembeli terhadap suatu produk pada waktu tertentu, dan biasanya diberikan batasan waktu.
Selain itu, strategi ini berguna untuk meningkatkan penjualan, menipiskan stok lama, dan meningkatkan brand awareness untuk produk baru. Strategi promosi ini juga membantu menarik perhatian konsumen, terutama ketika terjadi persaingan yang ketat dengan para pesaing yang menggarap bidang dan produk yang sama.
Secara umum, sales promotion adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk dengan cepat. Oleh karena itu, sales promotion menjadi bagian dari strategi pemasaran yang siap dan berjalan selama beberapa waktu. Kegiatan ini seringkali dilakukan saat awal tahun dengan tema “promo tahun baru” atau pada akhir tahun dengan tajuk “cuci gudang” atau “clearance sale” agar bisa menghabiskan stok persediaan di gudang.
Tujuan Sales Promotion
Berikut adalah tujuan sales promotion yang harus kamu tahu:
1. Brand Awareness
Promosi penjualan biasanya meliputi keuntungan yang menarik dan dapat menaikkan brand awareness. Brand awareness tentu saja akan berpengaruh kepada pertumbuhan angka penjualan.
2. Membuat Pasar untuk Produk Baru
Suatu perusahaan dan brand biasanya memiliki banyak produk atau jasa yang ditawarkan. Mungkin saja, tiap produk memiliki sasaran pasarnya masing-masing. Untuk dapat memperkenalkan produk kepada pasar yang disasar, sales promotion bisa menjadi solusinya. Perusahaan bisa mengetahui apakah produknya telah menyasar target konsumen yang tepat atau belum.
3. Tetap Kompetitif
Mungkin perusahaan dan brand kamu sedang mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Akan tetapi, jangan sampai hal ini membuatmu lengah.
Pada kesempatan yang sama, mungkin saja kompetitormu sedang melakukan strategi promosi yang bisa menyaingi bahkan mengambil pelangganmu saat ini. Sales promotion bisa membuat brand tetap kompetitif dan dipilih terus oleh konsumen.
4. Loyalitas Konsumen
Berkaitan dengan poin sebelumnya, sales promotion bisa membantu merawat minat konsumen terhadap brand-mu. Sales promotion yang menarik dapat membuat konsumen merasa memiliki keuntungan ketika membeli produkmu dibandingkan brand lainnya. Sesekali, penting juga untuk membuat promosi yang ditujukan khusus untuk member atau konsumen yang telah terdaftar demi menjaga loyalitas mereka.
Contoh Sales Promotion
Berikut ialah contoh dari sales promotion:
1. Hadiah Gratis
Banyak cara untuk mengoptimalkan taktik sales promotion, salah satunya dengan memberikan hadiah gratis. Jika kamu memiliki restoran, kamu bisa memberikan hidangan penutup secara cuma-cuma sebagai cara promosi.
Toko pakaian sekalipun juga bisa memberikan barang-barang gratis yang mungkin berasal dari stock lama dan dinilai kurang laku. Namun, perhatikan tiap pakaian memiliki kondisi baik sehingga masih pantas untuk dijadikan hadiah gratis.
2. Sample Gratis
Pada dasarnya, konsumen memang suka dengan segala sesuatu yang bisa diperoleh cuma-cuma. Memberikan sample gratis dapat memicu konsumen untuk membeli produk yang kamu jual. Bahkan, yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh konsumen, cara ini terbukti efektif terutama jika kamu sedang ingin memperkenalkan produk baru
3. Diskon
Faktanya, potongan harga dapat mendorong minat beli konsumen terhadap sebuah produk. Ide bahwa konsumen dapat memperoleh suatu barang dengan harga yang lebih murah dari biasanya, merupakan salah satu bentuk stimuli yang bisa mendorong pembelian dari pelanggan.
4. Voucher atau Kupon
Voucher atau kupon, keduanya bisa menciptakan kesan eksklusif saat kamu memberikannya pada orang-orang terpilih. Apalagi jika kupon tersebut memiliki batas waktu penggunaan. Konsumen yang mendapatkan kupon spesial tadi tentu akan merasa perlu menggunakannya sebelum batas waktu yang ditentukan.
5. Giveaway
Sales promotion bisa dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial sebuah brand. Berfungsi tidak hanya menaikkan angka penjualan saja.
Melainkan, taktik ini mampu menaikkan angka engagement untuk social media marketing. Buatlah kuis pada media sosial yang dapat menarik perhatian konsumen. Kuis dengan giveaway sebagai hadiah pemenang akan memberikan peluang untuk mendapatkan pengikut baru di media sosial.
6. Buy One Get One Free
Ini merupakan salah satu bentuk promosi yang sering digunakan beragam brand. Buy One Get One Free atau dikenal juga dengan BOGO, memberikan keuntungan konsumen dengan mendapatkan 2 produk dengan membayar seharga 1 buah produk. Cara ini merupakan cara yang cukup efektif digunakan oleh hampir seluruh jenis produk dan jasa.
Baca juga: Ghost Shopping, Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan