Site icon Vocasia

Apa Itu Skripsi? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Cara Membuatnya

Ilustrasi mengerjakan skripsi. Sumber: pexels.com (Judit Peter)

Ilustrasi skripsi. Sumber: Pexels

Menulis skripsi adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai ketentuan akhir dalam kelulusan mahasiswa dari jenjang kuliah. Pembuatan skripsi selalu digeneralisasi sebagai hal yang sangat sulit, bahkan menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Sesungguhnya menulis skripsi bukan suatu hal yang harus ditakuti. Di sini mimin akan menjelaskan kepada sobat Vocasia mengenai skripsi kuliah; dari tujuan, jenis, tahapan dalam menulisnya, sampai struktur-strukturnya. Mari kita ikuti artikel ini! Ayo dimulai dengan definisi skripsi!

1. Apa Itu Skripsi

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “skripsi” adalah jenis karya tulis ilmiah yang wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat akhir pendidikan akademisnya di jenjang kuliah. Istilah “skripsi” sendiri hanya digunakan bagi mahasiswa di jenjang S1, sedangkan istilah “tugas akhir” digunakan di jenjang D3 atau D4. Skripsi bisa berisi hasil penelitian berupa observasi objek, analisis sosial, penelitian berbasis ilmu eksak, dan sebagainya.

2. Tujuan Penulisan Skripsi

Tentunya terdapat beberapa tujuan dalam menulis skripsi bagi mahasiswa yang akan menulis. Berikut adalah tujuan-tujuan dalam penulisan skripsi

3. Jenis Skripsi

Skripsi memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan cara pemerolehan data dan penyajiannya. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

Setelah membahas banyak jenis skripsi, mari mimin ajak Sobat ke bagian tahapan dalam menulis skripsi.

4. Tahapan dalam Penulisan Skripsi

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam menulis skripsi yang harus sobat lakukan:

Itulah tahapan dalam menulis, selanjutnya mimin akan menjelaskan tentang struktur skripsi.

5. Struktur Skripsi

Di bagian ini mimin akan menjelaskan tentang struktur skripsi. Skripsi terbagi menjadi 5 bab, terkadang beberapa bab dimasukkan ke dalam “bab 1”. Berikut adalah struktur penulisan skripsi:

Sekian pembahasan mengenai skripsi pada hari ini.

Kalian sedang kebingungan dalam mengerjakan skripsi, sobat bisa bergabung ke kursus “Strategi Sukses Penulisan Skripsi Secara Tepat, Cepat, dan Cermat” yang tersedia dengan mengeklik tombol di bawah ini:

Exit mobile version