Tanggal:29 March 2024

Apa itu SSID? Berikut Fungsi dan Cara Pengaturannya!

Pastinya sebagian dari kamu sering mendengar istilah SSID. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan jaringan Wi-Fi untuk berselancar di internet. Akan tetapi, tak jarang banyak orang yang mendengar kata SSID tanpa mengetahui arti dan fungsinya.

Singkatnya, SSID atau Service Set IDentifier adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan Wi-Fi. Misalnya saat kamu berkunjung ke suatu tempat yang memasang jaringan Wifi, maka wifi tersebut akan tercantum di ponsel kamu. Nah, nama wifi yang mereka gunakan itulah yang biasa disebut SSID atau kerap dikenal ID jaringan. Sudah paham sampai sini?

Jika belum, artikel ini akan membahas mengenai apa itu SSD beserta cara pengaturannya. Yuk, simak sampai akhir!

Apa itu SSID?

SSID

source: freepik

Seperti yang disinggung di atas, Service Set IDentifier atau SSID adalah istilah teknis untuk menamai atau mengidentifikasi  jaringan Wi-Fi. Mari kita analogikan SSID dengan petugas minimarket agar lebih mudah. SSID bisa dikatakan sebagai tanda pengenalnya.

Sistem penamaan SSID memiliki maksimal hingga 32 karakter dan bisa dikombinasikan dengan simbol dan angka. Umumnya bagi pengguna yang baru saja memiliki jaringan Wi-Fi, SSID dan password sudah diatur default oleh perangkat yang digunakan.

Agar kamu lebih mudah untuk menemukan jaringan Wi-Fi yang dimiliki, mengganti SSID adalah cara yang tepat. Kamu juga bisa merubah password yang biasanya terdapat di satu pengaturan dengan Service Set IDentifier.

Secara umum, SSID memiliki 2 jenis yaitu public dan hidden. Apa maksudnya? SSID yang berjenis public berarti diperuntukkan untuk semua orang atau bisa dilihat semua orang. Berbeda dengan jenis public, hidden SSID adalah jaringan yang disembunyikan dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Fungsi SSID

source: freepik

Seperti yang sudah dibahas, SSID dapat memudahkan kamu untuk mengidentifikasi jaringan Wi-Fi yang ingin kamu gunakan. Mengetahui nama SSID merupakan hal yang bisa memudahkanmu jika berada di area yang memiliki banyak jaringan internet nirkabel.

Misalnya, jika kamu ingin tersambung dengan jaringan Wi-Fi di cafe xyz yang memiliki  nama Service Set IDentifier “cafe xyz free internet”. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari SSID yang bernama “cafe xyz internet” dan menghubungkannya.

Baca juga: Apa itu SSH? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Cara pengaturan SSID

Mengubah SSID pada internet nirkabel yang menggunakan router sangat mudah dilakukan. bahkan tanpa menyentuh alatnya. Nah, mari kita simak bagaimana caranya.

  1. Pastikan kamu terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang ingin kamu atur.
  2. Buka browser yang kamu punya pada ponsel pintar maupun komputer.
  3. Kemudian, masuk ke link konfigurasi router. Umumnya 192.168.1.1
  4. Kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password. Jika belum pernah diganti, umumnya kedua kolom tersebut diisi “admin” atau “user”
  5. Kemudian, klik menu Network>WLAN>SSID Settings (untuk Indihome)
  6. Di sana, kamu akan menemukan kolom “SSID Name”. Kolom tersebut bisa kamu ubah sesuai keinginan. Ingat, 32 karakter merupakan syarat maksimal yang dimiliki sistem SSID. Jadi jangan kepanjangan, ya!
  7. Di layarmu juga akan tersedia pilihan untuk menyembunyikan SSID. Silakan centang pada pilihan “Hide SSID” jika kamu tidak ingin jaringan Wi-Fi kamu muncul di gadget orang tak dikenal.
  8. Jika semuanya dirasa sudah, klik submit untuk menyimpan perubahannya.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan smartphone untuk berbagi jaringan internet atau lebih dikenal hotspot tethering atau hotspot portable. Kamu juga bisa mengatur SSID melalui ponselmu. Caranya sebagai berikut:

  1. Pergi ke Pengaturan>Hotspot Portabel atau dalam bahasa Inggris Setting>Portable Hotspot
  2. Pilih Atur Hotspot Portabel
  3. Ubah kolom SSID sesuai keinginanmu dengan batas maksimal 32 karakter. Selain itu, kamu juga bisa mengatur password, jenis enkripsi, bahkan ada pilihan untuk menyembunyikan SSID.
  4. Klik ikon centang pada bagian kanan atas bila sudah terkonfigurasi sesuai keinginanmu.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara pengaturan SSID. Apabila kamu berlangganan Wi-Fi di rumah, jangan lupa untuk senantiasa menjaga keamanan, ya. Caranya yaitu dengan rutin merubah sandi maupun menyembunyikan SSID. Hal ini bertujuan agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Apa itu Cookies? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *