Tanggal:19 April 2024
aplikasi pengolah kata adalah

10+ Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

Di zaman modern ini, hampir semua orang membutuhkan aplikasi pengolah kata untuk menyokong tugasnya, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun studi. Aplikasi pengolah kata sendiri adalah sebuah software yang digunakan untuk menulis dan mengolah kata yang kemudian akan disimpan menjadi sebuah dokumen.

Microsoft Word adalah salah satu contoh aplikasi pengolah kata paling populer di berbagai kalangan. Banyak dari kita menggunakan aplikasi tersebut untuk berbagai kepentingan seperti menyusun laporan, membuat makalah, dan lain sebagainya. Tetapi, tahukah kamu bahwa beberapa tahun terakhir mulai bermunculan aplikasi alternatif yang tak kalah menarik darinya?

Menariknya, berbagai software pengolah kata gratis tersebut mayoritas bisa didapatkan secara cuma-cuma melalui internet tanpa perlu membayar lisensi, lho. Kira-kira apa saja, ya? Vocasia sudah merangkum daftarnya untukmu. Simak baik-baik, ya!

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

1. Microsoft Word

source: cnbcindonesia

Tak dapat dipungkiri lagi, Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terpopuler dan terbaik yang ada di abad ini. Kamu bisa leluasa berkreasi menggunakan software ciptaan Microsoft ini untuk kebutuhan pribadi maupun profesional.

Aplikasi Microsoft Word bisa didapatkan dengan membeli lisensi Microsoft Office yang dibanderol sekitar Rp 2,5 jutaan atau kamu bisa langsung mengunjungi website resminya di Microsoft.com. Meski harga yang ditawarkan relatif mahal, harga tersebut sebanding dengan fitur-fitur menarik yang nantinya akan kamu akses.

Baca juga | 7 Fungsi Microsoft Word

2. Microsoft 365

aplikasi pengolah kata adalah

source: paradise.store

Aplikasi pengolah kata selanjutnya adalah Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai Office 365. Ia merupakan salah satu bagian inovasi Microsoft dalam menghadirkan layanan software produktivitas andal.

Secara umum, ketika berlangganan Microsoft 365, kamu akan mendapatkan akses untuk Excel, PowerPoint, Word, hingga fasilitas penyimpanan berbasis cloud di OneDrive. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan profesional karena teknologinya yang sudah terintegrasi dengan internet. Sehingga, membantu meningkatkan efektivitas dan kolaborasi antar divisi meskipun berada di tempat yang berbeda.

3. Google Docs

aplikasi pengolah kata adalah

source: detikinet

Google Docs menjadi salah satu alternatif dari Microsoft Word yang paling populer karena gratis. Hanya dengan memiliki akun Google, kamu bisa menggunakannya untuk mengolah sebuah dokumen.

Menurut TechRepublic, Google Docs memiliki semua kebutuhan untuk melakukan pengolahan kata seperti yang dimiliki oleh Microsoft Word. Selain itu, semua dokumen juga disimpan dalam cloud Google sehingga user bisa menyelesaikan pekerjaannya di mana pun dan kapan pun.

Salah satu fitur terbaik dari Google Docs adalah kemampuan kolaborasi dengan pengguna lainnya. Tak hanya itu, format file seperti .doc dan .docx juga tersedia sehingga lebih mudah dalam mengintegrasikan dokumen dengan Word.

4. Pages

aplikasi pengolah kata adalah

source: appsstore

Aplikasi pengolah kata selanjutnya adalah Pages. Ia tersedia secara eksklusif untuk pengguna produk Apple (Mac OS). Aplikasi ini sangat nyaman digunakan untuk membuat draft artikel, laporan harian, bahkan proposal.

Agar dapat kolaborasi dengan tim, Pages juga memberikan fitur export dalam berbagai jenis file mulai dari .Doc, .Docx, .PDF, .TXT, dan lain sebagainya. Software ini tersedia secara gratis tanpa perlu membayar biaya lisensi kepada developer. Sayangnya, tidak semua sistem operasi mendukung software ini.

5. LibreOffice Writer

aplikasi pengolah kata adalah

source: LibreOffice

LibreOffice Writer merupakan produk pengolahan kata open source dan gratis yang telah mendukung format file .doc dan .docx dari Microsoft Word. Software ini juga memiliki fitur pengolahan kata yang tak kalah canggihnya dengan Microsoft Word. Karena itu, pengguna software ini sangat berkembang dan komunitasnya cukup kuat.

6. Notepad

aplikasi pengolah kata adalah

source: beadgrup

Notepad bisa didapatkan secara gratis pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini telah hadir di sistem operasi Windows sejak mulai versi Windows 1.0 tahun 1985. Notepad ini sendiri sering digunakan untuk mengolah kata yang sederhana dan simpel seperti menulis catatan kecil. Software ini juga tak jarang dipakai oleh programmer untuk membuat program sederhana yang berbasis HTML atau PHP.

Menyuguhkan tampilan yang sederhana dan simpel, membuat aplikasi ini sangat cocok dimanfaatkan untuk mengolah kata yang cepat dan singkat seperti mencatat poin penting hasil meeting. Tak hanya itu, bagi para blogger, Notepad ini juga berfungsi untuk membantu edit file XML serta menetralisir format dokumen yang di-copy dari jenis file lain.

7. Docs To Go

source: hitekno

Meski sudah tersedia aplikasi Google Docs dan Microsoft Word versi mobile, namun Docs To Go masih sangat layak untuk menjadi aplikasi pengolah kata sederhana. Terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

Docs To Go bisa dibilang sebagai aplikasi legend yang sejak dulu banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga karyawan untuk melakukan penyuntingan dokumen. Jadi, fitur-fiturnya tentu sudah tidak diragukan lagi.

8. WPS Office Writer

aplikasi pengolah kata adalah

source: harapanrakyatonline

Aplikasi ini memiliki fitur yang sebagian besar juga dimiliki oleh Microsoft Word. Menariknya, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek jika ingin meng-install aplikasi ini karena sudah tersedia gratis.

WPS Office Writer juga disebut-sebut sebagai aplikasi berfitur lengkap yang terasa seperti aplikasi premium. Sayangnya, aplikasi ini memiliki iklan jika ingin menggunakan fitur tertentu seperti saat akan melakukan printing dokumen. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan iklannya dengan membayar biaya langganan sekitar Rp427 ribu untuk setahun atau sekitar Rp1,7 juta untuk seumur hidup.

9. Ez Word

source: keepo.me

Bicara soal aplikasi pengolah dokumen dan kata, tentu tak bisa terlepaskan dari kehadiran Ez Word. Aplikasi ini awalnya dikembangkan oleh Andrew User Interface System, sebuah proyek kerja sama antara IBM dan Carnegie Mellon University untuk sistem operasi Linux.

10. Open Office Writer

Open Office writer merupakan software yang hadir dengan lisensi General Public License (GPL) sehingga bebas digunakan oleh siapa pun tanpa perlu membayar biaya berlangganan. Untuk fiturnya, kamu bisa menggunakan Open Office Writer layaknya Microsoft Word dengan kemampuan format teks hingga fleksibilitas dalam menyimpan jenis file dokumen.

11. Dropbox Paper

source: dropbox

Tak hanya menyediakan fitur cloud, Dropbox juga menawarkan fitur pengolah kata gratis yang disebut Dropbox Paper. Untuk menggunakannya, kamu perlu memiliki akun Dropbox terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan akses penuh ke suite online untuk mulai menggunakan Dropbox Paper.

Menariknya, Dropbox Paper menyuguhkan tampilan yang minimalis dan intuitif. Kendati demikian, sudah tersedia beragam fitur canggih untuk mendukung pengolahan dokumen. Jadi, jika ingin membuat dokumen yang mudah dibagikan serta diakses secara online, Dropbox Paper bisa menjadi aplikasi yang layak dipertimbangkan.

12. Atlantis Word Processor

source: wikipedia

Atlantis Word Processor merupakan software pengolah kata alternatif jika kamu suka mengolah dokumen. Karena, aplikasi ini dapat mengolah kata secara akurat. Aplikasi ini dikembangkan oleh Rising Sun Solutions, Inc.

Fitur yang diberikan oleh aplikasi Atlantis juga cukup menarik. Bahkan, aplikasi ini mampu untuk mengolah dokumen yang cakupannya lumayan besar seperti karya novel, tugas akhir kuliah, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur auto correct jika ada kesalahan dalam ejaan.

13. Focus Writer

source: dedoimedo

Focus Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang ringan. Seperti namanya, aplikasi ini dapat memblokir semua gangguan sehingga pengguna bisa benar-benar fokus pada saat sedang membuat draft.

Dalam penggunaan normal, yang hanya bisa user lihat hanyalah halaman kosong. Namun, jika cursor nya di arahkan ke tepi layar, maka bilah alatnya akan terlihat.

Selain itu, FocusWriter juga menampilkan peringatan pada jam-jam tertentu atau saat pengguna telah mencapai jumlah kata yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini memang kurang efektif bila digunakan untuk menyunting, namun untuk soal produktivitas, FocusWriter bisa dibilang tak kalah dengan aplikasi lain.

14. Abiword

source: AbiWordPortable

Kelebihan dari software ini yaitu hanya memakan sedikit memori pada hard drive yaitu hanya sekitar 20 megabyte. Melalui software ini, kamu bisa membuat bermacam-macam dokumen misalnya pengolahan kata, tabel, grafik, dan masih banyak lainnya. AbiWord juga menawarkan platform yang disebut dengan AbiCollab.net untuk melakukan kolaborasi dengan user lain secara real time.

Nah, itu dia 14 aplikasi pengolah kata terbaik dan terpopuler saat ini. Jadi, kamu tak harus selalu memakai Microsoft Word untuk menulis atau mengolah kata, kok. Karena ada banyak aplikasi alternatif yang tersedia secara gratis dan dapat kamu manfaatkan fitur-fiturnya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga | 9 Aplikasi Pengatur Keuangan, Solusi terbaik Mengendalikan Keuangan Yang Terpercaya, Yuk Coba!

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *