Tanggal:19 April 2024
tidak kompatibel

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Kompatibel di Play Store

“Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini” Pernahkah kamu mendapatkan pesan tersebut ketika ingin memasang suatu aplikasi pada perangkatmu? Menjengkelkan sekali bukan?

Namun jangan khawatir karena Vocasia akan membagikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel pada perangkatmu. Check it out!

Baca juga | 7 Produk Google Dan Fungsinya

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel

tidak kompatibel

ilustrasi aplikasi tidak kompatibel (sumber: pexels)

Sebelum mengetahui penyebab dari ketidak-kompatibelan suatu aplikasi yang ingin dipasang pada perangkatmu, kamu perlu tahu pengertian dari kompatibel. Kompatibel secara leksikal dapat diartikan sebagai kesesuaian. Berdasarkan hal tersebut, kompatibel juga dapat diartikan sebagai kesesuaian spesifikasi perangkat yang dimiliki dengan aplikasi/gim yang ada di Google Play Store.

Aplikasi yang tidak kompatibel pada perangkatmu dapat disebabkan oleh beberapa hal, lho! Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan aplikasi sulit dipasang karena tidak kompatibel dengan perangkatmu.

Baca Juga | Apa Itu Technopreneurship?

1. Versi OS Android Tidak Sesuai

Dalam setiap aplikasi tercantum minimal OS Android yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi tersebut. Apabila versi OS Android tidak sesuai dengan tingkat minimal OS, maka kemungkinan terjadi bug dan error akan lebih tinggi.

Baca Juga | 10+ Game Penghasil Uang Yang Wajib Kamu Mainkan

2. Spesifikasi yang Dibutuhkan Tinggi

Aplikasi yang tersedia di Play Store biasanya memiliki kemampuan untuk mendeteksi versi spesifikasi perangkat yang dimiliki. Apabila spesifikasi perangkat tidak dapat mendukung aplikasi, maka aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.

Baca Juga | 6 Tipe Data Yang Wajib Programmer Tahu, Penting Banget Lho!

3. Aplikasi Tidak Tersedia Negara Pengguna

Beberapa aplikasi yang terdapat di Play Store hanya dirilis di negara tertentu. Misalnya, suatu aplikasi hanya tersedia di region Jepang, sehingga apabila aplikasi ingin dipasang oleh perangkat yang berada di region Indonesia, tidak akan kompatibel.

Baca juga | Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel di Play Store

Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, beberapa aplikasi tidak dapat terpasang karena terdapat peringatan ketidak kompatibelan pada Play Store. Untuk mengatasi hal ini, vocasia akan menyajikan beberapa cara yang dapat dilakukan. Apa saja cara-cara tersebut? Check it out!

Baca Juga | Cara Repost Postingan Instagram Dengan Mudah, Yuk Simak!

1. Unduh Aplikasi yang Tidak Kompatibel di Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Google Play Store, ada pula aplikasi yang dapat kamu jadikan alternatif untuk mengunduh aplikasi, terutama aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki.

Aplikasi tersebut seperti APKPure, APKMirror, Aptoide, dan aplikasi lainnya. Ketika menggunakan aplikasi tersebut, kamu juga dapat menggunakan aplikasi file installer, seperti APK (Application Package File).

Apabila kamu ingin menggunakan cara ini dalam memasang aplikasi yang tidak kompatibel, kamu perlu mengaktifkan fitur untuk memasang aplikasi dari sumber tidak dikenal. Kamu dapat pergi ke Setting > Security > Unknown Source.

Baca Juga | 7 Aplikasi Desain Logo Terbaik, Bikin Pemula Rasa Profesional!

2. Menggunakan Aplikasi VPN untuk Mengubah Wilayah Perangkat

tidak kompatibel

ilustrasi VPN (sumber: pexels)

Meski kamu sudah memasang aplikasi melalui pihak ketiga seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, beberapa aplikasi masih sulit untuk digunakan.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu dapat mengubah wilayah perangkat dengan menggunakan Virtual Private Network atau dikenal sebagai VPN. Aplikasi VPN dapat membuat perangkat terhubung ke negara di mana aplikasi dirilis.

Meskipun demikian, penggunaan aplikasi VPN ini dapat menyebabkan ketidaklancaran aplikasi atau ping merah ketika bermain game online. Untuk pemakaian lebih baik, kamu dapat membeli akun VPN premium.

Baca Juga | Waspada Ancaman Ransomware, Kenali Arti Dan Cara Mencegahnya!

3. Memperbarui Versi OS Android Terbaru

Cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbarui versi OS Android. Meski kerap dikira akan memenuhi memori internal serta melambatkan performa perangkat, memperbarui OS akan membuat aplikasi yang tidak kompatibel menjadi dapat digunakan.

Biasanya, versi OS Android yang dapat digunakan pada aplikasi minimal berada di versi Android 6.0 Marshmallow. Ada pula beberapa aplikasi yang perlu spesifikasi lebih tinggi, seperti Android 7.0 Nougat dan lebih tinggi lainnya.

Baca Juga | Mengenal Android Developer Dari Skill Hingga Gajinya

4. Gunakan Custom ROM OS Android

Apabila perangkat kamu sudah tidak dapat memperbarui versi OS, kamu dapat menggunakan custom OS untuk mendapatkan versi OS terbaru. Kamu dapat menggunakan CyanogenMod atau yang kini sudah bertransformasi menjadi LineageOS.

Baca juga | Hanya Modal HP, Ini 7 Aplikasi Android Terbaik Untuk Desain Rumah Impianmu!

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu menggunakan akses root. Namun, hal ini dapat menjadi ancaman kerusakan pada perangkatmu.

Demikian cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel di perangkatmu. Cara-cara tersebut dapat kamu praktekkan untuk memasang aplikasi yang kamu inginkan. Namun, tetap selalu pertimbangkan langkah-langkah yang akan kamu ambil dengan bijak, ya!

Baca Juga | Android Vs Apple, Kalian Pilih Mana?

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *