Site icon Vocasia

Barista dan Bartender? Apa Aja Sih Bedanya?

Mencari sebuah pekerjaan disaat pandemi ini memang tidak mudah. Hampir di semua bidang pekerjaan hingga usaha terasa sedang di tantang sekali, apakah mampu bertahan atau tidak. Karena pandemi ini juga, banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaanya, tetapi hanya sedikit yang mendapatkan pekerjaan baru. Karena pandemi kemarin juga, kita harus benar-benar giat untuk mencari pekerjaan. 

Contohnya saja dua posisi pekerjaan ini yang mungkin di kalangan publik sudah sangat sering dicoba dan menguntungkan mungkin? Tetapi apakah kamu tahu bahwa seorang barista dan bartender itu ternyata berbeda lho! Jika kamu selama ini memikirnya sama, kalian salah besar! Nyatanya seorang barista dan bartender memiliki tugas yang berbeda walaupun masih memiliki kesamaan yang ada. Kira-kira apa aja ya? 

Kedua profesi ini sama-sama meracik sebuah minuman, tetapi memang sudah pasti racikan-racikan minuman yang mereka buat sangatlah berbeda. Kalau barista di sebuah cafe, bartender berada di bar. Lalu, apa perbedaan-perbedaan lainnya yang dapat membedakan kedua profesi tersebut sih? Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Racikan Minuman 

Perbedaan barista dan bartender yang paling umum adalah minuman yang mereka saling racik. Kalau barista sendiri fokus kepada minuman-minuman yang terdapat di cafe, seperti kopi, jus, aneka ragam teh, dan masih banyak lagi. Kalau seorang bartender sendiri fokus di minuman-minuman alkohol.

2. Interaksi Bersama Customer 

Perbedaan selanjutnya berada di interaksi mereka dengan para customer. Seorang bartender pastinya akan selalu berkomunikasi hadap-hadapan selama ia bekerja. Sedangkan seorang barista hanya berinteraksi dengan customer pada saat mereka memesan saja, tidak selalu berhadap-hadapan.

3. Penugasan 

Tugas-tugas secara keseluruhan antara bartender dan barista juga berbeda, walaupun ada hal-hal yang sama dari antara keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, dari area bekerja sendiri hampir sama, tetapi bartender akan banyak memakan waktu di station-nya untuk selalu siap dalam melayani customer. Sedangkan barista dapat merangkap ke beberapa area, contohnya saja ke bagian belakang, atau mengantar minuman kepada customer jika tidak memiliki waitress di cafe tersebut.

4. Pelayanan 

Pelayanan memang harus dinomor satukan jika kamu seorang barista ataupun bartender. Terutama seorang bartender yang hampir semua waktunya berada di depan para customer. Kamu harus selalu terlihat baik, sopan, dan juga responsif saat diajak bicara oleh customer. Tentunya juga seorang barista, apabila customer sedang bertanya mengenai minuman atau produk-produk yang ada di menu, kamu juga sudah harus tahu apa yang akan kamu jawab atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

5. Gaji 

Lalu, gajinya beda gak sih antara barista sama bartender? Sangat memungkinkan akan selalu berbeda. Mengetahui harga minuman yang dijual di kedua tempat berbeda, maka hasil yang didapatkan juga tentunya berbeda. Tetapi tidak menutupi atau merendahkan salah satu tempat ya!

Setelah membaca perbedaan-perbedaan di atas antara barista dan bartender, sudah tahu lah cara membedakannya?

Exit mobile version