Tanggal:20 April 2024
pegucapan bahasa inggris

Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris dengan Benar

Kamu pasti sudah tahu bahasa Inggris adalah bahasa internasional, artinya hampir seluruh lapisan manusia di bumi menggunakannya, baik untuk kepentingan bisnis, akademik, hingga percakapan sehari-hari. Apalagi di era globalisasi, tentu penggunaan bahasa Inggris sangat penting dalam mobilisasi transaksi bisnis di kancah Internasional. Jika kamu tidak melafalkannya dengan baik, pesan yang ingin kamu sampaikan tidak tersalurkan sempurna oleh pendengarnya. Hal itu juga akan membentuk kesan pertama yang buruk. Jika sudah buruk di awal, mungkin client akan kabur dan tak menghubungi kembali. Nah, untuk bisa berkomunikasi dengan baik tentu kita perlu belajar pengucapan bahasa Inggris sesuai kaidahnya. Dalam artikel ini akan disajikan tips belajar pengucapan bahasa Inggris dengan benar dan tentunya mudah diterapkan.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Baca juga: 

Bahasa Inggris memiliki pengucapan yang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Kata island contohnya, kata tersebut dibaca “ailen” jika menggunakan ejaan bahasa Indonesia. Hal ini pasti akan membuat kalian bertanya-tanya kok bisa huruf S nya hilang? Itulah salah satu keunikan Bahasa Inggris di telinga kita sebagai foreign language. Lalu, apa saja tips untuk belajar English pronunciation dengan benar? Well, let’s get started!

Berikut 7 tips belajar pengucapan bahasa Inggris dengan benar:

1. Jadilah pendengar yang baik

Source: Freepik

Sebelum belajar berbicara kamu harus belajar mendengarkan. Kata-kata dalam bahasa Inggris terkadang sangat sulit untuk didengarkan seperti contohnya sleep dan slip, chin dan shin, dan masih banyak lagi. Jika kamu sudah bisa membedakannya, itu akan memudahkan kamu untuk mengucapkannya.

Kamu bisa belajar mendengarkan melalui Youtube, Podcast, ataupun konten-konten lain di internet yang berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk tidak menggunakan subtitle agar kamu bisa mengembangkan skill pendengaran sekaligus pengucapanmu.

Baca Juga : 

2. Belajar dengan kamus bahasa Inggris online

Kamu mungkin sudah menggunakan kamus bahasa Inggris untuk menerjemahkan kata-kata yang menurutmu sulit. Tapi dalam kamus digital atau online ada banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan seperti contohnya panduan pengucapan dan penjelasan makna menggunakan gambar. Kamus-kamus digital bisa menjadi alat yang sangat berguna untukmu dalam belajar pengucapan bahasa Inggris. Dan yang lebih hebatnya lagi mereka semua gratis tanpa biaya sepeser pun.

Baca Juga : 250 Kumpulan Persamaan Kata Atau Synonym Dalam Bahasa Inggris

Berikut beberapa kamus digital bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan.

  • Google Translate

Mungkin kamu sudah sering menggunakan google translate untuk menerjemahkan kata. Tapi jangan lupakan fitur audio yang dimiliki google translate. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengetahui cara membaca kata apapun. Hebatnya lagi, tak cuma bahasa Inggris tetapi juga banyak bahasa bahasa lain yang bisa diterjemahkan dengan google translate.

Baca Juga : 8 Manfaat Yang Akan Kamu Dapatkan Jika Mahir Bahasa Inggris

  • Merriam-Webster Dictionary

Merriam-Webster merupakan kamus yang sering digunakan oleh orang orang Amerika. Jika kamu memilih untuk menggunakan logat Amerika atau lebih dikenal American accent, kamu bisa memanfaatkan kamus ini. Merriam-Webster menyediakan definisi dan informasi yang sangat detail tentang suatu kata dan juga pastinya dapat memanfaatkan fitur audio yang bisa kamu dengarkan untuk mempelajari kata-kata yang kamu belum tahu pengucapannya.

Baca Juga : 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Yang Praktis Dan Mudah Kamu Gunakan

  • Oxford Advanced Learner’s Dictionaries

OALD atau Oxford Advanced Learner’s Dictionaries dikembangkan di Universitas Oxford. Hal itu tentu saja membuktikan betapa kredibelnya kamus yang satu ini. Kamus ini memiliki dua logat pengucapan yang bisa kamu pilih untuk audionya. Yang menjadikan kamus ini lebih fantastis di antara kamus-kamus lain ialah audio pengucapannya mempunyai dua pilihan laki laki maupun perempuan (bukan robot) yang menjadikan kamus ini sangat bagus untuk mengasah skill listening kamu.

Baca Juga : 9 Cara Agar Bisa Bahasa Inggris Secara Otodidak

3. Belajar simbol fonetik (phonetic symbol)

Source: Esl-lounge.com

Untuk meningkatkan skill pengucapan, kamu bisa belajar simbol fonetik. Simbol fonetik merupakan simbol yang berguna dalam menjelaskan bagaimana bunyi bunyi terbentuk. Kenapa kok harus ada fonetik simbol? Lebih jelasnya fonetik simbol digunakan untuk menentukan bagaimana cara membaca suatu kata. Dengan adanya fonetik simbol kita bisa mengetahui dengan tepat bagaimana bunyi dari suatu kata.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Situs Web Kursus Bahasa Korea Agar Cepat Fasih!

4. Pilih satu logat bahasa Inggris yang cocok untukmu

Source: Pexels

Logat bahasa Inggris sangat beragam dan di setiap logat memiliki pengucapan, kata, bahkan slang yang berbeda. Jadi sebelum kamu menentukan untuk belajar bahasa Inggris, tentukanlah salah satu logat yang ingin kamu kuasai agar perjalananmu dalam belajar lebih mudah dan terstruktur.

Logat bahasa Inggris yang paling umum adalah logat Amerika (American English) dan Inggris (British English). Kedua logat tersebut memiliki pengaruh dalam masa perjalananmu belajar bahasa Inggris. Dalam logat Amerika R yang dihasilkan di akhir suatu kata lebih keras dibanding logat Inggris yang terkenal dengan R yang tak berbunyi.

Tentukanlah logat yang sesuai dengan dirimu entah itu logat Amerika, Inggris, Australia atau yang lainnya tidak menjadi masalah. Namun, ini tidak sama dengan menghilangkan aksen asli kamu, ya. Logat dan aksen mempunyai makna yang berbeda. Kamu bisa menggunakan logat American dengan aksen Jawa, lho. So, be proud of your natural accent!

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Bahasa Inggris British (UK), American (US), dan Australia (AU)

5. Tulis kata-kata yang sulit dengan simbol fonetik

Ketika mempunyai kesulitan dalam mengucapkan kata tertentu, cobalah menulis simbol fonetiknya. Jika kamu sudah belajar tentang fonetik simbol, kamu akan lebih mudah dalam mengucapkan kata-kata yang sulit diucapkan. Semisal kamu kesulitan dalam mengucapkan exaggerating, tulislah fonetik simbolnya jangan hanya ejaannya saja. /ɪɡˈzædʒəreɪtɪŋ/ ini merupakan fonetik simbol dari kata exaggerating. Dengan begitu kamu akan tau kalau dua huruf g yang berada ditengah dibaca dʒ atau J dalam Bahasa Indonesia. Pastinya belajar fonetik simbol akan memudahkan kita dalam menentukan bacaan dari suatu kata.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

6. Berlatih dengan teman

Source: Pexels

Seperti dalam istilah bahasa Inggris “Practice makes perfect” yang berarti cara terbaik untuk mengasah keterampilan adalah berlatih tanpa henti. Temukanlah pasangan untuk berlatih pengucapan. Pastikan pasanganmu mempunyai minat yang sama agar kalian bisa berkembang bersama.

Baca Juga : 

7. Ngomong sebanyak-banyaknya

Yang tak kalah penting dari semua tips di atas adalah ngomong sebanyak-banyaknya. Jika kamu jarang ngomong, kemungkinan kamu akan gugup saat kamu disuruh ngomong apalagi dalam bahasa Inggris. Seperti halnya kamu sedang mengikuti turnamen game kompetitif. Jika kamu sudah terbiasa memainkannya, dapat dipastikan kamu akan menguasainya dan tidak akan gugup di depan banyak orang. Nah, sama halnya dalam ngomong bahasa Inggris. Selain perlu praktik pengucapan, kamu juga harus bisa menguasai kegelisahanmu jadi kamu akan merasa nyaman ngomong di depan banyak orang.

Baca Juga :

Gugup dan gelisah bisa mengacaukan pelafalan suatu kata. Kata yang seharusnya kamu sudah bisa kuasai tetapi menjadi kacau ketika gugup. Berjanjilah pada dirimu kalau kamu akan banyak ngomong dalam bahasa Inggris. Ingatlah “Practice makes perfect”. Jangan malu-malu lagi buat ngomong, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *