Tanggal:25 April 2024

Sudah Tahu ? Ini 8 Buah Yang Mengandung Zat Besi

Buah memiliki sejuta manfaat yang seperti kita ketahui, salah satu manfaatnya dari beberapa buah memiliki kandungan zat besi, apakah kamu tahu buah apa saja yang memiliki kandungan zat besi tersebut? Simak penjelasan berikut, ya.

Zat besi adalah mineral penting yang berperan dalam pembentukan hemoglobin agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Untuk memenuhi asupan zat besi harian, kamu bisa mengonsumsi sumber alami zat besi, salah satunya buah yang mengandung zat besi.

Kekurangan zat besi menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah. Penyakit karena kurangnya hemoglobin (sel darah merah) disebut anemia. Gejalanya biasa ditandai dengan kurang bergairah, mudah lelah dan lemas, pucat serta sering pusing.

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung zat besi, dapat mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh kamu. Kekurangan zat besi bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, kentang, daging sapi , dll. Tapi kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan, apa saja buah yang mengandung zat besi? Berikut penjelasannya.

Buah yang Mengandung Zat Besi

Selama ini, daging merah atau sayuran hijau dikenal sebagai sumber alami zat besi. Namun, ternyata buah-buahan juga merupakan sumber alami zat besi yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut daftar buah dengan kandungan zat besi, di antaranya:

1. Kurma

Buah Kurma yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Buah yang mengandung zat besi ini seringkali disantap saat bulan Ramadhan. Tidak ada salahnya jika kamu ingin mengonsumsinya secara rutin, apalagi kandungan zat besinya cukup tinggi. Dalam kurma 100 gram, terdapat sekitar 4,79 miligram zat besi. Selain mengandung zat besi, kurma yang manis ini juga dilengkapi dengan zat mineral lain, seperti kalsium, kalium, magnesium, hingga zinc!

2. Aprikot Kering

Buah Aprikot Yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Apakah kamu pernah mengonsumsi aprikot kering? aprikot kering menjadi salah satu buah yang tinggi zat besi. Jangan salah, 100 gram aprikot kering sudah mengandung sekitar 2,7 miligram zat besi. Cukup banyak manfaat dari buah kecil ini kan!

3. Berry

Buah Berry yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Buah berry memiliki kadar zat besi yang tidak banyak, yakni hanya 0,3 miligram per 100 gramnya. Namun, buah berry seperti stroberi hingga blackberry mengandung vitamin C, yang bisa meningkatkan fungsi tubuh dalam menyerap zat besi.

4. Plum Kering

Buah Plum Kering Yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Buah yang mengandung zat besi selanjutnya adalah plum kering. Sama seperti aprikot, mungkin plum bukanlah buah yang memiliki popularitas tinggi. Namun, jangan remehkan kandungan nutrisi seperti zat besi yang dimilikinya. Karena, dalam 100 gram plum kering, terdapat 3,52 miligram zat besi, lho! Oleh karena itu, mulai biasakan mengonsumsi plum kering secara rutin.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

5. Semangka

Cara budidaya semangka.

Buah Semangka yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Pasti kamu sering mengonsumsi buah satu ini bukan? Tentu sangat bagus saat kamu mengonsumsinya, karena buah ini memiliki kandungan zat besi. Buah berukuran besar ini memiliki 0,24 gram zat besi di setiap 100 gram buahnya. Selain itu, manfaat semangka juga mengandung vitamin C, yang memungkinkan tubuh menyerap zat besi lebih baik lagi.

6. Delima

Buah Delima Yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Buah delima tidak hanya cantik dilihat, tapi juga lezat saat disantap. Ditambah lagi, buah delima juga masuk dalam daftar buah yang mengandung zat besi. Setiap 100 gram buah delima mengandung 0,3 miligram zat besi.

7. Anggur Kering (Kismis)

Buah Kismis Yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Kismis tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Popularitas kismis membuatnya jadi bumbu penyedap banyak makanan, mulai dari kue hingga es krim. Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh. Setiap 100 gram kismis mengandung 1 miligram zat besi.

8. Raspberry

Buah Raspberry yang Mengandung Zat Besi (Sumber: Pexels)

Selain rasanya lezat dan berkhasiat tinggi untuk kesehatan, masih jarang yang tahu bahwa raspberry juga termasuk dalam daftar buah yang mengandung zat besi. Di dalam 100 gram buah raspberry terkandung 1 miligram zat besi di dalamnya. Kira-kira kebutuhan yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari berapa kandungan zat besi, ya? Simak berikut ini.

Kebutuhan Harian Zat Besi

Kebutuhan harian zat besi setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin maupun usia. Untuk mengenal kebutuhan harian zat besi kamu, berikut jumlah kebutuhan zat besi, di antaranya: 

  • Bayi 0-6 bulan: 0,27 miligram
  • Bayi 7-12 bulan: 11 miligram
  • Anak 1-3 tahun: 7 miligram
  • Anak 4-8 tahun: 10 miligram
  • Anak laki-laki 9-13 tahun: 8 miligram
  • Remaja laki-laki 14-18 tahun: 11 miligram
  • Remaja laki-laki 19 tahun keatas: 8 miligram
  • Anak perempuan 9-13 tahun: 8 miligram
  • Remaja perempuan 14-18 tahun: 15 miligram
  • Perempuan 19-50 tahun: 18 miligram
  • Wanita lanjut usia (51 tahun ke atas) 8 miligram
  • Wanita hamil: 27 miligram

Selain mengonsumsi buah yang kaya zat besi di atas, tambahkanlah berbagai makanan lain yang mengandung zat besi juga, seperti daging merah hingga sayuran hijau. Hal ini penting agar kamu tidak bosan mengonsumsi makanan yang itu-itu saja.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar tubuh kita dapat menerima kandungan zat besi dengan stabil, jangan lupa konsumsi makanan yang seimbang agar tubuh tetap sehat dan kuat, ya.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *