Site icon Vocasia

Cara-Cara Memandikan Kelinci, Wajib Kamu Coba!

Kelinci adalah hewan mamalia yang berasal dari famili Leporidae, yang berarti Kelinci dapat ditemukan di berbagai macam bagian di muka bumi ini. Kelinci sendiri berkembang biak dengan cara beranak. Kelinci memiliki beberapa karakteristik seperti kelinci termasuk hewan vertebrata, hewan vivipar (berkembang biak), berbulu, memiliki gigi depan yang lumayan besar, lincah dan cepat, memiliki paru-paru.

Kelinci sendiri dipercaya adalah hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga sampai ke daratan Eropa. Kelinci juga memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi tumbuhan dan kotorannya dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman lho! Kelinci juga termasuk sebagai hewan peliharaan, jika kamu memelihara seekor kelinci dengan baik dan benar, kamu bisa membuat kelinci tersebut bertahan hidup sampai dengan 10 tahun.

Jika kamu akan memelihara kelinci, kamu pasti ya harus tahu bagaimana cara memeliharanya dengan baik dan benar. Kamu harus mengetahui makanan dan minuman apa saja yang kamu harus siapkan, peralatan yang dibutuhkan, dan juga juga cara memandikan seekor kelinci. Jadi, bagaimana sih cara-cara memandikan kelinci? Yuk kita simak tips-tips cara memandikan kelinci!

Baca Juga: Mudah Dan Cepat, Berikut 7 Cara Budidaya Kelinci Bagi Pemula

Mempersiapkan Alat-Alat Mandi Untuk Kelinci

Rabbit. Photo: Pixabay

Sebelum memandikan seekor kelinci, tentunya kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan seperti alat mandi dan sebagainya. Jangan sampai kamu tidak memiliki alat yang kamu butuhkan, salah satu yang penting adalah bak mandi. Jika kamu sudah memiliki alat-alat yang lengkap untuk memandikan seekor kelinci, kamu sudah dapat ke tahap berikutnya.

Menyiapkan Tempat Mandi dan Air Hangat

Setelah kamu mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan untuk memandikan seekor kelinci, kamu harus menyiapkan bak mandi yang berisikan air hangat untuk digunakan memandikan kelinci. Air hangat ini digunakan agar bulu-bulu yang terdapat di badan kelinci akan menjadi lebih bagus dan segar setelah dimandikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kelinci Yang Dapat Kamu Pelihara!

Memasukkan Kelinci ke Tempat Mandi

Berikutnya, kamu akan memasukkan kelinci ke dalam tempat mandi setelah kamu sudah menyiapkannya dengan air hangat. Setelah kamu telah memasukkan kelinci, kamu dapat menyiramnya secara perlahan.

Menyiram Kelinci Secara Perlahan

Dengan perlahan, kamu sudah dapat menyiram kelinci. Di mulai dari kepala, kuping, tanggan, hingga badan dan kaki kelinci. Kamu harus memastikan semua bagian badan dari kelinci terbilas dan sudah disiram oleh air hangat yang sudah kamu siapkan.

Baca Juga: Waktu Antara Kelinci Membuat Sarang Dan Melahirkan? Berikut Jawabannya!

Menggosok Badan Kelinci dan Berikan Sabun atau Shampo

Setelah kamu sudah menyiram badan kelinci, kamu sekarang harus menggosok badan kelinci lalu kamu berikan sabun dan shampo ke badan kelinci. Jangan lupa untuk memberikan sabun dan shampo di seluruh bagian badan kelinci, agar semua bagian akan terlihat bersih nantinya.

Bilas Badan Kelinci

Setelah menggosok dan memberikan sabun dan shampo di badan kelinci, kamu sekarang membilas badan kelinci dari sabun dan shampo yang sudah kamu berikan. Pastikan kamu membilas dengan halus dan semua sabun dan shampo sudah tidak tertinggal di badan kelinci.

Keluarkan Kelinci dari Tempat Mandi

Setelah kamu sudah bilas dan pastikan bilasan-mu bersih dari sabun dan shampo, keluarkan kelinci dari tempat mandi dan tempatkan kelinci di tempat yang kering dan persiapkan alat-alat yang dapat digunakan untuk mengeringkan kelinci.

Keringkan Badan Kelinci dengan Handuk

Rabbit. Photo: Pixabay

Setelah kamu sudah keluarkan dari tempat mandi, kamu keringkan badan kelinci dengan handuk kering. Pastikan semua bagian badan kelinci kamu keringkan dengan handuk tersebut dan lakukan hal tersebut dengan halus dan pelan-pelan di badan kelinci.

Kembali Keringkan Kelinci dengan Hair Dryer

Karena dengan handuk saja tidak cukup untuk mengeringkan sisa-sisa air yang terdapat pada tubuh kelinci. Pastikan kamu menyiapkan hair dryer dan colok ke listrik, lalu tekan hair dryer dan mulai mengeringkan kelinci secara perlahan.

Bersihkan Telinga Kelinci

Setelah kamu mengeringkan badan dengan hair dryer, jangan lupa juga untuk mengeringkan telinga kelinci dengan handuk. Pastikan saat kamu sedang membersihkan telinga kelinci, kamu melakukannya dengan cara buru-buru atau kasar.

Bersihkan dan Gunting Kuku Kelinci

Berikutnya, kamu juga harus membersihkan kuku-kuku yang ada di kelinci. Tidak hanya badan tentunya, kuku yang terdapat dalam kelinci wajib kamu bersihkan, lalu potong dengan cara lembut agar kelinci tidak takut saat sedang dipotong kukunya.

Berikan Makanan dan Minuman Kelinci

Rabbit. Photo: Pixabay

Terakhir, jangan lupa juga untuk memberi makan dan minum kelinci ya. Untuk makanan sendiri, kamu bisa beri wortel yang gampang dan praktis, bisa kamu langsung berikan, atau juga dipotong-potong. Untuk minumannya, kamu bisa berikan air putih agar kelinci tidak dehidrasi. Kamu bisa berikan air di dalam kandang kelinci ya, agar kelinci dapat minum setiap saat jika mereka sedang haus!

Jika kamu memelihara seekor kelinci, jangan lupa untuk mengikuti setiap tahap yang sudah di sebutkan di atas ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: Pengertian Budidaya Beserta Manfaatnya

Exit mobile version