Tanggal:20 April 2024

Bingung? Ini Cara Melacak Motor yang Hilang dengan Pelat Nomor

Pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) merupakan identitas setiap kendaraan yang diregistrasikan di Indonesia. Tidak hanya berisi angka dan huruf acak, tapi juga terdapat kode-kode di pelat nomor yang dapat dipakai untuk mengidentifikasi jenis serta asal wilayah kendaraan. Oleh karena itu, apabila motor hilang biasanya kendaraan dapat dilacak dengan TNKB yang sudah terdaftar di sistem pemerintah.

Penitng sekali bagi kamu untuk mendaftarkan TNKB sebagai langkah prefentif menghindari para pelaku kriminal. Di Indonesia kejadian kriminal pencurian kendaraan bermotor, khususnya roda dua, marak terjadi.

Jenis motor tertentu bisa jadi perhatian para pencuri. Motor berharga mahal misalnya paling potensial dicuri. Sebab harga jualnya tinggi, menjadi keuntungan bagi pencuri saat menjualnya ke penadah.

Namun, tidak menutup kemungkinan motor dengan harga menengah juga jadi incaran. Di sinilah kamu perlu mengetahui cara mencari motor hilang dengan cepat dan akurat, sehingga bisa segera ditemukan dan meminimalisir kerugian yang lebih besar.

Pencurian sepeda motor atau curanmor sangat merugikan masyarakat yang menjadi korban. Agar tidak bingung ketika suatu hari kamu kehilangan motor, Vocasia telah merangkum cara-cara melacak motor yang hilang dengan pelat motor.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengecek pelat nomor kendaraan seperti yang diberitakan Samsatkeliling.info.

Baca juga: Rumus Mudah Menghitung Pajak Motor Di STNK Beserta Dendanya!

Lakukan langkah prefentif untuk hindari para pelaku curanmor. (Sumber: Pixabay)

Terdapat 3 metode melacak informasi sekaligus keberadaan motor hilang hanya dengan berbekal pelat nomor kendaraan. Berikut di bawah ini adalah cara melacak motor yang hilang dengan pelat nomor.

  • Melacak motor yang hilang dengan pelat nomor dari SMS. Paling mudah dan fleksibel sebab visa dilakukan oleh siapa saja menggunakan HP. Tidak perlu spesifikasi khusus selama bisa digunakan untuk SMS maka pencarian bisa dilakukan.
  • Kirim SMS ke nomor tujuan sesuai wilayah asal kendaraan kamu. Gunakan format dengan benar sesuai ketentuan setiap wilayah. Tersedia untuk semua operator, kamu hanya cukup sediakan pulsa untuk SMS.
  • Menggunakan website. Melacak motor yang hilang dengan pelat nomor juga dapat dilakukan melalui website. Sama seperti SMS, alamat website menyesuaikan dengan wilayah. Sebab setiap kantor Samsat memiliki alamat berbeda.

Contoh: Wilayah Jawa Tengah dengan alamat website https://dppad.jatengprov.go.id. Wilayah Jawa Barat alamat websitenya di https://bapenda.jabarprov.go.id. Untuk alamat website kamu bisa mencari melalui internet.

  • Menggunakan aplikasi. Lebih praktis lagi dengan mendownload aplikasi mobile. Download aplikasi sesuai alamat atau wilayah asal kendaraan. Metode untuk melacak motor yang hilang dengan pelat nomor satu ini cukup diminati.

Kapan saja dibutuhkan kamu cukup tap pada ikon aplikasi. Kamu juga bisa mengetahui informasi terkini berkaitan kendaraan yang kamu miliki. Aplikasi untuk tiap daerah dapat kamu cari juga melalui internet.

Untuk wilayah Jawa Barat, aplikasi yang bisa diakses bernama “SAMBARA”, Jawa Tengah dengan “Sakpole e-samsat Jateng”, Jawa Timur dengan “e-smart samsat Jatim”, sedangkan DIY dengan aplikasi “cek kendaraan Yogyakarta”.

Baca juga: Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

Tips Saat Melacak Motor yang Hilang dengan Pelat Nomor

Melacak motor yang hilang dengan pelat nomor harus dilakukan dengan tepat. Supaya lebih efektif dan cepat kamu bisa ikuti tips berikut ini.

Melacak lokasi kendaraan dengan aplikasi. (Sumber: Pixabay)

1. Lakukan sesegera mungkin

Jangan menunda untuk segera melakukan pelacakan. Hindari panik, supaya bisa langsung berpikir jernih. Paling penting adalah bagaimana solusi untuk menemukan kembali kendaraan yang hilang.

Metode mana saja yang kamu gunakan bisa diaplikasikan sesuai kondisi. Jika memungkinkan melapor segera ke kantor leasing atau kantor polisi akan lebih baik. Namun untuk lebih cepatnya bisa dilakukan mandiri terlebih dahulu.

2. Pastikan input nomor yang benar

Berpikir tenang, menghindari kesalahan. Sebab kamu harus memasukkan nomor polisi atau nomor kendaraan dengan benar. Baik menggunakan aplikasi, website, SMS atau membuat laporan langsung di kantor polisi.

Kesalahan pelaporan atau input nomor akan jadi kendala. Untuk memastikan penginputan, gunakan STNK atau BPKB sebagai contekan.

3. Gunakan lebih dari 1 cara

Tidak masalah jika kamu ingin menyebar sebanyak-banyaknya informasi. Menggunakan sosial media untuk merunut kendaraan hilang mengandalkan kecepatan tangan netizen. Disertai laporan kepada pihak berwajib dan metode lain.

Lebih banyak jalan kamu menyebar info kehilangan lebih cepat ditemukan. Apalagi jika langsung dilakukan begitu menyadari adanya kehilangan tersebut. Tidak sampai 1×24 jam biasanya langsung ditemukan.

Baca juga: Rekomendasi Motor Untuk Perempuan Ternyaman


Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa cara lain, yaitu dengan menyebar informasi di media sosial dan datang ke kantor samsat terdekat.

Kamu bisa mengidentifikasi kendaraan dengan lengkap di kantor samsat. Syaratnya adalah dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *