Tanggal:24 April 2024

Cara Mudah Pasang Iklan Adsense di WordPress

Pasang iklan di WordPress (rawpixel.com)

Google AdSense adalah salah satu cara yang paling populer untuk menghasilkan uang dari blog atau website Anda. Dengan Google AdSense memungkinkan Anda untuk secara otomatis menjual ruang iklan situs web Anda kepada pengiklan dan mendapatkan bayaran. Nah, untuk anda yang belum tahu apa Google AdSense. Google AdSense adalah program iklan yang dijalankan oleh Google untuk para blogger atau pemilik situs web berkesempatan mendapatkan uang dengan menampilkan teks, gambar, video, dan iklan interaktif lainnya di situs web mereka.

AdSense menawarkan iklan biaya per klik/Cost per Click (BPK/CPC)  yang berarti Anda mendapatkan uang setiap kali pengguna mengklik iklan di situs web Anda. Jumlah yang diterima per klik bervariasi berdasarkan berbagai faktor. Jadi yang berhubungan dengan pengiklanan semua akan ditangani oleh tim Google AdSense, mereka yang akan mengeolola pengiklanan, serta mengumpulkan pembayaran, mengambil biaya manajemen, dan mentransfer biaya iklan kepada Anda.

Cara Memasang Iklan Google Adsense

1. Membuat akun terlebih dahulu

Jika anda belum mempunyai akun Google, anda bisa membuat terlebih dahulu. Jika sudah anda maka anda akan mendapatkan kode iklan anda. Kode iklan ini yang harus Anda tempatkan di situs web Anda untuk menampilkan iklan berbagai jenis iklan mitra Google AdSense.

2. Membuat unit iklan AdSense

  • Anda dapat memulai unit iklan baru dengan mengakses dashboard Adsense Anda kemudian pilih menu Ads yang berada di bagian atas.
  • Pada bagian Ads > Overview, silakan klik menu By ad unit. Kemudian, pilih tipe iklan yang ingin Anda gunakan.
  • Lalu, masukkan pengaturan yang diperlukan untuk website anda. Pengaturan tersebut cukup penting untuk Anda melakukan penyesuaian iklan dengan tata letak dari website Anda.

3. Silahkan pilih pengaturan untuk keperluan iklan anda.

  • Masukan nama yang unik untuk membantu dalam melihat kinerja iklan ketika Anda memiliki banyak website.
  • Isi Ad size, jika anda memilih iklan responsive anda bisa menggunakan template mobile friendly.

4. Silakan klik tombol Create.

Halaman popup akan muncul dengan menampilkan code iklan. Lalu silahkan masukan kode yang tampil pada akun adsense anda, yang nantinya perlu dipasang pada website Anda.

5. Menggunakan Plug In

Plugin Google Adsense juga dikenal dengan nama plugin Google publisher. Plugin ini membantu Anda dengan mudah untuk memasang iklan Adsense pada website WordPress.

6. Ad Injection

Plugin ini nantinya yang akan anda pilih untuk digunakan sebagai mengintergrasikan iklan AdSense di WordPress. Plugin ini tidak hanya untuk memasang Adsense tapi dapat juga digunakan untuk memasang iklan dari layanan lain. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengatur iklan supaya tampil berdasarkan panjang postingan, umur atau alamat IP dari visitor.

7. Menambahkan Google AdSense

Cukup buka halaman Appearance »Widgets di area admin WordPress Anda. Selanjutnya, seret & lepas widget “Custom HTML” ke area widget yang sesuai dan tempel kode Google AdSense.

Pilihlah letak iklan yang ingin anda tampilkan di situs web anda. Rekomendasi iklan yang sering muncul menggunakan tampilan sidebar. Anda dapat menambahkan Google Adsense di sidebar dengan menggunakan widget WordPress .

8. Tambahkan kode AdSense Otamatis di WordPress

Google telah memperkenalkan iklan otomatis. Iklan otomatis memungkinkan Anda untuk hanya menambahkan satu cuplikan kode ke situs Anda dan biarkan Google AdSense bekerja untuk mengetahui lokasi, ukuran iklan, dan jenis iklan dengan bayaran tertinggi. Menambahkan iklan manual ke berbagai area situs web Anda memerlukan banyak waktu. Sebagian besar pemula kesulitan menemukan lokasi terbaik untuk menampilkan iklan di situs mereka. Login terlebih dahulu ke akun Google AdSense Anda dan klik pada Ads tab. Selanjutnya, Anda perlu mengklik tombol ‘Get Code’ untuk menghasilkan kode iklan otomatis.

Itulah artikel tentang cara pasang iklan AdSense di WordPress. Semoga bermanfaat yaa dan selamat mencoba dan sukses menghasilkan uang dari blog maupun website anda.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *