Pada zaman sekarang, banyak sekali pengusaha yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk pengembangan bisnis. Strategi pemasaran ini lebih sering dikenal sebagai social media marketing, dengan menggunakan berbagai macam media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, atau Twitter. Di Indonesia sendiri, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh generasi milenial dan Gen Z. Social media marketing sendiri tidak akan bisa lepas dari content plan. Perencanaan konten atau content plan ini dapat membantu Anda menciptakan strategi yang dapat menarik perhatian dan membangun kesadaran merek pada khalayak masyarakat. Anda harus mempersiapkan konten yang ingin disajikan dan banyak disukai pengguna platform agar dapat dengan mudah mendapatkan lead ataupun konversi.
Apa Itu Content Plan Instagram?
Content plan sendiri adalah perencanaan pembuatan konten pada media sosial untuk mencapai sebuah goal. Tentu saja, konten-konten yang akan disebarkan pada media sosial tidak bisa asal dibuat dan diunggah. Diperlukan adanya perencanaan dalam merancang konten yang menarik dan sesuai dengan campaign yang ingin dijalankan.
Di dalam content plan, Anda bisa mencatat konten seperti apa saja yang harus diproduksi, bagaimana konten tersebut akan dibuat, dimanakah platform yang tepat untuk mengunggah konten tersebut, dan kapan konten tersebut akan di-publish.
Jadi, apabila Anda memilih Instagram sebagai channel untuk promosi, maka Anda harus membuat content plan Instagram–dimana segala konten yang akan di-posting pada Instagram tercatat dalam content plan tersebut.
Manfaat Content Plan
Ada banyak manfaat yang sangat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas bisnis menggunakan perencanaan konten, antara lain:
1. Rasa Kewalahan Berkurang
Dengan mempersiapkan perencanaan konten selama 1 bulan kedepan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Anda tidak perlu membuang waktu untuk duduk di depan komputer dan tergesa-gesa mencari ide-ide konten.
2. Konsistensi Terjaga
Perencanaan dan penjadwalan konten dalam kalender yang telah tersusun dengan rapi sangat mempengaruhi konsistensi publikasi konten, sehingga audiens juga bisa terus terhubung dengan bisnis Anda.
3. Distribusi Konten yang Jelas
Pendistribusian konten menjadi lebih jelas, seperti kapan dan dimana konten akan disebarluaskan. Anda juga dapat membagi rata konten-konten yang akan dipublikasikan di channel yang berbeda.
4. Kemudahan untuk Mengukur Pencapaian
Setelah meng-upload semua konten pada media sosial, Anda dapat mengecek kembali perencanaan konten Anda untuk mengukur dan merefleksikan sejauh mana Anda telah berhasil menjalankan kampanye.
Cara Membuat Content Plan Instagram
Setelah mengetahui definisi dan beberapa manfaat dari content plan, lalu, bagaimana cara membuat content plan Instagram yang efektif dan menjual? Mari kita ikuti 9 langkah-langkah berikut!
1. Menentukan Goals
Goals atau tujuan adalah hal mendasar dari content plan yang perlu Anda tentukan. Tentukan apakah konten yang ingin disajikan akan digunakan untuk mendapatkan followers baru, meningkatkan pembelian, atau mendatangkan pengunjung pada laman bisnis Anda.
2. Menentukan Target Audiens
Langkah selanjutnya dalam pembuatan content plan adalah menentukan target audiens. Pada tahapan ini, Anda harus melakukan riset yang mendalam untuk memahami siapa audiens yang akan melihat dan berinteraksi dengan konten Anda, sekaligus interest dan kebutuhan mereka.
3. Membuat Konten Kalender
Setelah goals dan target audiens telah ditentukan, Anda bisa memulai untuk membuat konten kalender. Konten kalender ini berfungsi sebagai roadmap Anda dalam melakukan Instagram marketing dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Pastikan juga didalam kalender tersebut terdapat kolom untuk menuliskan jadwal, kategori, deadline, dan status.
4. Menentukan Jenis Konten
Pada konten kalender, Anda bisa memberi keterangan jenis konten yang akan dibuat. Jenis konten tersebut bergantung pada tahapan marketing funnel yang Anda targetkan, antara lain: brand awareness, brand association, perceived quality, atau brand loyalty.
5. Memanfaatkan Hashtag dan Fitur Instagram Secara Lengkap
Bukan hanya membagikan foto, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Reels, Instagram Stories, maupun Instagram Shopping untuk mempromosikan produk Anda, sekaligus dengan hashtag yang sesuai dengan konten untuk memperluas jangkauan.
6. Membuat Caption yang Menarik
Caption yang bersifat soft-selling cenderung dapat membuat audiens tertarik untuk melihat konten Anda.
7. Mengenali Waktu yang Tepat untuk Posting Konten
Ketika memposting konten, Anda perlu tahu kapan waktu dimana audiens banyak menggunakan Instagram.
8. Konsisten dengan Tema dan Warna Konten
Hindari pembuatan konten asal-asalan dengan tema atau warna konten yang berubah-ubah, sehingga membuat audiens bingung atau tidak tertarik. Berikan kenyamanan melalui tema dan warna konten yang menjadi identitas bisnis Anda.
9. Evaluasi Konten
Setelah melakukan publikasi, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap insight yang didapatkan untuk setiap konten. Beberapa metrik yang bisa dievaluasi yaitu likes, follow, shares, comments, dan saves.
Itu dia penjelasan tentang content plan Instagram beserta manfaat dan langkah-langkah cara membuatnya.
Ide Konten Instagram Trending 2023:
- Proses behind the scene pembuatan konten
- Konten dengan contoh atau kasus nyata
- Sudut pandang pemikiran atau pendapat terhadap suatu topik
- Sharing pengalaman pribadi
Untuk membantu kesuksesan content planning bisnis Anda, gunakan ide-ide di atas sebagai inspirasi tema konten agar konten Anda diprioritaskan oleh algoritma Instagram.