Google Docs merupakan salah satu layanan gratis dari Google untuk digunakan sebagai program pengolah kata, spreadsheet, presentasi, hingga penyimpanan data yang berbasis web. Layanan Google Docs memungkinkan seseorang membuat ataupun melakukan editing file berkolaborasi dengan orang lain dalam waktu yang bersamaan/real time. Oleh karena itu, Google Docs dipandang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan ketepatan waktu saat bekerja. Apabila kamu belum familiar dengan teknologi ini, jangan sampai ketinggalan zaman. Pelajari cara membuat Google Docs sekarang juga! Yuk simak baik-baik cara mudah membuat Google Docs di bawah ini!
Baca juga: Google Ads: Pengertian serta Manfaatnya
Cara Membuat Google Docs
1. Buat Akun Google
Sebelum membuat Google Docs, pastikan kamu memiliki akun Google terlebih dahulu. Membuat akun Google tidak dikenakan biaya registrasi maupun biaya pemeliharaan akun alias gratis seumur hidup. Akun Google akan sekaligus memberi akses layanan di aplikasi lain, seperti: YouTube, Google Maps, Google Drive, dan lain-lain. Kamu bisa mengunjungi laman https://accounts.google.com/SignUp untuk membuat akun Google. Pada laman pendaftaran, masukkan nama, alamat email, dan kata sandi. Klik Berikutnya atau Next. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk membaca Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan. Jika sudah, klik Agree dan kamu sudah memiliki akun Google.
2. Buka Google Docs
Kamu bisa mengakses Google Docs melalui aplikasi yang diunduh di App Store atau Google Play. Selain aplikasi, kamu juga bisa mengakses Google Docs lewat laman Google https://docs.google.com. Setelah memasuki laman Google Docs, kamu akan disambut dengan beberapa template dokumen.
3. Mulai Gunakan Google Docs
Setelah laman Google Docs berhasil diakses, kini kamu sudah bisa untuk membuat dokumen baru. Kamu dapat memilih template manapun yang kamu inginkan untuk memulai pekerjaan. Tampilan Google Docs sangat mirip dengan tampilan Microsoft Word, termasuk pilihan tools editing-nya. Kamu bisa mengatur jenis font, ukuran font, menambahkan gambar, dan lainnya.
4. Unduh Dokumen
Apabila pengerjaan dokumen sudah rampung, kamu dapat download atau mengunduhnya menjadi berbagai format dokumen. Dokumen yang terunduh akan tersimpan di perangkat komputer kamu.
Baca juga: Cara Memasang Iklan di Google Ads
Keuntungan Menggunakan Google Docs
1. Bisa dikerjakan oleh banyak orang
Google Docs memiliki fitur “bagikan” yang membuat beberapa pengguna bisa mengerjakan satu dokumen secara bersamaan.
2. Auto saved
Setiap perubahan yang dibuat pada dokumen akan tersimpan otomatis sehingga kamu tidak perlu klik save berulang kali. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir hasil kerja kamu hilang karena lupa menyimpan perubahan terbaru.
3. Mudah digunakan
Tampilan dan tools Google Docs mirip dengan Microfot Word. Apabila kamu bisa mengoperasikan Microsoft Word maka seharusnya kamu juga bisa mengoperasikan Google Docs.
Demikianlah pembahasan cara membuat Google Docs dengan mudah dan singkat. Untuk dapat menguasai pengoperasian Google Docs, kamu harus sering latihan membuat dokumen dengan menggunakan template yang berbeda-beda.
Baca juga: 5 Jenis Iklan Google Ads – Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda?