Seperti yang kita tahu, Microsoft Office memiliki banyak software yang kegunaannya berbeda satu dengan yang lain. Salah satunya adalah Microsoft Word yang digunakan untuk membuat dokumen berupa laporan, makalah, skripsi, hingga artikel dalam bentuk kata. Selayaknya Power Point yang fungsi utamanya membuat slides, Word juga diklaim sebagai software pembuat tulisan digital.
Sebagai pembuat tulisan digital, ia digunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan tulis-menulis. Penggunanya berasal dari banyak kalangan. Tidak hanya oleh para pekerja, melainkan dosen, mahasiswa, hingga pelajar.
Fakta mengejutkan yang harus diketahui oleh banyak orang adalah Microsoft Word juga dapat mengambil alih fungsi utama dari Microsoft Excel. Di dalamnya, kamu bisa membuat tabel secara praktis dan sederhana tanpa bantuan Excel.
Meski tidak selengkap Microsoft Excel dalam pengolahan angka, Word dapat menjadi alternatif paling tepat ketika dalam keadaan mendesak. Hal ini selaras dengan anggapan bahwa tidak semua orang mampu menggunakan bahkan menguasai Excel dengan baik.
Bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga akhir agar kamu mendapatkan penjelasan mengenai cara membuat tabel di Word menggunakan langkah yang mudah dipraktikkan.
Baca juga : 8 Cara Mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Diketik
Fungsi Microsoft Word
Sebelum mengetahui cara membuat tabel di Word, kamu juga harus mengetahui fungsi Microsoft Word lainnya. Berikut adalah penjelasan dari tiga fungsi utama Word.
-
Membuat Dokumen
Ini adalah fungsi utama dari software tersebut. Sebagai pembuat dokumen, Word dapat diatur dan dicetak sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Selain itu, konten atau tulisan yang ada di dalamnya juga diproduksi oleh pembuat dokumen tersebut.
-
Memformat Dokumen
Fungsi Microsoft Word selanjutnya adalah untuk memformat dokumen. Format yang dimaksud adalah mengatur ukuran kertas, menambahkan catatan kaki, memberi nomor halaman, dan memilih jenis huruf.
-
Mengedit Dokumen
Word juga dapat mengedit dokumen lain. Dokumen yang diedit dapat berasal dari aplikasi atau sofware yang sama maupun aplikasi lainnya. Sangat canggih, bukan?
-
Membuat Tabel
Ternyata, Microsoft Word juga memiliki fungsi yang sama seperti Excel. Di dalam Word ditemukan sebuah fitur untuk membuat tabel. Seperti fungsi umumnya, tabel digunakan untuk menyajikan data yang tersusun rapi dengan bantuan garis dan kolom. Tentunya, cara pembuatannya berbeda dengan Excel.
Baca juga : 4 Cara Cepat dan Mudah Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel di Word
Terdapat dua cara yang dapat kamu tempuh untuk membuat tabel melalui Microsoft Office Word. Pertama, kamu dapat membuat kolom baru menggunakan tab insert. Cara kedua hampir mirip, yaitu dengan menggunakan menu Insert yang ada di dalam tab. Berikut langkah-langkahnya:
-
Membuat Tabel Melalui Tab Insert
-
- Buka software Microsoft Word
- Pilih tab ‘Insert’ yang ada di atas halaman
- Tekan opsi ‘Table’
- Block atau drag tampilan kolom dan baris yang muncul sesuai kebutuhan tabel
- Kemudian, tekan satu kali menggunakan kursor
- Tabel yang kamu inginkan sudah siap digunakan
-
Membuat Tabel dengan Menu Insert
Dengan tab ‘Insert’ kamu memiliki batasan dalam mengatur jumlah kolom dan baris. Jika ingin membuat tabel lebih dari jumlah yang disediakan, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut:
- Buka Microsoft Word
- Pilih tab ‘Insert’ yang ada di atas halaman
- Tekan opsi ‘Table’
- Pilih opsi ‘Insert table’ yang ada di bagian bawah kolom
- Masukkan jumlah kolom dan baris sesuai keinginanmu
- Tekan ‘OK’
- Kamu telah selesai membuat tabel dengan kolom dan baris dalam jumlah banyak
-
Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel
Selain membuat tabel baru, kamu juga dapat mengganti teks dalam bentuk tabel. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Block atau pilih semua teks yang akan diubah dalam bentuk tabel
- Klik tab ‘Insert’, kemudian pilih ‘Table’
- Drop down kursor hingga menemukan opsi ‘Convert Text to Table’
- Pilih opsi tersebut
- Tunggu hingga muncul jendela notifikasi baru
- Pilih opsi ‘Separate text at’
- Kemudian, tekan ‘OK’
- Tulisanmu telah berhasil disajikan dalam bentuk tabel
Baca juga: 5 Cara Membuat Powerpoint di HP
Cara Modifikasi Tabel
Tidak hanya mengetahui cara pembuatan, kamu juga wajib tahu pengoperasian fitur tabel yang ada di Microsoft Word. Di bawah ini akan dijelaskan cara-cara modifikasi tabel di Word secara lengkap.
-
Menambahkan Baris
- Khusus Microsoft Word 2016 ke atas, kamu dapat menambahkan baris dan kolom hanya dengan menekan tanda ‘tambah’ di sisi kiri atau kanan tabel
- Selain itu, kamu dapat menekan tabel
- Tekan pada bagian kanan kursor
- Pilih menu ‘Insert’
- Tekan pilihan ‘Insert Row Below’
-
Menghapus Baris/ Kolom/Tabel
- Tempatkan kursor pada kolom yang ingin dihapus
- Klik kanan pada kursor
- Pilih menu ‘Delete Cell’
- Setelah muncul notifikasi jendela baru, centak pada kotak ‘Delete entire row’
- Pilih ‘OK’
-
Menerapkan Desain
- Tekan tabel
- Pilih tab ‘Design’ yang ada di bagian atas halaman
- Atur desain sesuai keinginan pada bagian ‘Table Styles’
-
Mengatur Border
- Pilih beberapa kotak dengan melakukan block pada tabel
- Pilih tab ‘Design’
- Cari menu ‘Borders’
- Atur Pen Color, Line Weight, dan Line Style sesuai keinginanmu
Itulah penjelasan mengenai fitur tabel yang ada di Microsoft Word. Jika membaca hingga akhir, tentu kamu telah mengetahui beberapa cara membuat tabel di Word dengan mudah. Tak hanya itu, cara mengoperasikan dan modifikasi juga kamu dapatkan di dalamnya. Oleh karena itu, maksimalkan fitur yang tersedia dengan menerapkan cara-cara yang telah kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Baca juga : Mengefektifkan Kerja dengan Shortcut di Microsoft Word