Tanggal:25 April 2024

Untung Banyak, Ini 7 Cara Sukses Membuka Toko Sembako

Cara membuka toko sembako.

Dibandingkan pakaian, sembako atau sembilan bahan baku menjadi salah satu kebutuhan manusia yang paling prioritas. Loh, mengapa bisa dikatakan demikian? Hal itu karena tanpa adanya sembako ini, manusia akan kesulitan untuk bertahan hidup. Ambil saja contohnya sembako berupa beras. Tentu saja setiap hari manusia harus mengonsumsi nasi yang berasal dari beras ini untuk mempertahankan hidupnya, bukan? Hal itu belum termasuk kebutuhan sembako lainnya seperti sayuran, buah, telur, gula, dan banyak lainnya. Tentunya tanpa semua bahan baku tersebut, manusia akan kesulitan dalam menjalankan hidupnya, paling mengkhawatirkan jika mereka akhirnya terserang busung lapar karena ketidakmampuannya mendapatkan bahan sembako tersebut.

Untuk itulah, mengapa tak mengherankan jika adanya toko sembako menjadi sangat penting dalam hidup masyarakat karena hanya dalam satu toko, semua jenis bahan sembako sudah tersedia dan siap dibeli. Mereka tak perlu susah payah ke pasar dan berpindah dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membeli kebutuhan sembako mereka tersebut. Besarnya kebutuhan masyarakat terhadap sembako itulah yang akhirnya menjadikan bisnis di bidang ini bisa dibilang cukup menggiurkan dengan keuntungan yang besar. Darinya, tak mengherankan juga jika akhirnya banyak orang membuka toko sembako.

Nah, mungkin kamu pun salah satunya yang tergiur untuk membuka toko sembako ini. Lalu, bagaimanakah caranya membuka toko sembako untukmu yang masih pemula dalam bisnis, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah? Oke, tanpa banyak basa-basi lagi, simak penjelasan berikut ini mengenai cara membuka bisnis sembako.

1. Rencanakan Usaha

Rencana usaha.
Rencana usaha. Sumber: Pexels

Cara membuka toko sembako #1 yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana usaha. Dalam menjalankan usaha, tentunya kamu tidak boleh asal-asalan. Harus ada perencanaan yang matang, sehingga usahamu tersebut bisa terus berkembang. Banyak pengusaha sembako hanya mengandalkan modal yang besar akhirnya harus gagal dalam berkembang dan gulung tikar karena tidak melakukan perencanaan yang baik terlebih dahulu. Untuk itulah, cara #1 ini dirasa sangat wajib untuk dilakukan jika kamu ingin menghindari keadaan di atas.

Nah, apa saja perencaan usaha yang harus dilakukan? Pertama, kamu harus melakukan riset pasar. Lakukan riset harga jual per bahan di pasar atau toko-toko sembako lain. Gunanya yaitu agar kamu bisa menentukan harga yang pas untuk bahan sembako yang kamu jual. Tidak kemurahan karena bisa membuatmu rugi. Tidak kemahalan juga karena tentunya tak akan mendatangkan pembeli. Kedua, menentukan produk sembako apa saja yang akan dijual dan modal, serta mengetahui hambatan atau permasalahan yang sekiranya akan muncul di usaha sembako ini, sehingga kamu bisa menghindari atau meminimalisasinya.

2. Sediakan Modal Usaha

Modal usaha.
Modal usaha. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #2 yang juga harus kamu lakukan selanjutnya adalah menyediakan modal usaha. Semua usaha yang akan didirikan tentu saja akan membutuhkan modal, tak terkecuali usaha sembako yang akan kamu mulai tersebut. Modal yang akan dikeluarkan didasarkan oleh besaran usaha yang akan didirikan. Apakan usahamu tersebut besar atau kecil. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli bahan sembako, peralatan usaha lain, menyewa tempat, dan biaya operasional bulanan lainnya.

3. Sediakan Tempat Usaha

Tempat usaha.
Tempat usaha. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #3 yang harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah menyediakan tempat usaha. Kamu memiliki dua pilihan untuk penentuan tempat usaha ini, apakah kamu akan menyewa ruko baru atau kamu akan memanfaatkan rumahmu sendiri untuk mendirikan usaha sembako ini. Jika kamu memilih untuk memanfaatkan rumahmu sebagai tempat usaha, kamu bisa menekan biaya pengeluaran atau modal karena tak perlu menyewa ruko baru. Hanya yang perlu diperhatikan adalah tempat usaha tersebut harus strategis yaitu dekat dengan pemukiman, banyak dilewati orang, dan memiliki aksesibilitas kendaraan.

4. Cari Supplier Sembako

Supplier sembako.
Supplier sembako. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #4 yang juga harus kamu lakukan adalah mencari supplier sembako. Untuk membuka usaha sembako, tentunya kamu harus mencari pemasok sembakonya tersebut. Nah, carilah supplier sembako yang menjual bahan baku dengan sistem grosir, sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Darinya, tentu saja, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Pada saat memilih bahan baku pun, kamu harus memastikan kualitasnya ya!

Baca juga : Butuh Tambahan Penghasilan? Ini 6 Bisnis untuk Wanita Karir Sepertimu

5. Sediakan Peralatan Usaha

Peralatan toko
Peralatan toko. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #5 yang harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah menyediakan peralatan usaha. Tentu saja tokomu tersebut harus dilengkapi dengan peralatan, tidak kosong saja, bukan? Untuk itulah, isi tokomu dengan berbagai peralatan seperti etalase, meja, rak, kalkulator, dan lain sebagainya yang menunjang kemudahan usaha.

6. Desain Tempat Usaha

Desain toko.
Desain toko. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #6 adalah mendesain tempat usahamu tersebut. Maksudnya bagaimana? Saat peralatan sudah tersedia dan bahan baku sudah ada, kamu bisa menatanya dengan teratur dan rapi secara berkelompok, sehingga pembeli bisa mudah dalam menemukannya. Misalnya buah-buah, tatalah dengan rapi, jangan menatanya secara acak di antara produk sembako lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan tokomu.

7. Strategi Penjualan & Pelayanan

Strategi penjualan dan pelayanan.
Strategi penjualan dan pelayanan. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha sembako #7 yang harus kamu lakukan terakhir adalah menetapkan strategi penjualan. Tokomu sudah berdiri, tetapi belum ada pembeli satu orang pun? Maka, kamu harus melakukan strategi penjualan. Kamu bisa mengadakan strategi promosi yang menarik pada saat awal pembukaan tokomu tersebut, misalnya dengan memberikan diskon dan lain sebagainya. Selain itu, tetapkan juga bagaimana pelayanan yang akan diberikan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Itulah cara cara untuk membuka atau memulai bisnis sembako, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *