Tanggal:25 April 2024

5 Cara Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis untuk Bisnismu

Lokasi usaha merupakan salah satu faktor terpenting sebagai tempat menunjang berjalannya suatu bisnis. Pemilihan lokasi menjadi suatu strategi bisnis agar bisa mendekatkan usahanya dengan pelanggan. Oleh karena itu, penentuannya akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang dijalani, lho. Akan tetapi, keputusan lokasi sering bergantung kepada masing-masing bisnis.

Baca Juga : 5 Strategi Pembangunan Bisnis

Untuk keputusan lokasi bisnis industri, strategi yang digunakan adalah meminimalisir biaya pengeluaran. Sedangkan untuk bisnis eceran ataupun jasa profesional harus fokus pada memaksimalkan pendapatan. Namun bagi suatu perusahaan, faktor terpenting adalah dekat dengan segmentasi target pasar. Ketepatan pemilihan lokasi merupakan pertimbangan penting bagi seorang entrepreneur sebelum menjalankan bisnisnya. Hal ini terjadi karena pemilihan lokasi yang tepat akan menentukan kesuksesan suatu usaha.

Baca Juga : 7 Strategi Dalam Pengembangan Usaha

Selain itu, kalian wajib memelihara hubungan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sehingga, bisnis akan berkembang pesat dan bertahan dengan jangka waktu yang panjang. Kalian harus pintar membaca peluang, terutama saat memilih lokasi usaha. Pastikan tempat tersebut mudah diakses oleh pelanggan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran di Masa Pandemi

Langkah utama yang dapat kalian lakukan adalah perbanyak riset mengenai hal apa saja yang harus diurus saat memilih lokasi usaha. Perhatikan secara detail mulai dari perhitungan sampai mempelajari regulasi yang berlaku pada bisnis. Jangan sampai kalian tergiur toko dengan harga murah. Pikirkan dengan matang supaya tidak salah pilihan, ya. Ingin tahu strategi saat memilih lokasi usaha dengan tepat? Yuk, simak penjelasan dari Vocasia berikut ini hingga akhir!

Faktor Pemilihan Lokasi Usaha

Lokasi Strategis untuk Bisnis (Pixebay)

Pemilihan lokasi usaha dapat dianggap sebagai suatu keputusan investasi yang memiliki tujuan tertentu. Misalnya untuk mempermudah akses kepada pelanggan. Menentukan lokasi tempat untuk setiap bisnis merupakan tugas penting bagi pemilik bisnis. Hal itu karena apabila keputusan yang diambil salah, maka dapat berpotensi membuahkan kegagalan pada bisnis yang dijalankan.

Baca Juga : Tips Pemasaran Digital di Masa Pandemi

Menurut pandangan Fandy Tjiptono, pemilihan tempat ataupun lokasi usaha memerlukan pertimbangan yang cermat terhadap berbagai faktor, di antaranya :

1. Jalur akses

Akses yang dimaksud adalah lokasi yang dapat dilalui dengan mudah dan dijangkau oleh sarana transportasi umum.

2. Visibilitas

Lokasi atau tempat yang dapat dilihat dengan jelas dari jarak pandang normal. Contohnya seperti pinggir jalan yang banyak dilewati pengendara.

3. Lalu lintas (traffic)

Hal ini menyangkut dua pertimbangan utama yaitu:

  • Banyaknya orang yang berlalu-lalang bisa memberikan peluang besar terhadap terjadinya pembelian yang sering terjadi secara spontan.
  • Kepadatan dan kemacetan lalu lintas bisa juga menjadi suatu hambatan. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi yang memiliki tempat parkir yang luas, nyaman, dan aman, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

4. Ekspansi

Tersedianya tempat yang cukup luas sebagai antisipasi apabila ada perluasan di kemudian hari oleh pihak pembangunan.

5. Lingkungan

Daerah sekitar mendukung usaha yang kita jalani. Sebagai contoh restoran atau rumah makan yang berdekatan dengan daerah pondok pesantren, asrama, mahasiswa kampus, sekolah, perkantoran, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Temukan Peluang Bisnis dari Lingkungan Sekitar

Cara Ampuh Menentukan Lokasi Usaha

Ilustrasi Konsumen (Freepik)

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya kalian harus memastikan tempat yang disewa dan usaha yang kalian dirikan sudah memiliki perizinan yang jelas. Contohnya seperti izin mengenai analisis dampak lingkungan (AMDAL), izin mendirikan bangunan (IMB), serta izin gangguan (HO). Tentunya agar tidak mengalami kejadian yang tak terduga yang dapat merugikan usahamu nanti.

Baca Juga : Surat Izin Tempat Usaha

Jika kalian sudah mendapatkan izin, tindakan selanjutnya adalah memilih lokasi usaha yang paling strategis dengan bisnismu. Pastikan tidak ada pesaing yang terdapat pada lingkungan sekitar. Kalau kalian belum mengerti cara memilihnya, berikut ini Vocasia berikan tips ampuh menentukan lokasi usaha, di antaranya:

1. Perhatikan keramaian lingkungan

Lokasi usaha yang sering dilalui oleh banyak orang tentu menjadi incaran para pelaku bisnis. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Semakin tinggi tingkat mobilitas di lokasi tersebut, semakin tinggi pula kesempatan orang untuk mengunjungi usahamu. Jangan lupa untuk memperhatikan apakah lokasi usaha terhalangi oleh gedung dan infrastruktur lainnya atau tidak. Hal ini dapat merugikan kalian karena dapat membuat orang tidak menyadari bisnis yang kalian miliki. Dengan bertempat di area yang mudah terlihat oleh jangkauan pandangan, sudah pasti bisnis kalian akan banyak memperoleh perhatian dan memudahkan untuk melakukan promosi.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Laris 2022

2. Teliti dalam mengecek keamanan lingkungan

Faktor keamanan lingkungan juga sangat perlu kalian perhatikan dalam memilih lokasi usaha. Selain dapat menjamin keamanan bisnismu kelak, lokasi usaha di lingkungan dengan tingkat kriminalitas yang rendah dapat memberikan rasa aman kepada konsumen. Namun bila ingin pelayanan dan perlindungan maksimal, kalian juga dapat menambahkan kamera pengawas CCTV atau merekrut petugas keamanan di tempat usahamu. Sehingga, keamanannya dapat terjamin dan para pegawai serta pelanggan pun merasa terlindungi.

3. Memperhitungkan budget yang dikeluarkan

Jika mampu dan memiliki budget anggaran untuk membangun sendiri tempat usaha kalian, hal ini akan lebih menguntungkan dan bisa menjadi value tersendiri. Namun apabila harus menyewa, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tempat yang strategis tentu akan dibanderol dengan kocek yang cukup mahal oleh pemiliknya.

Perhitungan yang cermat harus kalian lakukan sebelum membuat keputusan kontrak sewa dengan pemiliknya. Pertimbangkan apakah keuntungan setiap bulan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional usaha. Biasanya akan ada kenaikan harga sewa ketika kalian ingin memperpanjang kontrak. Terutama, bila bisnis yang kalian bangun telah berkembang pesat dan memiliki konsumen yang loyal.

Baca Juga : Kenali Business Model Canvas

4. Memilih akses yang mudah dijangkau

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang mudah diakses. Kalian harus memperhatikan akses jalan menuju lokasi tersebut, apakah jalannya lebar dan dapat dilalui kendaraan atau tidak. Lokasi yang dapat dilalui oleh kendaraan akan lebih mudah dijangkau konsumen. Maka dari itu, faktor akses untuk memudahkan konsumen menjangkau bisnis yang kalian tawarkan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis.

Baca Juga : Validasi Ide dalam Rencana Bisnis

5. Lokasi dengan tingkat pendapatan penduduk yang relatif besar

Pendapatan penduduk yang ada di sekitar lokasi usaha bisnismu akan sangat berpengaruh bagi kelancaran bisnis. Sebab, apabila penduduk yang ada di sekitar lokasi memiliki pendapatan besar akan sangat menentukan daya belinya. Hal ini akan sangat berpengaruh pada strategi bisnis yang akan kalian terapkan.

Baca Juga : Strategi Marketing Bisnis Untuk Menaikkan Penjualan

Kalian tentu tidak bisa menjual produk dengan harga mahal pada masyarakat yang berfinansial menengah ke bawah. Dengan memilih lokasi yang dipertimbangkan berdasarkan tingkat pendapatan penduduknya, kalian akan lebih mudah dalam membuka usaha yang tepat dan membidik pangsa pasar sesuai dengan target yang diharapkan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

Nah, itulah informasi seputar memilih lokasi usaha. Silakan coba terapkan cara di atas, ya. Dengan memilih lokasi yang strategis, kalian akan memperoleh banyak keuntungan. Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *