Tanggal:29 March 2024

Yuk, Atasi Self Talk Negatif Dengan Cara Ini!

Kamu pasti sering sekali berbicara pada dirimu sendiri. Biasanya ketika kita berbicara pada diri kita. kita berusaha untuk mencoba mengendalikan agar kita tidak melakukan sesuatu yang buruk melalui pikiran kita. Bicara atau berdialog pada diri sendiri ini disebut dengan Self Talk. Biasanya dialog dengan diri sendiri atau self talk ini dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar kita. Dan umumnya self talk mengungkapkan pikiran, kepercayaan, pertanyaan, dan ide-ide yang hadir didalam benak pikiran kita.

Self talk ini terbagi menjadi dua tipe, pertama  self talk positif yaitu berdialog dengan diri sendiri di sisi positif. Seperti mencoba menanamkan hal-hal yang positif dalam pikiranmu. Dan yang kedua, self talk negatif yaitu berdialog dengan diri sendiri di sisi negatif. Seperti mencoba mengatakan hal-hal yang negatif, dan juga mengkritik dirimu sendiri secara habis-habisan.

Walaupun mengkritik dirimu itu dapat membantu untuk mendapatkan tujuan yang baik. Namun jika kamu mengkritik dirimu terus-menerus, maka kamu akan stress dan menjadi tidak bahagia. Selain itu self talk negatif ini mempunyai dampak buruk di kehidupanmu. Simak dibawah ini, dampak buruk dari self talk negatif, ya!

Dampak Buruk Self Talk Negatif

Dilansir dari sehatq, inilah dampak buruk yang akan terjadi jika kamu terus-terusan berbicara hal negatif pada dirimu sendiri.

  • Pemikiran Menjadi Terbatas

Karena seringnya mendengarkan hal-hal yang buruk dari pikiranmu, maka kamu mempercayai bahwa hal itu benar adanya. Sehingga pemikiranmu akan berhenti disitu saja.

  • Perfeksionis

Orang-orang yang selalu berbicara hal-hal yang buruk pada dirinya, selalu menganggap bahwa apapun yang dia kerjakan itu tidak memusakan. Alhasil dirinya menuntut segala kesempurnaan atas pekerjaannya. Padahal tidak semua hal harus kamu kerjakan dengan sempurna. Karena semua manusia pasti memiliki keterbatasan.

  • Perasaan Depresi

Seseorang yang selalu berbicara negatif terus-menerus pada dirinya sendiri lama kelamaan akan mengalami depresi. Karena mereka selalu dihantui oleh pikiran-pikiran negatif, yang akan membuat hidupnya tidak bahagia.

  • Muncul Tantangan Dalam Membina Hubungan Dengan Orang Lain

Tanpa disadari, self talk negatif akan dapat membuat seseorang memiliki kebiasaan yang mengganggu orang lain. Seperti perasaan minder, kurang percaya diri, dan menjadi tidak sabaran saat menghadapi suatu hal.

Self talk negatif ini perlu diatasi agar tidak merugikan diri kita sendiri. Jika kamu bisa mengatasi self talk negatif dan kemudian menggantinya menjadi self talk positif maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat baik di kehidupanmu. Beberapa manfaatnya sangat baik untuk kesehatan mentalmu seperti mengurangi stress, dan penderitaan, serta menjadi penyemangat hidupmu. Tak hanya itu saja, ada juga manfaat baik untuk kesehatan tubuhmu. yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Oleh karena itu penting sekali untuk kita agar bisa mengatasi self talk negatif. Namun kamu nggak perlu khawatir nih. Disini kita akan kasih tau kamu gimana cara mengatasinya. Yuk, simak dibawah ini ya!

5 Cara Mengatasi Self Talk Negatif

1. Selalu Bertanya Pada Dirimu

Ilustrasi Tanda Tanya(pexels.com/pixabay)

Bertanyalah pada dirimu apakah yang kamu pikirkan itu sudah benar. Ataukah pikiran tersebut hanya berlebihan saja. Nyatanya pikiran negatif yang ada pada dirimu itu hanya dilebihkan saja. Saat kamu berpikir negatif kamu akan jauh dari realita yang terjadi sesungguhnya, karena kamu mematok apa yang kamu pikirkan itu sudah benar adanya.

Pahami bahwa setiap pikiran negatif yang terlintas itu tidak selalu menjadi kenyataan. Kamu harus sadar saat sudah mulai berpikiran negatif. Tanyakan terlebih dahulu apakah hal itu benar, kemudian pahamkan dirimu bahwa apa yang sedang kamu pikirkan itu belum tentu benar. Jadi jangan memaksakan dirimu ya! enjoy saja.

2. Temukan Hal Yang Lucu Setiap Kali Pikiran Negatif Datang

Ilustrasi Seorang Pria Berpikir(pexels.com/andrea piacquadio)

Setiap kali pikiran negatifmu datang menghampirimu yang pertama adalah jangan menganggap hal itu terlalu serius. Agar kamu lebih tenang dalam menghadapinya, kamu bisa memandang pikiran negatifmu itu lucu. Seperti mengapa kamu memikirkan pikiran yang aneh itu, atau kamu juga bisa membuat sebuah nama panggilan dari pikiran negatif itu. Dengan kamu memberikan nama panggilan yang lucu maka kamu bisa mengekspresikan dirimu sendiri, sehingga dapat mengurangi beban pikiranmu yang negatif itu. Kamu juga bisa menertawakan dirimu agar pikiranmu lebih lepas. Menertawakan dirimu ini juga bisa bantu dirimu supaya terhindar dari stress, dan juga lebih menikmati hidupmu.

3. Ubahlah Pandanganmu Menjadi Lebih Positif

Ilustrasi Wanita Tersenyum Bahagia(pexels.com/julia avamotive)

Saat kamu berpikir negatif, cobalah untuk mengubahnya ke pandangan yang lebih positif. Seperti saat kamu berkata dalam pikiranmu “Aku tidak cukup baik”. Ubahlah perkataan tersebut menjadi “Aku sudah berusaha semaksimal mungkin, dan aku mencintai diriku sendiri”. Dengan kamu mengubah pandanganmu menjadi lebih positif kamu akan bisa menangkal segala pikiran negatif yang coba datang menghampirimu.

4. Terapkan Pola Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi Gaya Hidup Sehat(pexels.com/nathan cowley)

Dengan menerapkan pola gaya hidup sehat, kamu bisa membuat tubuhmu sehat, dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Alhadil gaya hidup sehat dapar mengatasi pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam pikiranmu. Kamu bisa menerapkan pola gaya hidup sehat dengan cukup berisitirahat, penuhi segala nutrisi ditubuhmu, dan juga melakukan olahraga. Jadi, ayo terapkan pola gaya hidup sehat mulai sekarang!

5. Bangun Pertemanan Yang Positif

Ilustrasi Teman(pexels.com/pixabay)

Untuk membantumu mengatasi self talk negatif ini kamu bisa membangun circle pertemanan yang positif. Orang-orang positif yang berada disekitarmu bisa menjadi tempat curahan hatimu agar bisa terbebda dari pikiran yang negatif.

Nah itu tadi lima cara bagaimana cara mengatasi self talk negatif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba, dan tetap semangat guys!

Baca Juga : Girls, Begini Lho 7 Tips Mengatasi Mood Swing Saat Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *