Tanggal:21 July 2024
apa itu shadowban? (pexel.com)

Yuk Ketahui Apa Penyebab Akun Instagrammu Terkena Shadowban dan Cara Mengatasinya

Banyak Instagrammer masih melaporkan bahwa akun mereka tampaknya telah diblokir, meskipun klaim Instagram baru-baru ini bahwa pelarangan bayangan sebenarnya bukan apa-apa. Jumlah pengikut mereka telah turun, mereka tidak menerima banyak like di foto mereka seperti dulu, dan pos mereka tampaknya tidak muncul di bawah tagar yang mereka gunakan. Jadi apa yang terjadi, jika bukan shadowban Instagram yang ditakuti?

apa Itu Instagram Shadowban?

“Shadowban” bukan istilah resmi Instagram, tetapi kami tahu bahwa Instagram memiliki kekuatan untuk tidak memprioritaskan akun di aplikasi. Postingan dapat disembunyikan atau dibatasi, seringkali tanpa sepengetahuan pengguna.

Ini dapat membuat konten (atau akun) Anda tidak dapat ditemukan melalui tagar dan halaman Jelajahi. Dan dalam beberapa kasus  konten dapat dihapus sepenuhnya.

Ketika akun Anda terkena shadowbanned dapat mengurangi jangkauan, membatasi siapa yang dapat melihat posting Anda, dan sangat memengaruhi keterlibatan.

Dan dengan begitu banyak ketidakpastian seputar shadowban Instagram, bisa jadi menakutkan bagi pembuat konten dan pemilik bisnis yang mencoba mengembangkan komunitas mereka dan menjangkau pemirsa baru.

Penyebab Shadowban

Ada beberapa kemungkinan alasan akun Anda terkena shadowbanned. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi, mari kita jelajahi beberapa tindakan yang mungkin telah Anda lakukan yang menyebabkan Anda terkena shadowbanned.

  • menggunakan bot

Menggunakan bot adalah taktik spam, dan dapat mengakibatkan larangan shadowbanned.

  • menggunakan hastag yang terlarang

Terkadang, tagar populer akan dibanjiri dengan konten yang tidak pantas. Ketika ini terjadi, Instagram dapat menghapus hashtag atau membatasi penggunaannya. Jika Anda menggunakan tagar yang rusak, itu akan mencegah peringkat tagar Anda yang lain, dan juga dapat mengakibatkan akun diblokir.

  • Akun Anda sering dilaporkan

Ketika pengguna berulang kali melaporkan sebuah akun, Instagram akan menganggap akun Anda memposting konten yang tidak pantas atau melanggar persyaratan layanan mereka. Mereka mungkin menonaktifkan akun Anda, atau mereka dapat membayanginya.

  • Anda memposting, mengomentari, atau mengikuti orang terlalu cepat.

Instagram menempatkan batasan waktu pada seberapa sering Anda dapat mengikuti, berhenti mengikuti, menyukai, berkomentar, atau memposting dalam satu jam atau hari. Ini masuk akal — jika Anda mengikuti 80 orang dalam satu jam, kemungkinan bot yang melakukan pekerjaan itu, bukan Anda.

Tindakan ini mungkin membantu Anda menumbuhkan pengikut dengan cepat, tetapi tindakan tersebut tidak dapat membantu Anda terhubung dengan orang yang tepat, itulah sebabnya Anda berada di Instagram sejak awal. Selain itu, perilaku ini kemungkinan menghasilkan shadowban, yang sangat membatasi eksposur Anda ke audiens baru.

cara menghilangkan shadowban di Instagram

Tidak ada yang tahu pasti berapa lama shadowban memiliki efek negatif pada akun Anda. Beberapa pengguna mengatakan dua minggu, sementara yang lain menduga itu bisa berlangsung lebih lama.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk semoga memperbaiki akun Anda sesegera mungkin.

  1. Hentikan Aktivitas Yang Melawan Ketentuan Layanan

Ini termasuk menggunakan taktik keterlibatan murah seperti pod Instagram untuk suka, komentar, dan pengikut. Atau menggunakan segala jenis aktivitas bot Instagram untuk mengotomatiskan keterlibatan. Algoritma Instagram sulit untuk dibodohi. Aplikasi apa pun yang telah menghindari tindakan keras terhadap aktivitas bot tidak akan bisa bertahan lama.

Tidak ada bukti nyata bahwa aktivitas seperti ini membuat Anda terkena larangan bayangan. Tapi, lebih baik bermain aman. Minimal, Anda dapat mengunci akun Anda selama 24-48 jam – atau ditutup sepenuhnya.

  1. Cabut Izin Untuk Aplikasi Pihak Ketiga yang Tidak Disetujui

Ada banyak sekali aplikasi di luar sana yang memerlukan akses ke Instagram Anda agar berfungsi. Apakah Anda menggunakan aplikasi untuk memantau mengikuti dan berhenti mengikuti, mencari tagar, atau mengotomatiskan keterlibatan? Berita buruk: ini semua adalah larangan utama.

 

Anda hanya boleh mengizinkan izin dari Mitra Instagram yang disetujui dan tepercaya yang memiliki izin untuk mengakses API Instagram.

  1. Hindari penggunaan hastag yang dilarang atau dibatasi

Menggunakan tagar terbatas dapat membatasi keterlibatan Anda. Menggunakan tagar ini berulang kali dapat menyebabkan akun Instagram Anda ditutup.

Selalu periksa hashtag Anda dengan hati-hati. Biasakan melakukan pencarian cepat sebelum menambahkan hashtag baru ke campuran Anda untuk memastikan mereka tidak dibatasi. Jika Anda menggunakan hashtag terbatas, Anda dapat mengedit posting Anda dan menghapus hashtag itu saja.

  1. Hubungi Instagram

Pengikut tidak dapat melihat kiriman umpan Anda atau menemukan Anda di halaman Jelajahi? Sebaiknya berikan catatan ke Dukungan Instagram untuk melihat apakah mereka dapat meninjau. Untuk melakukannya, Buka Profil > Menu > Pengaturan (ikon Roda Gigi) > Bantuan > Laporkan Masalah.

Jangan menyebutkan shadowban, beri tahu mereka bahwa pengikut Anda tidak dapat melihat posting Anda dan itu berdampak negatif pada bisnis Anda.

Nah, itulah penjelasan singkat dari Glints mengenai penyebab dan cara mengatasi shadowban di Instagram.

Dengan mengetahui ini, maka kamu dapat menggunakan Instagram lebih bijak lagi dan fokus pada pembuatan konten yang sesuai dengan kebijakan Instagram.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *