Tanggal:21 July 2024

6 Cara Menghasilkan Uang Jika Kamu Pintar Coding

Seperti halnya manusia, komputer juga memiliki cara berkomunikasi. Bahasa yang dipakai oleh komputer bukanlah bahasa manusia, melainkan kode atau bahasa mesin. Struktur bahasa mesin sangat sederhana karena hanya terdiri dari dua angka, yakni digit 0 dan 1. Hal ini biasa disebut bentuk biner. Kamu memang bisa saja memberi instruksi kepada komputer menggunakan bahasa mesin. Hanya saja, cara seperti ini sangat tidak praktis dan butuh waktu lama. Sebagai solusinya, lahirlah bahasa pemrograman yang memberi sarana untuk melakukan komunikasi dengan komputer jadi lebih mudah. Dalam bahasa yang sederhana, coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Tanpa adanya coding dari programmer, komputer tidak bisa melakukan apa-apa, hanya berupa tumpukan besi biasa.

Langkah Menghasilkan Uang Dari Coding :

1. Bekerja Di Suatu Perusahaan

Coding – Source : https://cdn-2.tstatic.net/google-office-apple-office_20180621_170910.jpg

Kamu bisa bekerja diperusahaan tersebut menjadi Designer Web, Front-End Developer, Back-End Developer atau Full-Stack Developer misalnya diperusahaan tersebut.

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling gampang untuk dibayangkan oleh sebagian orang.

Keuntungan atau benefit yang bisa kamu dapat ketika bekerja disuatu perusahaan adalah keuntungannya stabil, tunjangan dan lain-lain. Bahkan bisa melebihi ekspetasi kamu dan kamu juga pasti akan mendapatkan jenjang karir yang baik.

Baca juga: Software editing yang hits di sosial media

2. Menjadi Freelance (Pekerja Lepas)

Source : @Unplash

Cara yang kedua ini adalah menjadi Freelance atau Pekerja Lepas, dengan cara ini kamu tidak akan terikat oleh kontrak dari suatu perusahaan. Kamu cuma diminta sesuai permintaan Client. Justru, dengan cara ini kamu bisa dengan lebih mudah mengatur pendapatan yang kamu inginkan.

Baca juga: Perjanjian bisnis dengan teman

3. Membuat Produk Digital

Source : https://strategimanajemen.net/20160711115215-Mobile-Business.jpeg.jpg

Cara yang ketiga ini adalah membuat produk digital, kamu bisa membuat berupa Plug-In atau sebuah Library.

Bisa kamu membuat sebuah Plug-In atau Extentions untuk kebutuhan Visual Studio Code dll. Atau kamu juga bisa membuat sebuah Online Course seperti BootCamp agar orang yang ingin belajar pemrograman bisa ikut BootCamp yang kamu buat dan kamu pastinya akan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: 7 manfaat self healing

4. Content Creation

Source : https://www.boleh.id/bolehtau/wp-content/uploads/2020/01/images-17.jpeg

Dengan menjadi content creation kamu juga bisa mendapatkan keuntungan.

Disini kamu bisa membuat sebuah Video Tutorial, Tulisan, dan Micro Blog atau Kreatif Konten yang bisa kamu post di Sosial Media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tik-Tok yang berisi segala sesuatu tentang programming atau dunia coding. Untuk Video bisa kamu taro di Youtube dan Tik-Tok, Tulisan bisa kamu taro di layanan penyedia seperti Blogger dan WordPress, Micro Blog bisa kamu taro di Sosial Media kamu.

Baca juga: Cara membuka bisnis hidroponik

5. Membuat SAAS (Software as a Service)

Source : https://www.avsystem.com/media/avssite/news/01_title_SaaS-explained_WixqlhJ_1.png

Untuk cara yang kelima ini memang tidak mudah tetapi tidak mustahil untuk di coba selagi kamu memiliki skill. Membuat SAAS adalah seperti kamu membuat software yang bisa digunakan para calon user kalian untuk berlangganan seperti Drop Box, Trello, Zoom, Figma, dan Canva.

Dan untuk cara yang terakhir adalah Project Open Source.

Baca juga: Kiat sukses interview kerja

6. Project Open Source

Source : https://miro.medium.com/max/1024/1*MnJBb5qalimr1Ji7bKJctQ.jpeg

Kamu bisa membuat sebuah produk yang bermanfaat untuk user dan itu gratis. Untuk keuntungan yang akan kamu dapat bisa berupa donasi misal, suatu user merasa produk yang kamu buat ini sangat bermanfaat user itu pun tidak akan ragu untuk berdonasi.

Contoh Project Open Source yang kali ini akan dibahas adalah seperti aplikasi Library atau Framework yang sering sekali kamu gunakan seperti Bootstrap, Laravel, React.

Baca juga: Tips menjadi seorang barista

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *