Tanggal:29 March 2024

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Dengan Mudah!

Memiliki kulit yang halus dan bersih pasti keinginan semua orang, saat mengalami luka dan meninggalkan bekas luka, apalagi bekas luka kaki yang sulit untuk dihilangkan, pasti kamu ingin bekas luka tersebut hilang bukan? Agar kulit kamu halus dan bersih. 

Bekas luka yang ada di kaki umumnya cenderung menghitam dan sulit untuk dihilangkan. Jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan penampilan tentu saja hal ini akan sangat mengganggu hingga dapat berpotensi menurunkan rasa percaya diri kamu.

Bekas luka yang sulit dihilangkan biasanya karena pada saat luka mengering dan terasa gatal malah digaruk dan akhirnya menimbulkan bekas luka. Banyak orang menggunakan salep untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat padahal belum tentu cara tersebut benar.

Karena pada dasarnya menghilangkan bekas luka membutuhkan kesabaran dan proses yang lama. Beberapa bekas luka di kaki, seperti luka lecet yang diakibatkan terjatuh, tergores, teriris benda tajam, luka bakar, cacar air, hingga luka yang disebabkan oleh iritasi pada kulit biasanya sulit hilang sepenuhnya. Namun, bekas luka bisa disamarkan. Jangan khawatir, bekas luka salah satunya di kaki, bisa kamu atasi dengan sejumlah bahan alami yang bisa kamu manfaatkan, simak berikut ini. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara alternatif menghilangkan bekas luka di kaki kamu, di antaranya:

1. Lemon

Buah Lemon Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Kamu bisa memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas luka terutama di kaki, lho! Karena lemon terkenal kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, lemon memiliki kandungan hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka pada kaki akan memudar seiring berjalannya waktu. 

Cara penggunaan lemon untuk bekas luka sangat mudah, hanya dengan mengoleskan perasan lemon pada bekas luka di kaki, maka bekas luka tersebut akan segera memudar karena lemon merupakan alat bleaching yang alami. Lakukan cara ini secara rutin pada malam serta pagi hari agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

2. Madu

Madu Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Siapa yang di rumah punya madu? Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka pada kaki, lho! Madu dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan madu: Ambil 1 sdm madu, lalu oleskan pada bekas luka di kaki, setelah itu diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Apakah kamu memiliki tanaman lidah buaya di rumah? Jangan disepelekan, karena lidah buaya dapat menjadi bahan untuk menghilangkan bekas luka di kaki! Lidah buaya juga bisa dijadikan bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki yang menghitam. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

4. Mentimun

Mentimun Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Segera di cek, apakah di kulkas kamu terdapat mentimun? Bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka, lho! Mentimun yang kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat mengobati iritasi karena bekas luka.

Hal ini sendiri dikarenakan kandungan zat silika yang dimilikinya. Zat ini juga dipercaya mampu mengikis luka bahkan menghilangkan bekasnya lebih maksimal. Perannya dalam membantu meningkatkan produksi kolagen dan atasi kerusakan yang terjadi pada area bekas luka.

Langkah-langkahnya sendiri sangat mudah, cukup Iris tipis-tipis mentimun yang masih dalam kondisi bagus. Sebelum tidur, tempelkanlah irisan mentimun ini ke seluruh bagian yang bekas luka. Diamkan kurang lebih 30 menit. Saat sudah selesai pastikan membasuhnya kembali dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga: https://vocasia.id/blog/manfaat-buah-alpukat-untuk-kesehatan/

5. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka menghitam di kaki karena kandungan zat linoleic acid di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Kamu hanya cukup mengoleskan langsung minyak zaitun ke bekas luka sambil memijit secara perlahan area tersebut selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

6. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Cara menghilangkan bekas luka di kaki berikutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit. Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan jeruk nipis: belah buah jeruk menjadi dua bagian, oleskan pada kulit secara merata, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung zat asam yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi produksi sebum, serta mencegah infeksi bakteri, dan mengurangi peradangan. Oleh karenanya cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama dalam menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat.

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih, kemudian oleskan campuran cuka sari apel tersebut dengan menggunakan bola kapas ke kulit. Jika kulit sensitif, kamu hanya perlu membuat larutan air cuka yang lebih encer, yakni dengan 2 sendok teh cuka apel dan 5–7 sendok makan air bersih.

8. Kentang

Kentang Untuk Menghilangkan Bekas Luka (Sumber: Pexels)

Kentang tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, kentang juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan, termasuk di antaranya menghilangkan bekas luka. Kentang memiliki kandungan enzim yang disebut juga sebagai katalase yang menekan produksi melanin berlebih pada kulit.

Selain itu, vitamin C, vitamin B6, serta potasium dan niacin yang terkandung di dalam kentang, juga menjadi pilihan tepat dalam memudarkan bintik-bintik atau pigmentasi pada kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan kentang sendiri cukup mudah, hanya dengan mengirisnya menjadi bulatan tebal. Dengan gerakan memutar, gosok irisan kentang pada area bekas luka.

Setelah irisan kentang mulai mengering, buang kemudian lanjutkan menggosok dengan irisan lain. Lanjutkan kegiatan menggosok dan mengganti selama kurang lebih 20 menit. Kemudian biarkan bekas luka mengering dengan sendirinya dalam waktu 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Secara Medis

1. Dermabrasi 

Dermabrasi dapat dilakukan untuk mengatasi bekas luka pada area kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini sendiri dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka serta merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit kemudian tampak lebih halus dan merata.

2. Mikrodermabrasi

Prosedur ini umumnya dilakukan pada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, serta garis halus, bintik penuaan, dan masalah lainnya, seperti wajah kusam. Baik dermabrasi atau mikrodermabrasi kemudian dapat dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit.

3. Suntikan Kortikosteroid 

Suntikan kortikosteroid cocok bagimu dengan bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Suntikan ini kemudian dapat membantu melunakkan jaringan bekas luka serta mengecilkan benjolan di kulit yang muncul karena bekas luka. Namun, cara menghilangkan bekas luka di kaki ini sendiri perlu dilakukan beberapa kali serta membutuhkan waktu cukup lama agar hasilnya kemudian dapat terlihat.

4. Laser Resurfacing

Laser resurfacing hampir sama dengan dermabrasi, akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih singkat jika dibandingkan perawatan dengan jenis laser terdahulu. Penggunaan laser jenis baru dalam perawatan kulit ini kemudian dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa harus menghilangkan lapisan atas kulit.

Itulah, cara menghilangkan bekas luka di kaki baik secara alami maupun medis, untuk kamu yang memiliki bekas luka tidak perlu khawatir lagi! Lakukan dengan bahan alami terlebih dahulu, jika tidak ada perubahan maka lakukan dengan medis, semoga bermanfaat, ya.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *