Tanggal:25 April 2024

Cara Menjadi Moderator Presentasi, Tips dan Contoh Teks

Halo Sobat Vocasia!

Mengadakan presentasi adalah hal yang sering dilakukan oleh orang. Ada yang berani karena sudah terbiasa dan ada juga yang masih bersikap ragu saat mau melaksanakan presentasi.

Peran utama moderator dalam presentasi adalah menjadi pemegang kendali di sesi-sesi tertentu dalam kegiatan presentasi. Tetap saja moderator dan narasumber harus bekerja sama agar materi presentasi yang disampaikan itu baik dan enak dilihat oleh penonton.

Kali ini Vocasia akan menyampaikan artikel tentang cara menjadi moderator presentasi yang baik dan benar, serta tips-tips dan contoh teks kalimatnya. Ayo ikuti penjelasannya!

Tips menjadi moderator presentasi

Sebelum menjelaskan cara-cara yang harus dilakukan sebagai moderator presentasi, mimin punya beberapa tips yang bisa membantu sobat dalam menjadi moderator yang baik. Berikut adalah tips-tipsnya:

1) Kuasai materi yang akan disampaikan

Menguasai materi presentasi adalah sebuah keharusan bagi moderator. Memiliki pengetahuan mengenai materi presentasi yang akan dipresentasikan bisa membuat moderator lebih diperhatikan oleh penontonnya.

2) Kenali siapa penonton presentasimu

Mengenali penonton presentasi bisa memberikan moderator sebuah ide untuk menghadapi pertanyaan yang diajukan. Tak hanya itu, moderator juga akan mudah dalam menyesuaikan bahasa yang digunakan.

3) Lakukan penelitian

Penelitian disini adalah meneliti materi serta calon penonton presentasi yang dilakukan untuk mempersembahkan presentasi yang cocok bagi penonton.

4) Lakukan simulasi presentasi

Mengadakan simulasi presentasi dilakukan sebagai latihan awal untuk menghindari dan mengantisipasi kesalahan saat hari pelaksanaan. Sobat bisa melakukannya di ruangan yang agak besar untuk mensimulasikan acara yang akan diadakan.

5) Adakan komunikasi dengan penonton

Tugas moderator tidak hanya memoderasi jalannya presentasi, tetapi juga sebagai komunikator kepada penonton. Oleh sebab itu, moderator juga harus berbicara kepada penonton. Hal itu bisa dilakukan dengan menyampaikan beberapa candaan sederhana.

Setelah mengetahui tips-tips yang bisa diterapkan saat menjadi moderator, ayo mimin lanjutkan dengan cara-cara menjadi moderator yang baik dan benar

Cara menjadi moderator presentasi

Bagian ini akan menjelaskan tentang cara-cara menjadi moderator presentasi yang baik:

1) Kuasai materi dengan baik

Materi presentasi adalah tujuan utama diadakannya presentasi. Oleh sebab itu, menguasai materi akan sangat diperlukan bagi moderator karena ini menyangkut kecakapannya dalam menghadapi penonton.

2) Buatlah situasi acara yang menyenangkan

Sebagai moderator, sobat harus bisa membuat suasana yang menyenangkan. Agar presentasi yang disampaikan tidak terkesan membosankan, moderator juga bisa menyelipkan kuis dan candaan sederhana.

3) Tampil dengan percaya diri dan tanpa keraguan

Ini adalah hal yang terpenting saat menjadi moderator. Sobat harus bisa tampil percaya diri di depan penonton. Tak lupa, jangan bersikap ragu saat ingin berinteraksi dengan penonton karena ini akan menjadi nilai tambah sobat dalam menjadi moderator.

Contoh teks yang dibacakan oleh moderator

Berikut adalah bentuk teks yang dibaca oleh moderator.

Template teks moderator (gambar 1). Sumber: Vocasia

template teks moderator (gambar 2). Sumber: Vocasia

Template teks moderator (gambar 3). Sumber: Vocasia

Bisa dilihat dari template di atas bahwa teks moderator memiliki beberapa bagian, yakni salam dan pembukaan, penyampaian presentasi, sesi tanya jawab (QnA), dan salam penutup. Template di atas bisa sobat gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Sekian artikel mengenai cara menjadi moderator dalam presentasi. Semoga artikel ini bisa membantu sobat-sobat.

Sobat ingin meningkatkan keahlian public speaking, ayo segera mendaftar ke kursus “Reform Your Public Speaking Skill With DaffaSpeaks”. Dalam kursus ini sobat akan diajari tentang penerapan keahlian public speaking yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, termasuk presentasi.

Ayo bergabung dengan MENEKAN TOMBOL DI BAWAH INI!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *