Tanggal:29 March 2024

8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah!

Saat bersama orang lain, tentu kita ingin memiliki rasa percaya diri, selain menjaga kesehatan kulit wajah, kamu perlu memperhatikan kesehatan mulut juga penting, lho. Kesehatan mulut mengacu pada kesehatan gigi, gusi, dan seluruh sistem pada bagian mulut dan wajah yang memungkinkan kita untuk tersenyum, berbicara, dan mengunyah. 

Gigi Sehat Tampak Lebih Percaya Diri (Sumber: Pexels)

Kondisi mulut sering dianggap terpisah dari kondisi kronis lainnya, tetapi sebenarnya saling berkaitan. Kesehatan mulut yang buruk dapat dikaitkan dengan penyakit kronis lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung. Beberapa penyakit yang paling umum memengaruhi kesehatan mulut kita, termasuk gigi berlubang (kerusakan gigi), penyakit gusi (periodontal), dan kanker mulut.

Penyakit mulut juga dikaitkan dengan perilaku berisiko, seperti merokok dan mengonsumsi makanan dan minuman manis, lho. Kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu penyebab dari penyakit gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut, hanya sekitar 10,2% yang telah mendapatkan pelayanan medis. Prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi (93%) dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang. 

Oleh karena itu, sangat perlu untuk mulai melakukan tindakan pencegahan gigi berlubang sejak dini. Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut ? Yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah agar kesehatan gigi dan mulut kamu bisa terjaga secara maksimal.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Rutin Periksa Ke Dokter Gigi (Sumber: Pexels)

Kondisi mulut yang kotor, asam, dan lembab, bisa mempermudah pertumbuhan bakteri mulut penyebab penyakit. Selain pada mulut, bakteri ini bisa masuk ke aliran darah dan menuju organ tubuh lainnya.

Salah satu bakteri berbahaya yang dapat menyebar dan memicu gangguan pada organ tubuh ialah Porphyromonas gingivalis (Pg). Bakteri ini diketahui menyebabkan masalah gusi. Oleh sebab itu, kamu harus menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut melalui kebiasaan sehari-hari, di antaranya:

1. Sikat Gigi Dengan Benar dan Teratur

Menyikat gigi dengan benar membantu menjaga gigi dan gusi kamu tetap sehat dan bersih. Sikat gigi dilakukan dua kali sehari dengan sikat berbulu lembut. Ukuran dan bentuk sikat harus pas dengan mulut sehingga dapat menjangkau semua area dengan mudah. Teknik menyikat gigi yang benar, di antaranya:

  • Tempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke gusi.
  • Gerakkan sikat secara perlahan ke depan dan ke belakang dengan gerakan pendek (selebar gigi).
  • Sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan kunyah gigi.
  • Untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa sapuan ke atas dan ke bawah.

Cara sikat gigi yang tidak benar juga bisa membuat plak gigi malah menumpuk dan mengeras. Lama-kelamaan, ini bisa menyebabkan radang gusi (gingivitis). Teknik menyikat gigi yang benar harus kamu lakukan secara lembut. Lakukan juga gerakan memutar dan memijat gigi selama sekitar dua menit.

Baca JugaCara menghilangkan bau mulut secara alami

2. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur mengandung Listerine, klorin dioksida yang sangat membantu dalam membunuh bakteri di mulut kamu. Selain itu, membantu menjaga nafas teteap segar dan membantu menjaga gigi yang kuat. Selain penggunaan obat kumur, kamu bisa menggunakan larutan garam, sama efektifnya dengan chlorhexidine untuk mencegah peradangan setelah operasi gigi dan mulut.

3. Hindari Merokok

Kandungan tembakau dalam rokok dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Pada kondisi yang lebih parah, merokok juga meningkatkan risiko penyakit gusi, kehilangan gigi, bahkan kanker mulut. Maka dari itu, ada baiknya kamu berhenti merokok.

4. Minum Lebih Banyak Air Putih

Air putih atau air mineral merupakan minuman terbaik untuk kesehatan kamu, termasuk juga bagi kesehatan mulut. Minum air putih bisa membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi. Dengan minum air putih, kamu juga dapat mencegah mulut kering yang bisa menyebabkan gangguan mulut lain, seperti bau mulut dan kerusakan gigi. 

Orang dewasa berukuran rata-rata harus minum 2 liter air sehari agar kita tetap terhidrasi dengan baik. Jika kita menjadi kurang terhidrasi, tubuh menghentikan produksi air liur untuk melestarikan air yang berfungsi sebagai pendukung kehidupan.

Baca Juga: Cara menghilangkan cegukan terus menerus

5. Batasi Konsumsi Makanan Manis Dan Asam

Konsumsi makanan manis memang sebaiknya tidak berlebihan. Karena makanan ini akan diubah menjadi asam oleh bakteri mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi.

Konsumsi makanan atau minuman asam juga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang (karies). Sebagai salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, ada baiknya kamu membatasi konsumsi makanan manis dan asam setiap harinya.

6. Konsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi untuk gigi juga diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu. Makanan sehat dan bergizi yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, protein hewani dan nabati, serta produk susu, bisa memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kalsium dan vitamin lainnya diperlukan untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang. Lebih baik konsumsi susu, yogurt, brokoli, keju, dan produk susu lainnya. Vitamin B kompleks juga diperlukan untuk kekuatan gusi dan gigi dari retak dan berdarah. Vitamin lain, seperti Ttmbaga, seng, yodium, zat besi, dan kalium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.

7. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Untuk menjaga kebersihan mulut yang tepat, pastikan kamu mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk mendapatkan perawatan menyeluruh. Pemeriksaan umum dilakukan dengan sinar-x untuk membantu mendeteksi dan mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut .

8. Bersihkan Lidah Setiap Hari

Selalu bersihkan permukaan lidah kamu setiap hari. Disarankan menggunakan alat pembersih lidah yang dapat membantu menghilangkan banyak bakteri, terutama di permukaan atas lidah yang lebih kasar dan menyebabkan bau mulut sehingga berdampak negatif pada kesehatan gigi kamu.

Nah, itulah penjelasan seberapa pentingnya menjaga kesehatan mulut, dan beberapa cara menjaga kesehatan mulut agar bisa kamu terapkan sehari-hari. Tetap menjaga kesehatan mulut, ya.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *