Tanggal:29 March 2024

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Bila kamu tengah mengembangkan blog sebagai bagian dari strategi content marketing brand, ada banyak hal lho, yang harus kamu pertimbangkan dengan amat matang. Terutama saat membuat kontennya. Sebab menulis artikel dengan baik saja belumlah cukup. Kamu juga harus membuat artikel tersebut ramah mesin pencari.

Nah, untuk melakukannya kamu perlu tahu dulu cara membuat artikel SEO Friendly. Artikel SEO friendly merupakan artikel yang dibuat sesuai dengan teknik Search Engine Optimization (SEO), sehingga mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat. Dengan begitu artikelmu akan mengikuti aturan algoritme Google terbaru dan menarik bagi pembaca.

Penasaran, bagaimana cara menulis artikel SEO friendly? Untuk mengetahuinya, berikut kami bagikan tips menulis artikel yang SEO friendly untukmu. Yuk, disimak!

Baca juga: Mengenal Blog, Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly. Sumber: Freepik

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Langkah pertama agar artikelmu SEO friendly adalah menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata yang volume pencariannya besar, persaingannya kecil, dan sesuai dengan niche blogmu. Sebab kata kunci dengan volume pencarian besar menunjukkan kata kunci tersebut banyak dicari oleh audiens. Jadi, kalau kamu menulisnya, tentu akan berpotensi menarik banyak pembaca.

Sementara kata kunci dengan persaingan kecil akan memudahkanmu memenangkan posisi tinggi di Google. Bisa jadi karena belum banyak yang menulisnya atau kompetitornya bukan blog yang besar. Nah, pemilihan kata kunci yang sesuai dengan niche blog akan membantu kontenmu tetap relevan. Dengan begitu, akan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog kamu.

2. Pahami Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang diinginkan pengguna ketika mengetikkan kata kunci tertentu di Google. Menulis artikel SEO perlu memperhatikan intent karena search intent-lah salah satu faktor penilaian SEO Google. Alasannya, intent yang tepat akan menjawab kebutuhan pencari berupa konten yang relevan.

Ketika pengunjung mendapat informasi yang diinginkan, mereka tentu akan berlama-lama di artikelmu. Hal ini membuat Google menganggap artikel kamu bermanfaat dan perlu mendapat ranking tinggi.

3. Ambil Sudut Pandang yang Unik

Sebuah kata kunci bisa digunakan untuk membuat artikel dengan sudut pandang berbeda, lho. Langkah ini efektif untuk membuat artikel kamu lebih menonjol. Namun, tentunya dengan tetap pastikan sesuai dengan intent pengguna, ya!

4. Perhatikan Struktur Artikel

Kemudian, kamu juga perlu membuat struktur artikel dengan baik. Tujuannya, untuk memperlancar proses menulis dengan memilih apa yang harus disampaikan di artikel. Selain itu, struktur artikel yang baik akan memudahkan pengunjung memahami artikelmu. Umumnya, struktur sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian:

  • Prolog: Bagian awal artikel yang menjelaskan latar belakang dan tujuan artikel.
  • Isi: Penjelasan topik utama secara rinci.
  • Epilog: Bagian penutup yang berisi rangkuman atau kesimpulan artikel.

5. Perhatikan Bagian Pembuka

Untuk membuat bagian pembuka menjadi menarik, ada rumus AIDA yang bisa digunakan, yaitu:

  • Attention: Memancing perhatian pembaca dengan kalimat utama berupa pertanyaan, guyonan singkat, atau statistik.
  • Interest: Menarik minat pembaca dengan menyinggung permasalahan yang dihadapi.
  • Desire: Jelaskan bahwa artikel kamu bisa menjadi solusi.
  • Action: Mengajak pembaca untuk membaca artikel hingga selesai.

Baca juga: Headline: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menulisnya Agar Menarik Dalam Copywriting

6. Uraikan Menjadi Paragraf Singkat

Usahakan paragraf di artikelmu singkat karena bisa membuat pembaca nyaman. Tiga kalimat umumnya cukup untuk menyampaikan penjelasan dengan baik. Menurut riset, pembaca artikel online cenderung tidak membaca kata per kata, melainkan scanning berpola huruf “F” (F-Shaped Pattern).

7. Gunakan Teknik Piramida Terbalik

Piramida terbalik adalah teknik penulisan di mana kamu menaruh informasi paling penting di bagian awal, lalu diikuti oleh penjelasan lebih detail, dan diakhiri dengan informasi tambahan. Teknik piramida terbalik bisa digunakan di penjelasan keseluruhan artikel, dalam sebuah sub heading, hingga sebuah paragraf.

8. Tulis Artikel yang Berfokus ke Satu Topik

Menentukan satu topik dan fokus pada penjelasan tersebut adalah cara membuat artikel SEO friendly yang penting. Selain tidak membingungkan pembaca, topik artikel yang jelas akan membuat informasi yang disampaikan lebih runut.

9. Sebar Kata Kunci Sewajarnya

Salah satu kesalahan pemula dalam membuat artikel adalah menggunakan kata kunci secara berlebihan (keyword stuffing). Tujuannya, agar bisa lebih cepat muncul di halaman pencarian Google. Padahal, keyword stuffing adalah praktik spam yang jauh dari standar cara menulis artikel SEO friendly.

Dengan melakukan keyword stuffing, malahan bisa jadi ranking kamu akan turun atau bahkan bisa dihapus dari hasil pencarian.

10. Sisipkan Internal Link dan External Link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Sebuah artikel SEO perlu menggunakan internal link karena bermanfaat untuk membantu Google mengindeks website-mu dan memahami konteks artikel yang dibuat. Alhasil, SEO kamu juga akan lebih baik.

Sedangkan external link adalah link yang merujuk ke halaman website lain. External link bisa kamu sisipkan sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan dan meyakinkan pembaca. Misalnya, link ke hasil penelitian, statistik, kutipan, atau referensi dari media lain.

Baca juga: Cara membuat Safelink di Blog Utama dengan Mudah

11. Tambahkan Konten Visual dan Optimasikan Gambar

Konten visual seperti gambar, ilustrasi, infografis, bagan, GIF, hingga meme juga termasuk cara membuat artikel SEO friendly, lho! Sebab otak manusia memproses data visual 60 ribu kali lebih cepat dibanding tulisan. Jadi, memasukkan data berbentuk infografis atau bagan ke artikelmu akan membuatnya lebih mudah dipahami pembaca. Selain itu, konten visual dengan kombinasi warna yang tepat terbukti meningkatkan minat pembaca hingga 80%.

Eitss, menulis artikel SEO dengan tambahan konten visual memang penting. Namun, jangan lupa, kamu perlu melakukan langkah optimasi. Tujuannya, agar hemat sumber daya penyimpanan, website jadi lebih cepat, dan kenyamanan pengunjung lebih terjaga.

12. Gunakan Heading

Heading adalah judul dari bagian artikel yang menjelaskan sebuah informasi tertentu. Penggunaan heading sangat penting ketika menulis artikel SEO, karena pembaca akan lebih mudah menemukan garis besar atau pokok bahasan artikelmu. Terutama, bagi mereka yang cenderung melakukan scanning informasi di artikel. Selain itu, Google menyukai artikel dengan struktur yang baik, lho.

13. Usahakan Panjang Artikel Optimal

Yoast, pembuat salah satu plugin SEO terbaik, menyarankan panjang artikel minimal 300 kata agar Google bisa memahami topikmu. Pun demikian, setidaknya buatlah artikel dengan rata-rata 1000 – 2500 kata.

14. Perhatikan Komponen Teknis Blog

Berikut komponen teknis blog yang perlu diperhatikan:

  • Title Tag/SEO Title: Merupakan judul halaman yang muncul di hasil pencarian Google. Agar SEO friendly, usahakan title tag menggambarkan garis besar artikel, mengandung satu kata kunci, dan panjangnya maksimal 60 karakter.
  • Permalink: Secara default, permalink diambil dari judul artikelmu.
  • Meta Description: Merupakan deskripsi singkat artikel di hasil pencarian Google. Jadi, usahakan meta deskripsimu maksimal 160 karakter dan mengandung satu kata kunci.

15. Manfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO akan secara otomatis memberikan saran agar aspek SEO di artikelmu optimal. Oleh sebab itu pastikan kamu menggunakan salah satu plugin untuk memudahkan dalam menulis artikel SEO yang baik.

Baca juga: 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

16. Pastikan Tak Ada Kesalahan Penulisan

Pastikan tak ada kesalahan penulisan dalam artikelmu seperti typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan tata bahasa yang keliru. Sebab, kesalahan penulisan bisa merusak pengalaman pembaca dan menurunkan kualitas artikel. Selain itu, banyaknya kesalahan penulisan pada artikel yang ditulis akan membuatmu juga akan terlihat kurang profesional sehingga akan menurunkan kredibilitas kamu.

17. Konsisten Menerbitkan Artikel dan Promosikan

Konsisten menerbitkan artikel juga sangat penting sebagai salah satu cara membuat artikel SEO Friendly, lho. Sebab dengan begitu kamu bisa memberi manfaat lebih ke pembaca berupa informasi yang aktual. Kemudian, konsistensi tersebut memberi sinyal positif ke Google bahwa blogmu aktif. Dengan begitu, Google tak akan ragu untuk merekomendasikan konten kamu di halaman pencarian.

Dan yang juga tak kalah penting, jangan lupa promosikan artikelmu. Mempromosikan artikel bertujuan untuk mendapatkan pembaca dengan cepat dan menjaring trafik yang relevan. Hal tersebut juga akan memberikan sinyal positif ke Google karena artikel kamu memang dibaca dan dibutuhkan.

Baca juga: 7 Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Bisnis

Nah, demikianlah tips atau cara menulis artikel SEO friendly yang bisa kamu terapkan terhadap konten blogmu. Apabila kamu awam dengan teknik dan cara kerja SEO, kamu bisa mempelajarinya di course “SEO : Cara Jitu Masuk ke Halaman 1 Google”.

Pada program tersebut kamu akan mempelajari digital marketing trend & career, jenis-jenis digital marketing, SEO & keuntungannya bagi pelaku bisnis, profitable keyword research, optimasi SEO on page, tools SEO marketing foto pembicara, dan banyak lagi lainnya. Yuk buruan ikuti kursusnya!

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *