Site icon Vocasia

Cara Print Bolak-balik dalam bentuk Ms Word maupun PDF

print bolak balik

Terkadang, beberapa orang masih kesulitan dalam mencetak dokumen secara bolak-balik, baik dalam bentuk Ms Word dan PDF. Padahal dengan mencetak dokumen dengan cara bolak-balik dapat menghemat penggunaan kertas dan biaya cetak yang lebih terjangkau. 

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan cara-cara yang dapat Anda lakukan dalam mencetak atau printing dokumen, baik dalam bentuk Ms Word maupun PDF. Simak paparan berikut ini untuk lebih lengkapnya! 

Cara Print Bolak-balik 

ilustrasi print bolak balik (sumber: pexels)

Sebelum mulai print secara bolak balik, Anda perlu memastikan printer yang akan digunakan mampu untuk mencetak dokumen secara bolak-balik atau duplex. Apabila printer yang akan Anda gunakan tidak mendukung print bolak-balik, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan. 

Setelah itu, Anda juga perlu memastikan driver printer terpasang sesuai dengan tipenya. Apabila sudah, perhatikan cara print bolak-balik berikut ini. 

Cara Print Bolak-balik PDF

Berikut ini cara mencetak dokumen secara bolak-balik dengan bentuk PDF

Baca juga: Berikut 4 Cara Mengubah PDF Ke Word Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Print Otomatis 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

2. Print Manual 

Baca juga: Mengefektifkan Kerja Dengan Shortcut Di Microsoft Word

Cara Print Bolak-balik Ms Word

ilustrasi print bolak balik (sumber: pexels)

Paparan ini akan menyajikan cara print bolak-balik dengan Ms Word 

1. Print Otomatis 

Baca juga: 4 Cara Cepat Dan Mudah Membuat Tanda Tangan Di Microsoft Word

2. Print Manual 

Dikarenakan pencetakan dokumen bolak-balik dilakukan secara manual, maka ketika dokumen sudah sebagian dicetak, akan muncul perintah untuk membalikkan kertas. Lakukan perintah tersebut dengan membalikkan kertas ke dalam printer. 

3. Print Ganjil Genap 

Baca juga: 7 Fungsi Microsoft Word

Demikian paparan mengenai cara print bolak-balik yang dapat Anda praktekkan untuk menghemat pengeluaran biaya cetak dan penggunaan kertas yang lebih sedikit. Untuk menemukan pembahasan lain yang menarik, silakan kunjungi vocasia.id/blog dan raih ilmunya sekarang juga!

Exit mobile version