Tanggal:20 April 2024

Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

Cara riset pasar.

Apakah kamu ingin agar bisnismu tersebut semakin berkembang dan menghasilkan keuntungan yang optimal? Nah, jika ya, maka kamu harus melakukan perencanaan sebelum mulai menjalankan bisnismu tersebut. Dalam mengembangkan bisnis, bukan hanya modal dan promosi saja yang kamu butuhkan, tetapi sebuah perencanaan yang mendalam juga harus dilakukan agar keinginanmu untuk semakin mengoptimalkan bisnis bisa terwujud. Banyak para pembisnis mengeluarkan modal yang besar, tetapi akhirnya gagal dalam menjalankan bisnisnya karena kurangnya perencanaan tersebut. Itulah mengapa perencanaan bisnis wajib dilakukan sebelum memulai bisnis untuk menghindari adanya kesalahan serta dapat meminimalisasi jika terjadi kekeliruan dalam prosesnya di masa depan. Selain itu, perencanaan bisnis juga dimaksudkan agar produk atau jasa yang kamu tawarkan nantinya dapat diterima oleh masyarakat. Nah, perencanaan tersebut biasanya dilakukan setelah kamu melakukan riset pasar.

Riset pasar adalah analisis terhadap target pasar yang akan dituju, dalam hal ini yaitu orang-orang yang akan kamu targetkan sebagai pembeli. Biasanya dalam riset pasar ini, kamu harus menganalisis kebutuhan mereka, sehingga produk yang akan kamu ciptakan dan dijual sesuai dengan kebutuhan tersebut. Misalnya saja, pasar sedang sangat membutuhkan masker karena adanya kebijakan pemerintah yang sejalan dengan adanya pandemi covid-19. Nah, dari hal tersebut, tentunya kamu bisa menciptakan produk berupa masker kain yang bisa digunakan berulang kali. Masker kain tersebut juga sesuai dengan kebutuhan yang sedang dialami oleh masyarakat. Darinya, tentu saja akhirnya angka penjualan produkmu semakin meningkat. Itulah yang menjadikan mengapa riset pasar begitu penting untuk dilakukan, karena akan berpengaruh langsung terhadap laku atau tidaknya produk dan jasa yang kamu jual.

Nah, berikut beberapa cara melakukan riset pasar yang bisa kamu ikuti dan terapkan sebelum membangun bisnismu sendiri, dijamin angka penjualan langsung naik dan kamu mendapatkan untung yang sangat optimal. Langsung saja, check this out!

1. Melakukan Survei Pasar

Melakukan survei pasar.
Melakukan survei pasar. Sumber: Pexels

Cara riset pasar #1 yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah melakukan survei. Dalam melakukan survei pasar ini, nantinya kamu akan mengetahui bagaimana kondisi pasar yang akan menjadi target bisnismu. Lalu, bagaimanakah melakukan survei pasar ini? Kamu bisa menggunakan angket, kuisioner, ataupun wawancara langsung dengan masyarakat. Dari survei tersebut, kamu akan mengetahui kebutuhan dan minat yang sedang mereka rasakan. Misalnya saja dari hasil survei, ternyata masyarakat sedang sangat membutuhkan scraf karena sudah mulai memasuki musim hujan. Nah, darinya, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai dasar pembuatan produk atau jasamu sendiri.

Lakukan survei secara komprehensif, sehingga hasil yang didapatkan bisa menjamin keberhasilan bisnismu nantinya. Selain itu, survei juga karakter dari target pembelimu nantinya, misalnya saja bagaimana daya beli mereka. Dari adanya analisis daya beli tersebut, kamu bisa menentukan harga yang pas, sehingga bisa diakses oleh masyarakat. Tidak kemahalan dan tidak kemurahan, tetapi masih menguntungkan buatmu.

2. Mengamati Perkembangan Pasar

Mengamati perkembangan pasar.
Mengamati perkembangan pasar. Sumber: Pexels

Cara riset pasar #2 yang juga harus dilakukan olehmu adalah mengamati bagaimana perkembangan pasar. Pasar bukanlah tempat yang statis. Lebih dari itu, dari waktu ke waktu, pasar selalu berkembang dan berubah. Tak mengherankan jika akhirnya banyak pembisnis yang harus rela bisnisnya tersingkir karena tak bisa menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Untuk itulah, jika kamu menginginkan agar bisnismu bisa bersaing, maka mengamati perkembangan pasar dan mengaplikasikannya di dalam bisnismu tersebut harus dilakukan.

Amati trend-trend yang sedang ramai di pasaran dan digemari oleh masyarakat. Amati juga produk-produknya sebagai bahan pertimbanganmu nantinya. Nah, darinya, kamu bisa menciptakan produk yang sesuai trend dan lebih baik tentunya daripada produk kompetitormu. Memang trend dinilai juga cepat matinya. Namun, jika kamu jeli dan selalu inovatif, tentunya bisnismu bisa terus maju. Selain itu, adanya pengamatan tersebut juga dimaksudkan untuk meminimalisasi kegagalan ketika produkmu akhirnya diluncurkan ke pasaran.

3. Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor.
Analisis kompetitor. Sumber: Pexels

Cara riset pasar #3 yang juga harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap kompetitor di bidang serupa. Misalnya saja kamu berniat untuk menjual produk baju. Nah, amatilah pesaing yang menjual produk baju juga. Amati bagaimana pelayanan yang mereka terapkan, produk yang mereka jual, harga yang dipatok, cara kerja mereka, dan lain sebagainya. Dari analisis kompetitor tersebut, diharapkan nantinya bisnismu dapat mengungguli mereka karena lebih baik.

4. Risiko dan Hambatan

Risiko dan hambatan.
Risiko dan hambatan. Sumber: Pexels

Cara riset pasar  #4 yang harus kamu lakukan juga adalah mengenali risiko dan hambatan yang mungkin saja muncul di masa depan. Ketika kamu berniat untuk memulai suatu bisnis, tentunya kamu juga harus berani dalam menghadapi segala risiko dan hambatan yang akan muncul di dalam bisnismu tersebut. Risiko atau hambatan tersebut misalnya saja permasalahan dengan vendor, bahan baku, kerusakan barang, penipuan, dan lain sebagainya. Nah, tentunya kamu juga harus menyiapkan solusi untuk setiap risiko dan hambatan tersebut. Kamu bisa menanyakan kepada para pembisnis yang telah memulai bisnisnya jauh lebih lama darimu. Tanyakan kepada mereka bagaimana pengalaman menghadari tantangan dan hambatan-hambatan tersebut.

5. Uji Coba Produk

Uji coba produk.
Uji coba produk. Sumber: Pexel

Cara riset pasar #5 yang harus kamu lakukan terakhir adalah melakukan uji coba produk. Sebelum produkmu secara resmi diluncurkan ke pasaran, buatlah beberapa samplenya. Lakukan uji coba dengan sample tersebut. Perhatikan bagaimana tanggapan dari orang-orang. Dari hal tersebut, kamu bisa meningkatkan produkmu ke arah yang lebih baik lagi.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Itulah bagaimana cara untuk meriset pasar, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *