Site icon Vocasia

Chef De Partie: Tugas, Skill, Kualifikasi, Gaji Hingga Tips Karirnya

Karyawan di bidang kuliner, khususnya chef merupakan salah satu profesi yang sangat diminati di Indonesia. Salah satu posisi chef yang cukup populer adalah chef de partie. Chef De Partie adalah seorang chef yang bertanggung jawab atas satu departemen di dapur. Kamu penasaran tentang Chef De Partie? Pantengin terus ya, karena dalam artikel ini minvo akan membahas tentang tugas, skill, kualifikasi, hingga tips karier untuk posisi Chef De Partie.

Apa itu Chef De Partie?

Dilansir dari Indeed, Chef De Partie adalah seorang ahli kuliner yang memiliki tugas khusus di dapur. Nama lainnya mungkin kamu dengar sebagai “station chef,” “line chef,” atau “line cook.” Mereka adalah profesional yang terlatih dengan baik dalam dunia kuliner.

Peran Chef De Partie biasanya mencakup tanggung jawab atas semua aktivitas di bagian tertentu di dapur. Dalam dapur yang lebih besar, mereka mungkin memiliki asisten yang membantu dalam menyiapkan makanan. Di dapur yang lebih kecil, mereka dapat bekerja sendirian di departemen atau bagian dapur yang menjadi tanggung jawab mereka. Jadi, mereka adalah orang di belakang layar yang memastikan hidangan yang kamu nikmati siap dan lezat!

Baca Juga: 8 Cara Manajemen Waktu Yang Baik, Terbukti Ampuh !

Tugas Chef De Partie

Tugas utama seorang Chef De Partie adalah bertanggung jawab atas operasional departemen yang dipimpinnya. Berikut tugas-tugas chef de partie:

Skill yang Harus Dimiliki Chef De Partie

Untuk menjadi seorang Chef De Partie, dibutuhkan beberapa skill penting, antara lain:

1. Kemampuan Masak yang Memumpuni

Sebagai Chef De Partie, kemampuan masakmu harus benar-benar hebat. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang teknik memasak, penggunaan bumbu, dan kombinasi rasa yang sempurna.

2. Kemampuan Manajemen

Chef De Partie bertanggung jawab atas bagian tertentu di dapur. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki kemampuan manajemen yang baik untuk mengatur tugas, waktu, dan persediaan dengan efisien.

3. Kemampuan Kepemimpinan

Sebagai pemimpin di dapur, kemampuan kepemimpinanmu perlu terlihat. Kamu harus bisa memotivasi tim, memberikan arahan dengan jelas, dan menciptakan lingkungan kerja positif.

Kualifikasi Chef De Partie

Gaji Chef De Partie

Gaji Chef De Partie di Indonesia berkisar Rp3.000.000 hingga Rp6.000.000. Gaji tersebut bervariasi tergantung pengalaman kerja, kualifikasi, dan lokasi kerja.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Mie Ayam Yang Enak Dan Mudah, Bisa Buat Jualan Loh!

Jenjang Karir Chef De Partie

Jenjang karir Chef De Partie biasanya dimulai dari posisi chef junior. Setelah memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun, seorang chef junior dapat mengajukan diri untuk posisi Chef De Partie. Berikut adalah jenjang karirnya:

Cara Menjadi Chef De Partie

Untuk menjadi Chef De Partie yang sukses, diperlukan usaha yang dijalankan dengan maksimal dan profesional, tidak setengah-setengah. Berikut cara menjadi Chef De Partie:

Tips Menjadi Chef De Partie yang Profesional

Upgrade Skillmu Bersama Vocasia

Chef De Partie adalah chef yang bertanggung jawab terhadap salah satu bagian tertentu di dapur. Jika kamu ingin dihormati oleh rekan kerja dan atasan kamu perlu menjaga etika dalam bekerja. Supaya kamu dapat menunjukkan kesan yang profesional, yuk ikuti kursus Etika Dalam Dunia Bisnis. Di kursus ini kamu akan belajar bagaimana beretika sesuai situasi, etika saat pertemuan, hingga etika pada saat berinteraksi. Kursus ini sangatlah diperlukan untuk seorang chef de partie.

Exit mobile version