Tanggal:25 April 2024
Ciri ciri orang bodoh

15 Ciri-ciri Orang Bodoh dan Cara Mengatasinya, Kamu Wajib Tahu!

Bagaimana ciri-ciri orang bodoh? Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasannya masing-masing. Ada orang yang cerdas dan ada juga orang yang bodoh. Bertemu dengan orang  bodoh terkadang membuat kita kesal. Pasalnya, tingkah mereka kadang memang menyebalkan. 

Sebenarnya kamu dapat mengenali orang bodoh melalui kebiasaan dan ciri-cirinya. Penasaran? Vocasia akan merangkum ciri-ciri orang bodoh dalam artikel berikut ini. Selamat membaca hingga akhir!

Baca Juga | Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Mental Block

Ciri-ciri Orang Bodoh

Ciri ciri orang bodoh

Ciri Orang Bodoh (freepik)

Adapun ciri-ciri orang bodoh yang bisa kamu amati adalah sebagai berikut:

1. Selalu merasa paling benar

Orang bodoh selalu menganggap dirinya yang paling benar. Ia selalu menganggap orang lain tidak ada yang lebih baik darinya. Bahkan, ia juga enggan mengakui kecerdasan yang dimiliki oleh orang lain. Hal itu lantaran ia merasa superior dan tidak akan ada yang mampu menjadi saingannya. Orang bodoh juga sangat suka berargumen dan ingin jadi pemenangnya. Meskipun sebenarnya tidak ada yang sedang berkompetisi. 

Baca Juga | Mengenal Defensif, Sikap Bertahan Atau Merasa Selalu Benar

2. Tidak ingin memahami pemikiran orang lain

Hal ini masih berkaitan dengan ciri sebelumnya. Orang bodoh tidak ingin memahami pemikiran orang lain karena sudah merasa dirinya yang paling benar. Ia bahkan tidak ingin mendengarkan nasihat dari orang lain yang sebenarnya baik untuk dirinya sendiri. Sebanyak dan sebaik apa pun nasihat yang diberikan, orang bodoh tidak akan menggubrisnya.

Baca Juga | Apa Itu Mindset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

3. Menyepelekan orang lain

Jika orang bodoh merasa dirinya jauh lebih baik di antara lainnya, ia akan cenderung menyepelekan orang lain. Contohnya saja ketika kamu sedang dalam ruang diskusi untuk mendiskusikan tentang hal-hal penting dan serius. Orang bodoh akan menanggapinya secara dingin dengan mengeluarkan kata-kata yang kurang mengenakkan. Tentunya perilaku tersebut mengganggu orang-orang di sekitarnya. Parahnya lagi, orang bodoh tidak akan mempermasalahkan perilakunya tersebut.

Baca Juga | Berikut Bahaya Akibat Terlalu Percaya Diri, Kontrol Dirimu!

4. Suka menyombongkan diri

Orang bodoh suka menyombongkan apa pun yang dimilikinya. Mulai dari harta, prestasi, atau yang lainnya. Ia merasa orang lain harus tahu bahwa dirinya adalah yang terhebat. Bahkan, ia juga tidak tahan melihat kesuksesan orang lain yang lebih darinya. Orang bodoh lebih memilih untuk flexing daripada mengucapkan selamat kepada orang lain yang mencapai kesuksesan lebih darinya.

Baca juga | Apa itu Flexing? Sikap Pamer yang Ramai di Media Sosial

5. Ingin selalu terlihat pintar

Ciri-ciri orang bodoh selanjutnya adalah selalu ingin terlihat pintar di hadapan orang lain. Ia tidak ingin orang lain tahu bahwa sebenarnya ia bodoh. Itulah mengapa orang bodoh menyembunyikan jati dirinya yang sebenarnya dan menampilkan bahwa ia tahu akan segalanya. 

Baca Juga | Mengenal Pola Pikir Out Of The Box Dan Cara Mengasahnya

6. Close minded

Orang yang close minded adalah salah satu ciri orang bodoh. Close minded di sini berarti ia tidak ingin mengubah atau mengembangkan pola pikirnya. Hal tersebut menyebabkan tidak ada perkembangan dan kemajuan dari cara berpikir dalam hidupnya. 

Baca Juga | Mengenal Potensi Diri Beserta Contohnya

7. Tidak serius dengan ucapannya sendiri

Banyak orang bodoh yang berbicara tentang rencana-rencana serta kesuksesannya sepanjang waktu. Tetapi, ketika dihadapkan dengan situasi sulit, ia malah memilih untuk kabur dari masalah tersebut dan tidak menghadapinya. Itu adalah salah satu bentuk bahwa orang bodoh tidak serius dengan ucapannya sendiri.

Baca Juga | Ikigai: Sebuah Makna Tentang Hidup

8. Mengulang kesalahan yang sama

Orang cerdas akan belajar dari kesalahan yang pernah ia lakukan. Namun, orang bodoh malah sebaliknya. Ia seperti tidak kapok dan terus mengulang kesalahan yang sama. Orang bodoh enggan untuk mengevaluasi perbuatan yang ia lakukan. Ia akan selalu merasa dirinya yang terbaik.

Baca Juga | Good Corporate Governance (GCG): Pengertian, Prinsip, Penerapan, Dan Contoh

9. Bercanda di waktu yang tidak tepat

Sebenarnya, bercanda itu sah-sah saja apabila dilakukan. Namun, seseorang harus paham akan situasi dan kondisi untuk melakukannya. Orang bodoh biasanya tidak paham akan situasi dan kondisi di sekitarnya. Contohnya saja, ia bisa bercanda ketika berada di situasi yang tidak tepat seperti saat di rumah sakit, di pemakaman, ataupun saat bersama dengan seseorang lainnya yang sedang kalut dalam kesedihan.

Baca Juga | Apa Itu Body Shaming? Berikut Penjelasan Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari!

10. Suka menyalahkan orang lain atas kesalahannya

Orang bodoh selalu mengelak untuk mengakui  dan bertanggung jawab dengan kesalahan yang ia perbuat. Bahkan, ia tak ragu untuk menyalahkan orang lain atas kesalahannya. Hal itu sangat berbanding terbalik dengan reaksi orang cerdas dalam melakukan kesalahan. Orang cerdas tidak ragu untuk mengakui kesalahannya, meminta maaf, dan memperbaiki diri setelahnya.

Baca Juga | Mengenal Imposter Syndrome: Keraguan Terhadap Diri Sendiri

11. Mengabaikan perasaan orang lain

Orang bodoh selalu bersikap egois. Ia selalu mementingkan dirinya sendiri. Apa pun yang ia lakukan hanyalah untuk kepentingannya tanpa memikirkan perasaan orang lain. Ia bahkan tidak peduli jika sikapnya bisa mengganggu atau menyakiti perasaan orang lain. Baginya, hidupnya adalah segalanya.

Baca Juga | Cara Cerdas Menghadapi Rekan Kerja Manipulatif

12. Bersikap agresif ketika berada dalam konflik

Ketika orang bodoh berada dalam suatu konflik, ia akan merespon segalanya secara berlebihan dan tanpa pikir panjang. Ia akan menggunakan amarahnya dalam menyelesaikan masalah yang ada. Orang bodoh juga tidak akan ragu untuk bersikap agresif ketika menemui hal yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Baca Juga | Mengenal Gaslighting: Pengertian, Dampak, Dan Contohnya Di Kehidupan Sehari-Hari

13. Merasa lebih baik daripada orang lain

Sifat yang mencerminkan orang bodoh adalah merasa dirinya lebih baik daripada orang lain. Hal itu terjadi karena ia adalah pribadi yang terlalu cepat dalam menilai sesuatu. Orang bodoh juga memiliki sifat suka berprasangka.

Baca Juga | Mengenal FOMO Beserta Gejala Dan Cara Mencegahnya

14. Banyak berbicara yang tidak bermanfaat

Ciri orang bodoh selanjutnya adalah ia banyak berbicara tentang hal yang tidak bermanfaat. Orang bodoh melakukan hal tersebut karena ingin terlihat pintar di mata orang lain. Namun, bukannya terlihat pintar, ia malah terlihat menjadi sok pintar.

Baca Juga | Harus Dihindari! 7 Penyebab Utama Kegagalan Wirausaha

15. Suka ikut campur urusan orang lain

Orang cerdas akan memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan diri dan melakukan hal yang positif. Sedangkan orang bodoh lebih memilih menghabiskan waktunya untuk ikut campur dalam urusan orang lain. Contohnya saja ia terkadang tiba-tiba masuk dan memotong pembicaraan orang lain untuk memberikan saran-saran yang tidak dibutuhkan dan tidak diminta. Sikap tersebut tentunya tidak sopan dan mengganggu orang lain.

Baca Juga | Apa Itu Victim Blaming? Berikut Pengertian, Penyebab Serta Contohnya

Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kebodohan (freepik)

Setelah mengetahui ciri-ciri orang bodoh, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Berkumpul dengan orang-orang cerdas dan berkualitas

Perkataan yang menyebutkan bahwa lingkungan akan mempengaruhi pribadi seseorang memang benar adanya. Jika ingin menjadi orang yang cerdas, berkumpullah dengan orang-orang yang cerdas pula. Lingkungan pertemanan tersebut akan mengasah pola pikirmu. Hindari berteman dengan orang yang memiliki pemikiran kolot dan bebal. Sebab, pemikiran yang demikian akan menghambat perkembangan cara berpikir kamu.

Baca Juga | Pahami Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Terselesaikan

2. Jangan menjadi seseorang yang anti kritik

Selanjutnya, janganlah menjadi seseorang yang anti kritik. Setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Terimalah jika mendapatkan kritik atau saran dari orang lain. Sebab, hal tersebut juga akan membantumu untuk menjadi orang yang lebih baik. 

Baca Juga | Strategi Analisis Data Dan Kritik Terhadap Miles Dan Huberman Serta Moleong

3. Memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Cobalah untuk mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu. Kamu bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang yang ada. Jangan terlalu buru-buru dalam menyimpulkan suatu hal. 

Baca Juga | Tips Serta Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

4. Open minded

Jadilah seseorang yang open minded. Open minded adalah salah satu hal yang dapat membuatmu berkembang. Sebab, sejatinya cara berpikir seseorang itu akan berubah dari waktu ke waktu. Jika terus menjadi seseorang yang closed minded, kamu akan tertinggal.

Baca Juga | 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

5. Terus belajar

Belajar dalam artian ini cakupannya sangat luas. Belajar bukan hanya ketika kamu sekolah, kuliah, atau melakukan kegiatan akademis lainnya. Kamu juga bisa belajar akan kehidupan. Contohnya saja belajar dari pengalaman atau kisah hidup orang lain yang ada di sekitar kamu. Dengan begitu, wawasanmu akan semakin bertambah. Dari hal tersebut pula, cara pandangmu dalam menilai sesuatu juga akan berubah.

Itulah penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri orang bodoh beserta cara mengatasinya. Jika kamu merasa ciri-ciri tersebut ada dalam diri kamu, jangan lupa untuk berubah, ya. Terapkan cara-cara yang sudah disebutkan di atas untuk mengatasinya. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semangat!

Baca Juga | 11 Game Edukasi Anak Terbaik Dan Lengkap

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *