Tanggal:24 April 2024

Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

Content Writer sama Copywriter memang ada bedanya ya? Apa sih yang membedakan keduanya? Tentu ada dong! Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas perbedaan antara Content Writer vs Copywriter nih! Apakah kamu bekerja dalam salah satu kedua posisi tersebut? Kalau belum, yuk kita cari tahu dulu masing-masing posisi itu apa sih artinya! 

Pada dasarnya, kedua posisi ini sama-sama memiliki job-description yang terbilang hampir sama, yaitu menulis suatu tulisan. Tetapi, tujuan dari tulisan itu sangat berbeda. Seseorang juga dapat menguasai keduanya, atau bahkan hanya satu saja yang dapat dilakukannya. Kira-kira, kamu lebih cocok ke yang mana nih, Content Writer atau Copywriter

Content Writer adalah pekerjaan seseorang yang dimana ia akan menulis sebuah konten atau tulisan yang bertujuan untuk memberi informasi, tips, dan lain-lain yang biasanya berbentuk dalam sebuah artikel. Lalu, artikel tersebut akan diunggah dalam blog website. Untuk kamu yang suka nulis artikel, cocok banget nih jadi Content Writer! 

Sedangkan Copywriter adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu menulis sebuah konten atau tulisan yang berisikan menjelaskan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengajak para pembaca untuk tertarik oleh produk atau jasa tersebut yang ditawarkan. Maka dari itu, kamu harus jago menulis tulisan yang persuasif dan menarik banget nih agar para pembaca tertarik tentunya!

Nah, kan kamu sudah tahu nih definisi dari kedua posisi yang kita lagi bahas saat ini. Kira-kira kamu sudah tahu belum perbedaan-perbedaanya selain yang sudah disebutkan tadi? Kalau belum, yuk kita simak bareng perbedaan lainnya yang dapat dilihat! 

1. Gaya Tulisan Yang Berbeda 

Gaya tulisan yang berbeda merupakan salah satu yang sangat dapat dilihat dari kedua posisi ini. Kalau Copywriting sendiri, kamu harus pintar-pintar membuat tulisan yang pendek tetapi menarik. Seperti tagline dan headline yang bagus sangat dibutuhkan oleh seorang Copywriting. Sedangkan Content Writer pastinya lebih banyak dengan tulisan yang informatif, kreatif, dan menarik untuk dibaca sebagai sebuah artikel. Jangan lupa juga gunakan kaidah penulisan yang benar ya!

2. Penggunaan Media 

Selanjutnya adalah penggunaan media yang berbeda dari kedua posisi. Content Writer menggunakan media blog atau website untuk mengunggah artikel yang telah dibuat. Sedangkan Copywriting menggunakan media sosial dalam bentuk caption, banner, script iklan, campaign, dan masih banyak lagi.

3. Tugas & Tujuan

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan definisi di awal, tugas dan tujuan yang dimiliki oleh keduanya sangat berbeda, walaupun sama-sama menulis. Tujuannya sendiri saja sudah beda, yaitu Content Writer yang bersifat informatif, sedangkan Copywriting yang lebih persuasif akan tulisan yang dibuat. Tugas-tugasnya juga berbeda lho! Karena Copywriting harus melakukan analisis dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan, sedangkan Content Writer harus banyak belajar tentang SEO dan editing sebuah tulisan artikel.

Sudah tahu belum nih kamu pilih Content Writer atau Copywriting?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *