Tanggal:29 March 2024

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Dan Tipsnya Agar Menarik

Memilki resume dan CV (Curriculum Vitae) yang selalu update itu memang penting. Namun, jangan sampai lupa kalau cover letter atau surat lamaran kerja adalah salah satu kunci yang juga tak boleh dilupakan. Oleh karena itu, kamu harus pastikan cover letter milikmu berkualitas serta dapat menarik perhatian rekruter.

Perlu diketahui bahwa menulis cover letter berbeda dengan membuat CV atau resume. Dalam menulis cover letter, umumnya masih banyak yang kebingungan dengan format dan struktur contoh cover letter bahasa Indonesia yang benar.

Nah, agar kamu lebih memahami lagi mengenai cover letter, di bawah ini kami berikan contoh dari cover letter bahasa Indonesia beserta tipsnya. Simak, ya!

Baca juga: 7 Tips Jitu Membuat CV Menarik agar Diperhatikan oleh Rekruiter

Apa itu Cover Letter?

Apa Itu Cover Letter? Sumber: pexels.com

Cover letter adalah surat pengantar yang dikirim jobseeker bersamaan dengan curriculum vitae (CV), dan biasanya diletakkan di bagian depan saat melamar pekerjaan. Isi dari cover letter lebih menekankan penjelasan dan motivasi seseorang saat melamar posisi lowongan tersebut. Dan juga penjelasan mengapa merasa cocok berada di posisi tersebut.

Berikut adalah beberapa hal penting lainnya yang harus ada di dalam cover letter:

  • Detail pribadi; seperti nama, alamat, nomor telepon.
  • Nama manajer perekrut atau kepala departemen yang membuka lowongan.
  • Dari mana kamu menemukan atau mendapatkan info lowongan; tidak apa untuk menyebutkan referensi jika kamu memang dirujuk.
  • Apa yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan.
  • Pernyataan penutup (termasuk berterima kasih kepada perekrut atas waktu mereka).

Bagi pelamar, cover letter bisa menjadi media mempromosikan diri akan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki. Sedangkan bagi rekruter, fungsi dari cover letter ialah untuk menyaring pelamar dan menyeleksi kandidat yang paling sesuai dengan spesifikasi lowongan untuk selanjutnya diwawancarai.

Baca juga: Apa itu Portofolio? Yuk Simak Contohnya!

Tips Membuat Cover Letter yang Menarik

Tips Membuat Cover Letter yang Menarik. Sumber: pexels.com

Apabila kamu seorang jobseeker, berikut di bawah ini kami bagikan tips membuat cover letter yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas cover letter-mu.

  1. Gunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Jangan menulis terlalu panjang dan bertele-tele. Umumnya recruiter akan menerima banyak email lamaran, dengan begitu recruiter tidak akan memiliki waktu yang terlalu banyak untuk membaca cover letter-mu.
  3. Cek kembali apakah ada kesalahan ketik atau typo. Jangan sampai typo memengaruhi penilaian recruiter terhadap dirimu karena kurang memerhatikan detail.
  4. Apabila kamu seorang profesional dengan pengalaman, kamu dapat mencantumkan prestasi, pujian, dan penghargaan profesional yang pernah kamu peroleh untuk menarik minat recruiter.
  5. Apabila kamu seorang fresh graduate dengan pengalaman yang lebih sedikit, kamu dapat mencantumkan prestasi akademik, kegiatan ekstrakulikuler, motivasi diri, dan penetapan tujuan karirmu.
  6. Tulis subject email sesuai dengan persyaratan. Apabila tidak ada persyaratan khusus, kamu dapat menulis subject dengan “posisi yang dilamar – nama pelamar”.
  7. Jelaskan tentang bagaimana pengalamanmu dapat membantu perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar.
  8. Apabila kamu tidak mengetahui nama recruiter atau HRD yang kamu tuju, kamu dapat menulis “Yth. Bapak/Ibu HRD (Nama Perusahaan)”.
  9. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan pilih font yang simpel.
  10. Jangan lupa untuk mencantumkan nama, email, dan nomor telepon di bagian akhir cover letter.

Baca juga: Walk In Interview: Arti dan Tips Menjawabnya

Contoh Cover Letter

Apabila kamu memiliki pengalaman dan ingin segera mendapatkan kerja, gunakan contoh cover letter ini untuk melamar pekerjaan dalam bahasa Indonesia:

Contoh Cover Letter. Sumber: glints.com

Baca juga: Apa Itu Etos Kerja? Penting Banget Untuk Karier Lho!

Demikianlah penjelasan mengenai cover letter beserta dengan tips dan contoh cover letter bahasa Indonesia, yang mungkin bisa kamu jadikan referensi ketika hendak melamar sebuah pekerjaan. Nah kalau kamu mau tahu kiat-kiat sukses lolos seleksi surat lamaran kerja, kamu bisa gabung dengan course online “Menulis Surat Lamaran Kerja” di Vocasia. Sebab, kelas ini dipersiapkan bagi pelamar kerja, baik itu fresh graduate atau yang ingin memulai dan meningkatkan kariernya di dunia profesional.

basic excel training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *