Sabun merupakan salah satu alat untuk membersihkan sesuatu yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sabun terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sabun batang, sabun cair, dan sabun bubuk. Tentunya, ketiga jenis sabun ini dipergunakan untuk keperluan yang berbeda. Berhubung sabun berperan penting untuk membersihkan sesuatu, maka iklan produk sabun juga harus menarik. Tujuannya agar calon konsumen melirik produk sabun tersebut.
Baca juga: 10+ Contoh Iklan Kreatif
Apalagi sekarang ada berbagai jenis brand sabun yang telah tersebar dengan berbagai keunggulan yang mereka miliki, mengakibatkan seorang marketer harus pintar-pintar membuat iklan sabun yang menarik. Lalu bagaimana, sih, iklan yang menarik itu? Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 12 contoh iklan produk sabun yang menarik.
1. Sabun Cuci Piring
Pertama, jenis sabun cuci piring, dalam iklan ini sebaiknya menyesuaikan target pasar yang didominasi oleh kaum ibu-ibu. Berikut beberapa contoh produk dan iklan sabun cuci piring:
Mama Lemon
“Mama Lemon ahlinya bersihkan 100 macam lemak bandel
Mama Lemon dengan formula baru mengandung extra power clean
Setetes aja cepat mengangkat 100 macam sisa lemak masakan
Kerak-nya hilang, bersihnya kesat, dan bau amis hilang
Mama Lemon, cepat dan tepat bersihkan 100 macam lemak
Ada Mama Lemon, semua pasti beres.”
Dalam iklan ini menggaet seorang chef bernama Arnold Poernomo yang sedang memasak dengan berbagai sisa makanan yang menumpuk. Lalu, ia menggunakan Mama Lemon untuk mencuci alat masak yang sangat berlemak tersebut.
Sunlight
“Hari boleh selesai, namun lawan bakterinya belum
Sunlight higienis baru dengan Habbatussauda
Tidak hanya bersihkan lemak, juga bunuh bakteri 100x lebih efektif
Selalu bisa lebih, Sunlight extra higienis baru”
Dalam iklan ini, digambarkan seorang ibu bersama anaknya yang meletakkan tempat makanan berlemak dan kotor. Lalu, ia mencuci dengan Sunlight Extra Higienis yang dapat mempermudah menghilangkan lemak pada alat dapur, sehingga ia bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat.
2. Sabun Muka
Jenis sabun yang kedua, yaitu sabun muka. Berbeda dengan sabun cuci piring, iklan ini cenderung menyesuaikan dengan target pasar usia remaja. Jadi pembawaannya sedikit lebih riang dan cool. Berikut contohnya:
Garnier Men
“Cowok pasti tau alat yang pas
Abis aktivitas muka jadi kotor dan berminyak
Bro, buat muka pilih yang pas juga
Garnier Men Acno Fight
Dengan Salicylic Acid, dan Herba Repair
Lawan 99% kuman penyebab jerawat dalam 10 detik
ini cara gue lawan jewar, buktiin sendiri
Garnier Men Acno Fight
Dari Garnier”
Iklan ini menampilkan aktor Iqbal Ramadhan yang sedang memperbaiki motor. Setelah melakukannya, wajah menjadi kotor dan akan menyebabkan jerawat. Saat rekannya membersihkan muka dengan sabun biasa, ia mulai memberitahu tentang produk ini kepada rekannya untuk mencegah jerawat di wajah.
Baca juga: Manfaat, Cara Kerja Dan Penggunaan Salicylic Acid
Emina
“Emina Bright Stuff auto cerah dengan 2 langkah
Niacinamide dan summer plum extract
Mencerahkan dan lawan kulit kusam
Face wash gentle membersihkan
Moisturizing-nya lembut melembabkan
Auto cerah dan glowing with emina bright stuff
My beauty bestie”
Sebagai produk skincare yang ditujukan untuk anak muda, iklan Emina Bright Stuff ini berkonsep ceria dan fresh diiringi intonasi yang riang. Tak lupa, di akhir iklannya Emina menyebutkan jargon andalan yaitu #mybeautybestie.
POND’S
“Wajah bruntusan bikin nggak pede?
Yuk, lawan bruntusan dengan POND’S Pure Bright!
POND’S Pure Bright Facial Foam
Mengandung activated charcoal yang mampu mengurangi bruntusan dengan membersihkan kotoran, minyak, dan polusi 5x mendalam sampai ke pori-pori
Untuk wajah glowing dan mulus”
Dalam iklan ini ditampilkan seorang perempuan akan melakukan perform, namun wajahnya kusam dan bruntusan. Ia memakai Pond’s Pure Bright untuk mengatasi masalah wajah tersebut.
Kahf
“Di setiap pilihan pasti ada tantangan
Tapi aku siap menghadapinya
Karena ini jalan yang kupilih
Kahf Face Wash dengan formulasi halal dan technology hydro balance
Bersihkan wajah dengan gentle dan refreshing tanpa membuat kulit kering
Wajah bersih, pikiran jernih
Siap hadapi apapun tantangannya
Bersama Kahf face wash, wajah bersih
Siap hadapi jalan yang kupilih”
Iklan ini menampilkan seorang pria yang mengalami masalah di pekerjaannya. Namun, ia tetap menghadapinya karena itu merupakan hal yang dia pilih. Tak lupa, hampir di setiap penyampaian promosi, si aktor selalu mengatakan jargon Kahf yaitu #jalanyangkupilih.
Baca juga: 9 Facial Wash Yang Cocok Untuk Remaja
3. Sabun Mandi
Sabun mandi merupakan jenis sabun yang tidak memiliki target pasar khusus. Karena sabun ini memang bisa digunakan di semua umur dan kalangan. Namun umumnya, iklan ini bertemakan keluarga.
Lifebuoy
“Bikin kuman lari dengan sabun yang tidak mudah tergelincir
Pakai sabun cair Lifebuoy, dengan activ silver formula
Untuk bantu pastikan kuman lari dan dan badan pun terlindungi
Yang lari kumannya, bukan sabunnya”
Begitulah kira-kira Iklan yang disajikan Lifebuoy untuk memperkenalkan produk sabun cair pertama mereka.
Dettol
“Waktu mereka bermain di luar, mereka tidak bisa menghindar dari kuman penyakit
Karena itu, mereka perlu perlindungan yang selangkah di depan
Perlindungan Dettol efektif melawan kuman
100% perlindungan lebih baik
Dukung anak untuk bermain & belajar di luar
Tanpa perlu khawatir ancaman kuman penyebab penyakit
Dengan perlindungan sabun Dettol yang mampu melawan 99.99% kuman penyebab penyakit”
Ikan Dettol menampilkan seorang anak yang sedang bermain di luar dan rentan terkena kuman penyakit. Oleh karena itulah, Dettol telah hadir sebagai solusi atas masalah tersebut.
Nuvo
“Agar senantiasa terlindungi dari kuman dan bakteri yang setiap hari kita temui, awali hari Anda dan keluarga dengan menggunakan rangkaian produk dari NUVO Family.
Dimulai dengan
NUVO Hand Soap
NUVO Body Wash
NUVO Hand Sanitizer
NUVO Wet Wipes
Rangkaian produk NUVO Family aktif melawan kuman dan melindungi keluarga setiap saat 24 jam 7 hari.
Ayo, lawan kuman dan bakteri dengan NUVO Family!”
Dalam mempromosikan produknya, Nuvo mengiklankan berbagai jenis produk yang ia miliki. Seperti sabun cuci tangan, Nuvo sabun mandi, Nuvo hand sanitizer, dan Nuvo tisu basah. Jadi dalam iklannya, ia langsung memperlihatkan satu keluarga yang menggunakan semua produk tersebut.
4. Sabun Cuci Pakaian
Selanjutnya, yaitu sabun cuci baju. Sama halnya dengan sabun cuci piring, iklan sabun cuci baju didominasi oleh target pasar ibu-ibu. Simak beberapa contoh berikut:
Rinso
“Mau baju wangi dan bebas noda?
Rinso Korean Strawberry baru
Anti noda, anti bau keringat
Wangi tahan lama
Bersih bebas noda
Rinso Korean Strawberry baru
Anti noda, anti bau keringat”
Dalam iklan ini kata-kata yang digunakan cukup sederhana dan singkat namun langsung tertuju pada kelebihan yang dimiliki produk Rinso dengan varian baru.
So Klin
“Baru, SoKlin Liquid Provence Lavender
Dengan Natural Essential oils Provence Lavender Prancis
Meresap ke serat pakaian, harum dan tahan lama
Pakaian bersih dari noda membandel dengan Power Action yang lembut di tangan
Pakaian bersih, harum semerbak yang menenangkan dan bikin jatuh hati
Sudahkah Moms mencoba SoKlin Liquid Provence Lavender ini?
SoKlin Liquid Provence Lavender”
Iklan ini menunjukkan kemudahannya dalam menggunakan sabun. Soklin liquid yang memiliki formula bagus dan membuat harum lebih lama. Namun penggunaannya tetap tidak mengakibatkan tangan menjadi kasar.
Nah, itulah tadi beberapa contoh iklan sabun yang menarik dan tentunya bisa kamu terapkan ke produkmu. Tujuannya agar strategi marketing dan promosi tetap berjalan lancar, serta target pasar sesuai dengan apa yang telah kamu susun sebelumnya. Jika kamu menginginkan informasi yang lebih banyak tentang berbagai hal ataupun tentang tips and trick, kamu bisa langsung mengunjunginya di blog Vocasia hanya di sini.