Tanggal:26 April 2024

9 Contoh Kecerdasan Intelektual dalam Kehidupan Nyata, Sudahkah Memilikinya?

Kecerdasan Intelektual atau yang sering dikenal sebagai IQ adalah ukuran kemampuan seseorang berdasarkan kemampuan intelektual, analisis, logika dan rasio yang dimiliki seseorang.

Terdapat beberapa contoh kemampuan intelektual dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat berada dalam lembaga pendidikan, seorang siswa mampu mengelola organisasi sosial meski tidak begitu andal dalam mata pelajaran akademik lainnya.

Kecerdasan intelektual mampu membuat seseorang memiliki kemampuan pada bidang tertentu yang umumnya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah kamu mengetahui contoh-contoh kecerdasan intelektual? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Semasa Kemerdekaan

Pengertian Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan Intelektual dalam Kehidupan Nyata. Sumber: pexels.com

Intelektual adalah bentuk kemampuan yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan berbagai jenis kegiatan yang akan dihadapi dalam dunia kerja atau sebatas di kehidupan sehari-hari. Pentingnya memiliki kemampuan ini adalah untuk menunjang segala keahlian pada bidang tertentu.

Intelektual memiliki beragam dimensi antara lain dalam memperoleh kecerdasan angka, verbal, kecepatan menentukan persepsi, penalaran secara induktif dan deduktif, dan visualisasi spasial. 

Selain kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ), sebetulnya ada kecerdasan lain yang perlu diimbangi. Berikut penjelasan mengenai beberapa kecerdasan lain yang dimiliki manusia: 

  • Adversity quotient (AQ) yaitu kecerdasan seseorang dalam menghadapi situasi-situasi masalah dalam kehidupan
  • Emotional quotient (EQ) yaitu kemampuan seseorang untuk menerima serta mengontrol emosi dalam diri dan orang lain disekitarnya, EQ berhubungan dengan kemampuan diri untuk mengontrol perasaan 
  • Spiritual quotient (SQ) yaitu kecerdasan jiwa dan kemampuan seseorang untuk untuk memaknai apa yang dihadapinya dalam kehidupan serta 
  • Transcendental quotient yaitu kecerdasan ruhaniah/ilahiyah yang merupakan pengembangan dari kecerdasan spiritual. 

Kaum akademisi ataupun yang lainnya perlu menyeimbangkan seluruh kecerdasan. Tidak hanya berfokus pada kecerdasaan intelektual saja, melainkan menajamkan pada kecerdasan lainnya, misalnya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual demi kehidupan yang lebih indah kedepannya.

Namun, artikel ini hanya akan membahas contoh-contoh kecerdasan intelektual yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Tips Kolaborasi Antar Brand

Contoh Kecerdasan Intelektual

Berikut beberapa contoh kecerdasan intelektual seseorang yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Baca juga: Apa Itu Brand Community Marketing 

1. Kecerdasan linguistik

Kemampuan linguistik. Sumber: pexels.com

Kecerdasan ini biasanya lebih dominan dimiliki oleh seorang jurnalis, pengacara dan penyair. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang dalam ruang lingkup bahasa untuk mengolah kata-kata dengan baik dalam bentuk audio atau bicara, maupun dalam bentuk tulisan.

2. Kecerdasan matematika atau logika

Kemampuan matematika-logika. Sumber: pexels.com

Sesuai dengan namanya, seseorang dengan kecerdasan ini biasanya pandai dalam membuat klasifikasi maupun kategorisasi, berpikir dengan pola, memahami sebab akibat dan pandai membuat hipotesis. Contoh kecerdasan intelektual ini banyak ditemui pada seorang ilmuwan, akuntan dan programmer.

3. Kecerdasan spasial

Kemampuan spasial. Sumber: pexels.com

Merupakan kecerdasan yang kompleks yang memadukan kepekaan yang tajam dalam visual, memahami keseimbangan warna, garis dan bentuk ruang serta membuat sketsa ide yang jelas. Orang-orang yang memiliki kecerdasan spasial di antaranya seorang arsitek, fotografer, desainer, pilot dan insinyur.

4. Kecerdasan kinestetik dan jasmani

Kemampuan kinestesis. Sumber: pexels.com

Contoh kecerdasan intelektual ini dominan dimiliki oleh seorang atlet, pengrajin, penjahit, dan montir. Seseorang dengan kemampuan ini mempunyai kecerdasan untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan dan juga menyukai kegiatan yang banyak melibatkan fisik.

5. Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal. Sumber: pexels.com

Orang dengan kecerdasan musikal mempunyai kemampuan untuk mengembangkan mengekspresikan dan juga menikmati musik dan suara. Penyanyi, musisi, pemain alat musik dan pencipta lagu adalah contoh orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal dan umumnya memiliki kemampuan dalam menghafal lagu-lagu dengan cepat walaupun baru pertama kali didengarnya.

Baca juga: Franchise Tiger Sugar

6. Kecerdasan interpersonal

Kepedulian terhadap sesama. Sumber: pexels.com

Seseorang yang memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain, peduli, memotivasi, dan memahami watak orang lain. Kecerdasan interpersonal mencakup kehidupan seseorang dengan melihat bagaimana sikap yang ditunjukkan kepada sesama makhluk hidup. Contoh kecerdasan intelektual ini dimiliki seorang networker, negosiator dan guru.

7. Kecerdasan intrapersonal

Kemampuan terhadap diri sendiri. Sumber: pexels.com

Kecerdasan ini adalah kebalikan dari kecerdasan interpersonal yaitu memiliki pemahaman terhadap kecerdasan intelektual dan pengetahuan tentang dirinya sendiri. Kecerdasan ini dapat membuat seseorang lebih suka untuk bekerja sendiri dan terkesan cuek. Orang dengan ciri ini biasanya ditemukan oleh seorang konselor dan teolog.

8. Kecerdasan eksistensial

Kemampuan eksistensial. Sumber: pexels.com

Kecerdasan eksistensial melibatkan kemampuan dalam unsur mendasar soal kehidupan. Orang dengan kecerdasan ini memiliki keingintahuan yang tinggi tentang tentang arti kehidupan, kematian dan realitas hidup.

9. Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis. Sumber: pexels.com

Kemampuan seseorang dalam mengenali alam sekitar dan peduli dengan sesama makhluk hidup. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dengan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. 

Ciri-ciri kecerdasan ini dimiliki oleh orang-orang yang mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku hewan, dan senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh petaninelayanpendaki, dan pemburu.

Baca juga: Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia

Demikian penjelasan mengenai kecerdasan intelektual serta contoh-contohnya yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Setidaknya kamu menyadari bahwa kamu memiliki beberapa kemampuan di atas untuk menunjang pekerjaanmu dalam suatu bidang. 

Klik tautan berikut untuk dapat membaca artikel menarik lainnya yang dapat memperluas pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia dengan memperoleh harga yang terjangkau untuk mengikuti berbagai kelas online agar mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Tipe Kepemimpinan Otoriter

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *