Tanggal:20 April 2024
contohusaha pertanian

5 Contoh Usaha Pertanian untuk Kamu yang Mau Memulai Bisnis

Pertanian kerap dikaitkan dengan tempat yang kotor, bau, dan panas. Padahal saat ini sektor pertanian sudah mengalami banyak inovasi bahkan di kota-kota besar. Seperti hortikultura, terrarium, dan hidroponik merupakan contoh usaha pertanian modern yang praktis dan tidak membutuhkan lahan banyak. Terlebih lagi, selain modal minim, produk pertanian juga termasuk kebutuhan primer manusia yang dibutuhkan sehari-hari.

Nah, bagi kamu yang ingin mulai berbisnis di bidang ini dan masih bingung menentukan jenis usahanya, Vocasia sudah merangkum beberapa daftarnya. Yuk, simak!

Ide Usaha di Bidang Pertanian

1. Menjual bibit tanaman

contohusaha pertanian

source: bisnisukm

Contoh usaha pertanian yang pertama adalah menjual bibit tanaman, baik secara online maupun offline. Saat ini cukup banyak pemula yang ingin mencoba bercocok tanam sayur dan buah, seperti, bibit kangkung, bayam, tomat, wortel, atau semangka.

Biasanya, bibit tanaman dijual dalam bentuk kemasan kecil dengan berat tertentu dan dikemas secara unik satu set dengan alat bertani sehingga menarik minat para pemula. Sementara untuk skala lebih besar, kamu bisa menawarkan produk bibit berkualitas kepada para pelaku usaha pertanian dan perkebunan sehingga terjalin kerja sama dan bisa menjadi mitra untuk jangka panjang.

Baca juga | 5 Contoh Tanaman Holtikultura yang Ada di Indonesia

Selain berjualan secara offline, kamu juga harus memanfaatkan internet sebagai media pemasaran melalui marketplace atau membuat online shop agar menjangkau pasar lebih luas. Pengiriman produk bibit pun lebih mudah dan low risk jika dikirim ke luar kota bahkan luar negeri.

2. Jual tanaman hidroponik

contohusaha pertanian

source: 99.co

Sayuran hasil tanaman hidroponik saat ini memiliki banyak peminat sehingga menjadi usaha yang cukup potensial. Selain itu, tanaman hidroponik hemat air untuk mencuci dan aman karena tidak menggunakan pestisida. Tanaman hidroponik juga lebih higienis karena tidak menyentuh tanah dan tidak mudah terserang hama.

Pencarian lahan tanam yang cukup sulit menjadikan sistem hidroponik sebagai solusi bercocok tanam dengan lahan terbatas. Terutama di kota besar yang kesulitan menemukan media tanam berupa tanah. Sebab hidroponik mengusung konsep bercocok tanam menggunakan media air.

Baca juga | 10 Cara Memulai Usaha Hidroponik

Belum banyak orang yang bisa bercocok tanaman dengan metode hidroponik ini. Padahal sebenarnya metode tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas, gelas, atau toples plastik sebagai media tanamnya. Saat ini sudah ada pelaku usaha online yang kreatif menjual paket usaha hidroponik lengkap dengan panduan penggunaannya.

Baca juga | 

7 Cara Budidaya Kembang Kol secara Hidroponik, Cocok untuk Lahan Sempit!

Selada Hidroponik, Ketahui Cara Menanam Yang Mudah dan Keunggulannya

6 Cara Budidaya Kangkung Hidroponik, Ternyata Mudah!

3. Alat pertanian

Pada tahun 2018, telah diumumkan bahwa sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 9,93 persen. Berdasarkan hasil riset tersebut, tentunya bisa diambil kesimpulan bahwa alat pendukung aktivitas pertanian sangat diminati di pasaran.

Di media sosial, aktivitas berkebun sedang menjadi tren gaya hidup masyarakat perkotaan. Sehingga, menjual alat pertanian bisa menjadi peluang usaha pertanian. Mulai dari pot-pot tanaman, media tanam tanah atau sekam, sekop, cangkul, dan beberapa alat berkebun lain adalah contoh usaha dengan modal kecil. Selain itu, kamu juga bisa membuat paket satu set bibit tanaman dan alat pertanian dengan kemasan yang menarik untuk menggaet minat para beginner.

4. Sayur buah organik

Bercocok tanam sayur dan buah organik termasuk dalam kategori usaha dengan modal yang kecil. Pasalnya, ia tidak memerlukan perlengkapan pertanian khusus seperti obat hama atau pupuk buatan. Kelebihannya, produk ini bebas pestisida sehingga harga jual buah dan sayurnya selalu lebih tinggi dibandingkan yang konvensional.

Meski relatif mahal, permintaan pasar akan sayur dan buah organik cukup tinggi. Hal ini dikarenakan masyarakat yang teredukasi dan menerapkan pola hidup sehat semakin banyak. Jadi, kamu tak perlu khawatir dengan target konsumen.

5. Jual tanaman hias

contoh usaha pertanian

source: detik.finance

Budidaya tanaman hias juga bisa menjadi peluang usaha pertanian karena terbukti mampu menurunkan tingkat stres. Kaum wanita menjadi peminat terbesar tanaman hias ini karena bisa mempercantik rumah dan membuatnya menjadi lebih sejuk, asri, dan indah.

Saat ini jenis tanaman monstera dan aglonema sedang digandrungi para pecinta tanaman. Bahkan, mereka rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mengoleksi salah satunya. Menjalankan usaha budidaya tanaman hias memang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan pasar dan kekinian agar mudah menarik minat konsumen.

Itu dia beberapa contoh usaha di sektor pertanian. Tertarik untuk mencoba? Semoga sukses!

Baca juga | Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *