Tanggal:18 April 2024

Apa Itu CPC? Pengertian, Penting Hingga Cara Menghitungnya

Bagi kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia digital marketing pastinya tidak asing lagi dengan istilah CPC. Di dunia periklanan, CPC merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam melakukan pengiklanan melalui website

Banyak tipe iklan yang menggunakan CPC sebagai metrik pengukurannya mulai dari Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan juga Twitter Promoted Tweets. Nah, untuk Sobat yang masih bingung apa itu CPC, artikel Vocasia kali ini akan membahas lebih dalam tentang CPC. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu CPC?

CPC merupakan metode yang ada di dalam digital marketing yang berfungsi untuk menghitung biaya yang diberikan oleh pengiklan kepada pemilik website untuk satu kali klik iklan tersebut.

CPC juga biasanya disebut juga PPC atau pay per click yang artinya sama “biaya per kliknya”. Jika kita lihat dari dua sisi yang berbeda, CPC memiliki kegunaan yang berbeda. Dari sudut pandang pengiklan, CPC ini satuan metrik yang menentukan tingkat keberhasilan dari iklan berbayar tersebut.

Sementara dari sisi pemilik website, CPC adalah cara yang digunakan untuk menagih biaya iklan berdasarkan banyaknya klik yang didapatkan iklan tersebut. Banyaknya klik ini didapatkan dari pengunjung yang mengunjungi website tersebut.

Nah, biasanya pemilik website akan menggunakan pihak ketiga untuk menyesuaikan jumlah biaya tersebut. Alat yang paling sering digunakan untuk menghitung hal tersebut adalah Google Adwords.

Pentingnya CPC Bagi Pelaku Bisnis

Metode CPC ini sangat penting dan sangat berpengaruh bagi pelaku bisnis. Beberapa manfaat yang diperoleh para pebisnis yang memanfaatkan CPC sebagai sarana pengiklanan, antara lain: 

  • Mendapatkan konsumen yang lebih sesuai sasaran, relevan, dan juga spesifik.
  • Mampu mengetahui efektivitas biaya yang telah dikeluarkan berdasarkan jumlah pengunjung yang datang.
  • Memperoleh informasi terkait teks iklan, kata kunci, atau flyer iklan mana pun yang efektif untuk promosi iklan.
  • Budget lebih terjangkau sehingga bisa menghemat pengeluaran sesuai dengan budget yang ada.
  • Mengoptimalisasi kinerja SEO.

Cara Menghitung CPC

Dalam menentukan biaya, pastinya ada formula untuk menghitung biaya tersebut. Begitu juga dengan CPC, ada rumus yang digunakan untuk menghitung CPC. 

[Cost Per Click] = Biaya Iklan : Jumlah Klik.

Jadi, secara singkatnya untuk menghitung CPC adalah dengan membagi biaya (cost) ads dengan banyaknya jumlah klik yang diperoleh.

Cara Mengoptimasi CPC

Pastinya untuk meningkatkan jumlah klik dalam iklan tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengoptimalkan CPC itu sendiri. Hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi Cost Per Click (CPC), di antaranya: 

a) Merancang Landing Page yang Informatif.

Landing page adalah tampilan website yang terlihat pada saat kita membuka link. Hal yang menjadi pertimbangan dalam membuat landing page yang menarik adalah headline yang relevan, desain brand yang konsisten, copywriting atau tulisan yang komunikatif, call to action yang dapat menarik pengguna, dan juga bentuk landing page yang simpel dan informatif.

b) Menciptakan ads copy yang menarik

Ada tiga hal yang diperhatikan untuk menulis ads copy yang efektif, yaitu fitur, manfaat, dan call to action (CTA) agar dapat meningkatkan rasio click through rate (CTR). Untuk meningkatkan CTR, kalian bisa menggunakan kata kerja berbentuk aktif, hindari pengulangan kata, dan adanya kalimat persuasif atau ajakan.

Nah, buat kalian yang ingin meningkatkan skill digital marketing dalam melakukan pengiklanan. Sobat bisa mengikuti kursus online yang diadakan oleh Vocasia yang membahas “Tingkatkan Penjualan dengan Teknik Beriklan di Facebook & Instagram”. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan tips-tips dan juga materi yang sangat bermanfaat tentang digital marketing khususnya periklanan. Yuk, buruan daftar dan dapatkan segala benefitnya, langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *