Site icon Vocasia

Mengenal Customer Value Lebih Dalam

Pelanggan adalah raja. Istilah tersebut tentu benar adanya dalam dunia bisnis. Pelanggan merupakan ujung tombak kesuksesan sebuah bisnis. Hal ini berkaitan dengan customer value. Customer value adalah tingkat kepuasan yang didapatkan pelanggan dari membeli sebuah produk atau layanan tertentu. Pelanggan harus memperoleh pengalaman dan kesan puas dari produk bisnis yang kamu berikan. Kamu perlu memastikan dan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Kepuasan konsumen dapat ditentukan dari berbagai aspek, loh. 

Baca Juga : Indikator Kepuasan Konsumen

Kamu bisa membuat customer value melalui harga produk, kualitas produk dan aspek lain. Costumer value adalah segala bentuk yang berkaitan dengan pengalaman pelanggan. Kamu harus membawa subjektivitas positif di mata setiap pelanggan. Berbagai layanan dan inovasi produk wajib kamu tingkatkan. Berbagai aspek tersebut tentunya saling berpengaruh satu sama lain. Customer value juga merupakan hal yang subjektif. Konsumen bisa saja tidak puas dengan value produk yang kamu tawarkan. Alasannya, produk tersebut memang tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pelanggan. Kamu harus cerdik menciptakan rasa kepuasan di hati konsumen, ya. Lalu, faktor apa saja yang mampu menciptakan customer value? Simak lengkapnya berikut ini.

1. Keunikan Produk

Ilustrasi Penjelasan Keunikan Produk (sumber: pexels)

Berikan pelanggan sesuatu yang berbeda dan unik. Pelanggan akan mendapatkan pengalaman dan kepuasan tersendiri saat mencoba produk yang kamu tawarkan. Keunikan produk dapat tercipta dari beragam hal. Seperti halnya suguhan cita rasa yang autentik, bentuk produk yang unik, hingga manfaat produk yang sangat berharga. Kamu harus jeli dalam membuat inovasi produk yang unggul. Tonjolkan ciri keunikan dari produk yang dipasarkan. Kamu harus pandai menyajikan ciri khas produk yang berbeda dari yang lain. Keunikan tersebut akan melekat dibenak pelanggan. Setiap pelanggan dapat merasa puas dan ingin datang secara berulang. Ciptakan customer value yang sangat memukau bagi pelanggan, ya. Dan kamu juga harus memastikan keunikan produk mengalami inovasi secara terus-menerus.

Baca Juga : Customer Behavior

2. Kualitas Produk

Ilustrasi Produk Berkualitas (sumber: pexels)

Kamu dituntut memberikan kualitas terbaik kepada setiap pelanggan. Buatlah pelanggan datang secara berulang dari kualitas produk yang kamu jual. Pelanggan dengan sendirinya akan merasa puas. Dari kepuasan tersebut customer value akan mudah terbentuk. Kualitas produk menjadi ciri utama yang kamu jual kepada pelanggan. Produk berkualitas baik akan membuat pelanggan merasa bangga dan berkeinginan membeli kembali. Pastikan berbagai aspek terkait produksi produk telah sesuai standar. Hal ini dapat mendukung penciptaan hasil kualitas produk terbaik. Pilih bahan-bahan dan material pendukung dengan kualitas maksimal. Dan berikan hasil produk secara memuaskan kepada setiap pelanggan.

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk

3. Harga Produk

Ilustrasi Harga Spesial Produk (sumber: pexels)

Kamu bisa memberikan harga yang sebanding dengan kualitas produk. Tak perlu ragu akan tingkat minat beli pelanggan. Produk yang berkualitas tentu berbeda harga dengan produk biasa. Tentu karena kamu menyajikan hal terbaik kepada setiap pelanggan. Kamu bisa menetapkan harga dengan melihat kompetitor lainnya juga. Hal ini bisa menjadi landasan kamu dalam melihat kecenderungan minat beli pelanggan. Kamu bisa memasarkan produk dengan pemberian harga yang sesuai. Jangan terlalu menekan harga. Lalu, kamu juga tidak boleh menurunkan harga jauh di atas standar pasar, ya. Buatlah sesuai dan seimbang dengan pasar. Namun, tekankan aspek kualitas produk yang menjadi ciri utama. Pelanggan akan merasa puas dan yakin untuk terus memilih produk yang kamu tawarkan. Dan customer value dari bisnis kamu akan terus meningkat.

Baca Juga : Tips Menerapkan Harga Produk

4. Manfaat Produk sebagai Nilai Jual 

Ilustrasi Membaca Manfaat Produk (sumber: pexels)

Kamu bisa menjual dan menyuguhkan manfaat sebagai nilai unggul dari produk. Berikan manfaat secara nyata kepada pelanggan. Tambahkan informasi secara detail kepada setiap pelanggan. Produk yang kamu pasarkan haruslah memiliki kegunaan bagi pelanggan ataupun lingkungan. Jangan hanya mengutamakan keuntungan semata. Pastikan produk dapat bersaing di pasar dengan bukti nyata manfaatnya. Kamu harus pandai menyajikan kegunaan produk melalui informasi yang disalurkan kepada pelanggan. Tetapkan manfaatnya dan raih nilai jual produknya. Customer value bisnis kamu pun akan meningkat.  

Nah, itu dia penjelasan mengenai customer value. Beberapa faktor tersebut dapat menjadi penentu dalam meningkatkan customer value bisnis kamu. Berikan yang terbaik kepada setiap pelanggan, ya. Jangan mengecewakan pelanggan dari produk yang kamu tawarkan. Rasa puas yang dirasakan pelanggan dapat menumbuhkan kemajuan terhadap bisnis kamu. Customer value dari bisnis kamu pun dapat tercipta secara jelas di mata pelanggan. Suguhkan segala hal yang terbaik kepada pelanggan. Dan terus tingkatkan rasa puas di hati pelanggan kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga :

Exit mobile version