Tanggal:28 March 2024

CV ATS: Pengertian, Ciri, Kelebihan dan Cara Membuatnya.

Pada saat ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, biasanya ada beberapa dokumen yang harus kita lengkapi, salah satunya adalah Curriculum Vitae. Kalian tentunya tidak asing lagi dengan Curriculum Vitae atau yang lebih kita kenal dengan sebutan CV. Nah, CV ini merupakan salah satu dokumen yang penting dilampirkan pada saat melamar pekerjaan.

Karena CV berfungsi untuk memudahkan HRD dalam mengetahui profil diri, pengalaman, dan juga keahlian (skill) yang dimiliki oleh pelamar. Tanpa adanya CV, pastinya HRD akan mengalami kesulitan untuk memilih kandidat mana yang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Namun CV ada banyak jenisnya loh Sobat! Salah satu CV yang paling sering digunakan untuk melamar pekerjaan adalah “CV ATS-Friendly”. Nah, apa sih “CV ATS-Friendly” itu? Bagi sobat yang masih bingung, tenang saja karena artikel ini akan membahas lebih dalam apa itu “CV ATS-Friendly”.

Apa Itu CV ATS?

Sebelum membahas ciri-ciri dari CV ATS, lebih baik kita mengetahui lebih dulu apa itu ATS. Jadi, ATS itu merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membaca CV pelamar kerja. ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System. Jadi aplikasi ini akan membantu HRD untuk melakukan pelacakan (tracking) dan menyeleksi CV pelamar dalam jumlah yang banyak.

Nah, agar CV bisa dibaca oleh sistem ATS, maka sebagai pelamar harus membuat CV yang ATS Friendly. Dengan menggunakan CV yang ATS Friendly, sistem ATS akan dapat membaca CV kita dengan lebih baik. Oleh karena itu, peluang kita untuk dipanggil sesi wawancara akan semakin besar.

Kira-kira bagaimana sih ciri-ciri CV ATS Friendly? Selanjutnya artikel ini akan membahas apa saja ciri-ciri agar CV menjadi CV ATS Friendly. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Ciri-Ciri CV ATS Friendly

CV kalian bisa terbaca dengan mudah oleh sistem ATS bila memiliki ciri-ciri tertentu. Ada beberapa ciri agar CV kamu termasuk CV yang ATS Friendly.

1) Menggunakan Bahasa Inggris

Ciri pertama yang harus kamu penuhi dalam membuat CV ATS adalah menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya. Mengapa memakai bahasa Inggris? Sebab ada beberapa sistem ATS yang hanya bisa membaca tulisan berbahasa Inggris. Alhasil, CV kamu dapat dibaca dengan lebih mudah oleh sistem ATS

2) Maksimal Dua Lembar. 

CV yang baik adalah CV yang tidak bertele-tele dalam menyampaikan informasi. Oleh karena itu, agar CV kita dapat dibaca dengan mudah oleh sistem ATS, sebaiknya CV terdapat maksimal dua lembar saja.

3) Pakai Font Standar

Font yang dapat dibaca oleh sistem ATS adalah font yang standar seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, dan juga Calibri. Ukuran font juga jangan kurang dari 11, karena jika terlalu besar dan kecil akan mempengaruhi keterbacaan CV kalian.

4) Cantumkan Kontak

Salah satu bagian terpenting dalam CV adalah data diri. Oleh karena itu, kita harus mencantumkan kontak seperti alamat e-mail, nomor telepon, dan tentunya nama lengkap. Mencantumkan informasi tersebut akan memudahkan perekrut (recruiter) untuk menghubungi kita.

5) Sederhana/Simpel

Hal yang merupakan kunci dari CV ATS adalah kesederhanaan. Alasannya agar CV-mu mudah dibaca oleh sistem ATS Oleh sebab itu, beberapa hal yang tidak perlu dimasukkan ke dalam CV ATS untuk menjaga kesederhaan isi. Hal-hal tersebut seperti foto diri, gambar, grafik, simbol, emoji, dan tabel. Jadi buat CV yang simpel saja!

Kelebihan dari CV ATS

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CV ATS dari jenis-jenis CV yang lainnya. Kelebihan dari CV ATS antara lain:

  • CV dengan format ATS akan membuat CV kita terlihat profesional.
  • CV ATS dapat dibuat dengan mudah karena desainnya simpel.
  • Memudahkan sistem ATS dalam membaca CV kita dengan baik dan benar.
  • Memudahkan perusahaan dalam menyeleksi pelamar yang akan bekerja di perusahaan tersebut.

Cara Membuat CV ATS

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam membuat CV ATS Friendly. Tahap-tahap yang harus dilewati agar CV kita menjadi CV yang ATS Friendly adalah:

  1. Memahami dengan baik tentang posisi yang akan dilamar. Dengan demikian, kita dapat membuat CV menggunakan keywords yang sesuai dengan posisi yang akan dilamar.
  2. Pilihlah format (template) CV yang ATS Friendly.
  3. Buat sub-judul bagian-bagian CV dengan jelas.
  4. Isi CV dengan informasi yang relevan.
  5. Gunakan Font yang dapat dibaca dengan jelas oleh sistem ATS. 
  6. Simpan dengan format yang benar agar memudahkan sistem ATS dalam membacanya. Format yang biasanya digunakan adalah Word (.docx) atau PDF.
  7. Lakukan tes CV ATS, hal ini akan menginformasikan kepada kita apakah CV kita sudah termasuk ke dalam CV ATS.

Nah, Sobat sudah lebih mengetahui, kan apa itu CV ATS. Jadi untuk sobat mahasiswa yang ingin melamar magang ataupun kalian para fresh graduate yang ingin melamar kerja, kalian bisa menggunakan CV ATS agar peluang kalian diterima di perusahaan semakin besar.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang cara membuat CV ATS. Kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang cara Membuat CV yang Ramah Applicant Tracking System (ATS) Alhasil kalian bisa mendapatkan banyak benefit dari kursus tersebut. Yuk, untuk pendaftaran bisa KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *