Tanggal:28 March 2024

Detailing Mobil: Pengertian, Manfaat, Proses dan Biaya yang Dikeluarkan

Detailing mobil adalah teknik dalam merawat dan mempercantik bagian kendaraan, baik interior maupun eksterior. Sebagai sebuah kendaraan pribadi yang menjadi alat transportasi sehari-hari, mobil tentu akan menerjang berbagai situasi. Mulai dari debu yang bertebaran di jalan, jalanan berlubang, hingga hujan yang membuat body mobil kotor bahkan baret.

Oleh karena itu, detailing akan diperlukan agar mobil tetap sedap dipandang dan kamu tidak perlu malu ketika mengendarainya. Lalu, seperti apa proses detailing mobil? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Detailing Mobil?

Detailing mobil adalah teknik untuk merawat dan mempercantik penampilan kendaraan, baik mobil atau motor, agar terlihat keren. Pada mobil, hal ini meliputi bagian interior dan eksterior, bahkan hingga ke bagian mesin. Kegiatan ini perlu dilakukan karena pemilik kendaraan pasti mengetahui bagaimana kendaraannya terkena berbagai macam kotoran setiap saat, seperti debu, aspal, oli, hujan, kerikil, dan lainnya.

Hal-hal diatas tentu akan membuat penampilan mobil tidak sedap dipandang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu perlu melakukan proses detailing.

Detailing dilakukan dengan proses pembersihan dan perawatan ekstra secara mendetail. Mobil pun akan benar-benar bersih dari segala kotoran seperti debu, kerikil, dan kotoran lainnya. Pembersihan ini juga bahkan sampai bagian velg, kolong mobil, baut, dan detail lainnya. Dengan menggunakan detailing juga mampu membuat cat yang kusam, jamur, dan bau tidak sedap pada kabin dapat teratasi. Melakukan detailing pada mobil berarti menjaga keawetan komponen mobil tersebut.

Image: Freepik

Manfaat Detailing Mobil

Bagian eksterior diibaratkan sebagai wajah kendaraan ketika berkendara. Kamu perlu merawat wajah kendaraanmu agar tidak terlihat kusam dan tidak sedap dipandang. Untuk itu, kamu perlu merawatnya secara rutin, termasuk dengan treatment detailing mobil. Detail mobil dapat menghilangkan beragam kotoran pada kaca dan body mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat detailing mobil:

1. Memudahkan Perawatan

Mobil yang telah mendapat perawatan ekstra akan lebih mudah dibersihkan. Tentunya, kamu tidak perlu susah payah untuk membersihkannya dengan usaha keras. Cukup siram dan semua noda akan luntur. Jika dibandingkan dengan mobil yang belum dilakukan detailing, usaha untuk membersihkan mobil menjadi lebih sulit.

2. Melapisi Cat dengan Cairan Pelindung

Kamu dapat melakukan poles dan waxing untuk membuat cat dapat terlapisi oleh cairan pelindung. Cairan tersebut akan bekerja layaknya permukaan pada daun talas. Noda tidak akan mudah menembus cat dan merusak warna. Jika dibandingkan dengan mobil yang tidak dilakukan waxing, kotoran dan noda akan mengendap dan merusak cat.

3. Memperlambat Penuaan

Sinar UV ternyata memberikan dampak buruk pada body mobil. Selain sinar UV, cipratan air juga memberikan dampak buruk. Efek buruk cuaca tersebut akan berdampak pada tampilan mobil. Dengan melakukan detailing mobil secara rutin, mobil akan lebih tahan lama dan proses penuaan akan diperlambat.

4. Tampilan Menjadi lebih Segar dan Mengkilap

Tampilan adalah manfaat detailing mobil yang bisa langsung kamu rasakan. Mobil akan lebih sedap dipandang dan memberikan kesan baru bagi orang-orang yang melihatnya. Manfaat detailing sebenarnya cukup lengkap, sebab tidak hanya memberikan perlindungan tetapi juga memberikan penampilan.

Baca juga| Sudah Tahu Cara Memperbaiki Aki Kering? Simak Cara Berikut

Image: Freepik

Proses Detailing Mobil

Berikut adalah proses detailing mobil yang perlu kamu lakukan untuk membuat kendaraan tetap tampil sempurna dan tahan lama.

1. Pembersihan (Cleaning)

Hal yang perlu dilakukan adalah proses pembersihan komponen-komponen kendaraan. Proses mencuci mobil menjadi tahap awal untuk membersihkan debu yang menempel di mobil.

Kamu bisa melakukan pembersihan mobil sendiri karena proses ini bisa dilakukan oleh siapapun.

2. Proses Preparasi (Paint Correction)

Goresan, baret, oksidasi, dan kondisi cacat lainnya pada permukaan kendaraan adalah hal-hal yang tak diinginkan oleh pemilik kendaraan. Namun, jika kondisi tersebut telah terjadi kamu bisa melakukan koreksi pada permukaan kendaraan.

Paint correction bisa dilakukan dengan compounding, polishing, dan glazing. Biasanya, detailer menganggap bahwa tahapan preparasi ini merupakan bagian paling penting untuk hasil akhir yang maksimal.

3. Proses Perlindungan (Protection)

Jika tahapan preparasi telah dilakukan dengan baik, hasilnya akan langsung terlihat. Namun, proses tersebut tidak memberikan perlindungan apa pun pada kendaraan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan proses protection.

Proteksi pada permukaan kendaraan dilakukan dengan memberikan lapisan wax, sealant, atau coating pada permukaan cat. Produk yang berbeda dibutuhkan untuk melindungi permukaan lain, seperti ban, metal, krom. trim, dan lainnya.

Dengan memberi lapisan, maka kotoran menjadi tidak mudah terakumulasi pada permukaan kendaraan. Pada beberapa produk, wax atau sealant memiliki kemampuan untuk membuat debu dan air tidak menempel pada kendaraan.

4. Perawatan Secara Berkala (Maintenance)

Proses selanjutnya adalah maintenance, proteksi yang diberikan pada kendaraan hanya bersifat sementara, dengan durasi yang berbeda-beda tergantung pemakaian. Untuk menjaga agar kemampuan perlindungan bertahan optimal, perlu dilakukan perawatan secara berkala.

Untuk melakukan maintenance, produk-produk yang digunakan disebut detailer, finishing, last touch, atau sejenisnya. Tujuannya adalah untuk mencegah kotoran melemahkan kemampuan proteksi.

Baca juga| Airbag: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja

Biaya yang Dikeluarkan untuk Detailing Mobil

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan detailing sangat beragam, tergantung pada jenis pekerjaan yang ditawarkan serta ukuran kendaraan. Semakin besar kendaraan, tentu akan membuat harga jasa detailing menjadi lebih tinggi.

Selain itu, harga juga menjadi penentu apa saja yang didapat oleh pelanggan. Semakin detail pekerjaan yang dilakukan, akan semakin besar harga jasa dari detailing tersebut. Terlebih, jika mobil dikerjakan dalam kondisi yang sangat kotor.

Baca juga| Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah

Ada beberapa workshop detailing mobil di Jakarta yang mematok biaya sebesar Rp2,4 juta untuk paket lengkap mobil kecil. Sementara, untuk mobil besar dibanderol Rp2,8 juta.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *