Tanggal:28 March 2024

Apa Itu Digital Branding? Kunci Sukses Dalam Penerapan Bisnis Online

Percaya atau tidak, digital branding adalah kunci sukses jualan online. Sebab di era digital seperti sekarang ini, sebagian besar orang mengakses internet untuk mencari informasi maupun berbelanja. Oleh karena itu, kamu tak boleh ketinggalan memanfaatkan internet untuk membangun identitas online bisnismu dengan digital branding.

Nah, bagi kamu yang baru memulai atau sedang menjalankan sebuah bisnis, artikel ini akan memberikan informasi untukmu seputar digital branding lengkap beserta strategi penerapannya yang paling ampuh untuk bisnismu. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Baca juga: Apa itu Personal Branding? Bangun Citra Dirimu yang Unik!

Apa itu Digital Branding?

Apa Itu Digital Branding? Sumber: freepik

Digital branding adalah visibilitas, identitas dan kredibilitas antara konsumen yang menemukan, berinteraksi dan terkait dengan suatu bisnis atau brand melalui platform digital. Istilah branding sendiri berarti suatu upaya yang melibatkan kreativitas untuk mengenalkan bisnis itu ke khalayak umum.

Menurut Kotler & Keller (2015), branding memberikan kekuatan brand di produk maupun layanan. Pernyataan ini kemudian dijadikan sebagai pembeda antara satu produk dengan produk kompetitor lainnya.

Konsep dari digital branding sendiri adalah membangun kedekatan dan ikatan dengan para konsumen dan target pasar mereka. Berbeda dengan digital marketing yang berfokus untuk meningkatkan angka penjualan produk.

Baca juga: Digital Literacy: Pengertian, Peran Penting, dan Prinsipnya

Manfaat Digital Branding

Manfaat Digital Branding. Sumber: freepik

1. Menciptakan Interaksi yang Baik Dengan Pelanggan

Teknik digital branding akan memberikan kesempatan untukmu dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat. Contoh cara sederhananya adalah dengan menciptakan suatu GIF dalam menampilkan fitur terbaik dalam bisnismu. Atau bisa juga dengan konsep storytelling. Nantinya, calon pelanggan akan memilih sendiri produk mana yang paling dekat dengan tingkat emosional mereka.

2. Menonjolkan Brand

Sebagai daya tarik, kamu bisa menggunakan sisi unik tersendiri dari brand-mu. Sehingga, brand akan lebih terlihat menonjol dari brand lainnya.

3. Memperluas Koneksi

Jika konsep digital branding-mu berhasil, maka kamu akan lebih mudah dalam memperluas koneksi bisnis. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan beragam platform online yang sudah populer demi memperluas koneksi bisnismu. Bukalah pintu kesempatan yang lebar untuk menjalankan kerjasama dengan bisnis lain yang memiliki visi dan misi serupa.

4. Lebih Muda Diingat

Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial dalam memasarkan produkmu, agar lebih mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mengadopsi berbagai tren internet yang saat ini sedang berlangsung agar masyarakat bisa lebih mengingat brand milikmu.

5. Mempopulerkan Bisnis

Dalam dunia online seperti saat ini, membuat konten viral atau populer merupakan hal yang biasa. Meskipun tidak bisa direncanakan secara menyeluruh, dan pada umumnya konten populer biasa disebabkan hanya karna adanya faktor keberuntungan. Namun, bukan hal yang mustahil untuk bisnismu.

Kuncinya adalah konsisten. Publikasilah berbagai konten menarik sesering mungkin dan sebanyak mungkin, lalu perkuat strategy marketing-mu. Semakin besar upaya dalam mempopulerkan bisnis, maka akan semakin besar juga tingkat kesempatan untuk bisa viral.

Baca juga: Apa itu Employer Branding? Simak Pengertian, Manfaat, dan Contohnya!

Strategi dan Contoh Penerapan Digital Branding

Strategi dan Contoh Penerapan Digital Branding. Sumber: pexels.com

1. Logo

Logo merupakan bentuk visual dari brand yang kamu ciptakan. Strategi penerapan digital branding logo yang baik adalah yang mudah diingat. Hal terpenting dalam pembuatan logo yaitu gaya desain yang sederhana agar mudah diingat.

2. Website

Ibarat toko, website adalah etalase yang berguna untuk memamerkan produk. Dengan memiliki sebuah website, kamu bisa melakukan branding dengan baik sehingga angka penjualan dapat meningkat.

3. SEO

SEO berkaitan erat dengan website. Fungsinya untuk membuat brand kamu muncul di hasil pencarian seperti Google. Dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO) pasti brand kamu akan semakin dikenal oleh khalayak ramai.

4. Sosial Media

Hampir semua orang menggunakan sosial media. Karena itu, media ini sangat powerful, sehingga membangun sebuah branding di dunia digital pasti akan membantu kesuksesan kamu. Contoh platform digital yang bisa kamu gunakan yaitu Facebook, Twitter dan Instagram. Akan lebih bagus lagi jika semua media sosial kamu jangkau.

5. Email Marketing

Walaupun email bisa dibilang strategi lama, namun keefektivitasannya cukup tinggi. Dengan memperlakukan konsumen secara personal, hal tersebut akan menimbulkan perasaan dihargai, sehingga mereka akan selalu menginginkan produk kamu.

6. Influencer Marketing

Jika ingin mendapatkan hasil dengan cepat, kamu bisa bekerja sama dengan para influencer seperti selebgram maupun youtuber. Pilihlah influencer yang memiliki kepercayaan dan pengaruh besar. Dengan begitu, kerjasama yang dijalin akan membuahkan hasil dengan cepat.

Baca juga: Yuk, Intip Jenis dan Manfaat Seorang Influencer

Demikianlah pembahasan mengenai digital branding. Sekarang sudah tahu ‘kan apa itu digital branding dan strateginya yang paling ampuh? Maka, sudah saatnya kamu praktik! Kamu bisa mencoba beberapa strategi di atas yang menurutmu paling mudah dan paling penting, ya. Selamat mencoba!

Public relation masterclass
kiat menjadi pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *