Tanggal:29 March 2024

7 Digital Skill Yang Dibutuhkan di Masa Depan, Kamu Wajib Tahu!

Digital skill adalah kemampuan dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi perangkat digital dalam mengakses dan mengelola informasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini digital skill menjadi suatu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki.

Terlebih sekarang ini banyak perusahaan yang mulai bertransformasi ke ranah digital. Itu berarti kesempatan untuk menjalani karier profesional dengan digital skill juga sangat terbuka lebar jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tak heran jika saat ini juga ada cukup banyak posisi pekerjaan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Dikutip dari katalisnet.com, berikut adalah beberapa statistik yang menunjukkan meningkatnya permintaan akan profesional yang melek digital:

  • 54% dari semua karyawan akan membutuhkan pelatihan ulang yang signifikan pada tahun 2022. Khususnya untuk keterampilan teknis seperti pemrograman dan pengembangan aplikasi.
  • Selama lima tahun ke depan, tenaga kerja global dapat menyerap sekitar 149 juta pekerjaan berorientasi teknologi.
  • 85% orang Amerika percaya bahwa keterampilan digital akan penting untuk kesuksesan di tempat kerja saat ini.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tentang keterampilan digital untuk kemajuan karier, “jumlah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan digital diperkirakan akan meningkat 12 persen pada tahun 2024.”

Menilik beberapa statistik di atas, maka perlu kita sadari betapa pentingnya memiliki digital skill di era ini. Nah, untuk membantumu mengetahui macam-macam digital skill yang dibutuhkan di masa depan, berikut kami telah buatkan daftar rangkumannya untukmu, di simak ya!

Baca juga: Digitalisasi: Pengertian, Manfaat, dan Peran Pentingnya

7 Digital Skill yang Wajib Kamu Miliki

7 Digital Skill yang Wajib Kamu Miliki. Sumber: istockphoto.com

1. Data Analytics

Data analytics adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Sementara pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

2. Search Engine Optimization

Digital skill yang berikutnya ialah search engine optimization (SEO) yang merupakan salah satu skill penting dalam digital marketing. Seseorang yang punya keahlian di bidang SEO umumnya disebut SEO specialist.

Tugas utamanya adalah memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari. Dalam melakukan tugas tersebut, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat, mulai dari meneliti seperti siapa saja yang menjadi kompetitor, kemudian meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

3. Copywriting

Digital skill copywriting ini tak hanya menulis saja, tapi juga berperan dalam bisnis digital. Seperti mengemas pesan yang menjual untuk menargetkan pasar sesuai produk yang ditawarkan.

Copywriting merupakan pembuatan materi pemasaran yang dapat menarik pembaca guna melakukan berbagai tindakan yang dibutuhkan. Seorang copywriter menghasilkan konten yang berperan penting terhadap produk yang dijual. Digital skill ini mengandalkan attention, interest, desire dan action (AIDA) pada kontennya.

Baca juga: 7 Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Bisnis

4. Project Management

Adapun project management skills merupakan kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek. Posisi spesifik yang wajib memiliki kemampuan ini adalah project manager. Peran utamanya mengorganisir tim agar target tim dapat tercapai sesuai durasi waktu yang disediakan.

5. Social Media Strategy

Social media strategy digunakan untuk mengatur segala strategi dalam kepentingan bisnis di media sosial. Biasanya mengatur konten dan membuat campaign yang menarik untuk menjadi brand awareness dan traffic. Selain itu juga menganalisa dan tracking suatu insight di media sosial.

Tak hanya memiliki kemampuan untuk  menarik perhatian audiens, tapi juga menganalisa dengan baik. Social media strategy bertujuan untuk mengenalkan produk atau brand agar dikenal luas melalui media sosial.

6. Design UI UX

Design UI UX merupakan skill mendesain tampilan (user interface) yang memberikan pengalaman bagi penggunaan aplikasi atau website. UI UX designer juga membuat user experience yang baik seperti pengguna lebih mudah menggunakan aplikasi (easy to use) atau disuguhkan tampilan menarik dan tidak membosankan.

Beberapa tools yang bisa digunakan untuk mempelajari skill ini sendiri adalah Figma, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Coreldraw, dan masih banyak lagi.

7. Internet of Things

Internet of things atau IoT merupakan suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device atau peralatan dan dapat dikendalikan dengan mudah.

Adapun implementasi IoT juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet, sebab yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Baca juga: Digital Literacy: Pengertian, Peran Penting, dan Prinsipnya

Itulah digital skills yang harus kamu kuasai di era teknologi digital seperti sekarang ini. Sebab skill-skill di atas tak hanya berguna untuk hari ini saja, namun juga untuk di masa yang akan datang.

Bagi kamu yang tertarik dengan digital marketing, kamu bisa banget mengasah skill-mu di kursus online “Digital Marketing”. Course ini akan mengajakmu bagaimana untuk sukses dengan memasarkan produk atau layanan pada suatu perusahaan secara digital. Yuk, segera daftarkan dirimu!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *