Tanggal:25 April 2024

Menghadapi Tantangan Era Ekonomi Digital, Sudah Siap?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyampaikan, ekonomi digital di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Pada tahun 2021 nilai ekonominya tercatat sekitar USD70 miliar dan diperkirakan mampu mencapai USD146 miliar pada tahun 2025.

Pemerintah sudah berkomitmen untuk terus menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Pengembangan ekonomi digital dipercaya menjadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia. Untuk mewujudkannya, pemerintah telah mempersiapkan kerangka pengembangan ekonomi digital 2021-2030.

Sebagai generasi muda, apakah Sobat Vocasia sudah paham dengan apa itu ekonomi digital? Untuk meningkatkan pemahaman kamu, mari simak penjelasannya!

Baca Juga | Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Dan Bedanya Dengan Ekonomi Mikro

Apa itu Ekonomi Digital?

Ekonomi digital adalah seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan juga kecerdasan buatan yang disebut AI (Artificial Intelligence). Ekonomi digital memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia. Sebab, dengan bantuan teknologi digital membuat semakin terbukanya peluang masyarakat untuk dengan mudah mengembangkan bisnisnya, mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik, dan lain sebagainya.

Bukti lainnya juga dapat dilihat dari perusahaan startup yang terus berkembang dan berinovasi untuk menciptakan proses transaksi yang semakin mudah. Sehingga tak heran apabila pemerintah kini terus mendukung kemajuan industri digital karena melihat dampaknya yang begitu besar ke segala aspek kehidupan.

Baca Juga | Defisit: Fenomena Permasalahan Pada Kondisi Keuangan

Tantangan Ekonomi Digital di Indonesia

Melihat potensi serta manfaat dari ekonomi digital, tidak menutup kemungkinan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Berikut beberapa diantaranya:

Baca Juga | Kamu Berada Di Bidang Ekonomi? Ini Prospek Kerjanya Yang Perlu Diketahui!

1. Keamanan Siber

Hal utama yang menjadi penghambat ekonomi digital di Indonesia adalah masalah keamanan. Menurut data National Cyber Security Index, secara global, keamanan siber di Indonesia menduduki peringkat ke-83 dari 160 negara. Ancaman siber ini pada umumnya menyasar perusahaan besar dan institusi pemerintahan. Dengan hal tersebut, perlu ada pengembangan dari sistem keamanan siber di Indonesia.

Baca Juga | Apa Itu Carding? Waspadai Kejahatan Penipuan, Wajib Tahu!

2. Ketersediaan Akses Internet

Akses internet di Indonesia yang belum merata menjadi salah satu kendala berkembangnya ekonomi digital. Lambatnya pemerataan internet dapat disebabkan oleh topografi daerah Indonesia yang di mana banyak sekali pegunungan yang mengakibatkan sulitnya pembangunan.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

3. Persaingan yang Semakin Ketat

Perekonomian digital juga menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis. Pelaku bisnis harus dapat berpikir kreatif dan juga inovatif untuk mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran banyaknya pesaing yang sudah lebih unggul di dunia bisnis.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Tagline Beserta Jenisnya

Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital

Dari tantangan yang ada, pasti timbul kekhawatiran khususnya pada generasi muda yang menjadi generasi penerus bangsa. Eitss..tidak perlu bingung! Selagi masih ada waktu, kamu masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkannya. Ini dia 5 hal yang bisa menjadi bekalmu di masa depan.

– Mengasah hard skill dan soft skill.
– Menguasai bahasa asing.
– Mencari pengalaman.
– Cakap dalam penggunaan digital.
– Selalu mengikuti update perkembangan segala hal.

Baca Juga | Hard Skill Dan Soft Skill, Apa Bedanya?

Segala tantangan serta penghambat yang ada dapat diatasi dengan upaya yang maksimal. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara yang memiliki total penduduk terbesar ke-4 di dunia dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta atau 70,7% dan sebagian besarnya merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial yang sudah terbiasa dalam penggunaan digital. Dengan adanya dukungan sumber daya manusia yang baik akan semakin mudah untuk menghadapi era ekonomi digital.

Baca juga | Apa Itu Ekonomi Kreatif? Pengertian, Ciri, Faktor Dan Contohnya

Kursus digital marketing
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *