Site icon Vocasia

5+ Formula Copywriting Yang Perlu Kamu Tahu!

Copywriting adalah salah satu cara menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan dengan lebih menarik dan efektif. Nah, sudah pasti tugas ini dilakukan oleh copywriter yang memahami cara membuat copywriting yang tepat dan efektif.  Copywriting yang tepat dan efektif bisa berujung pada klik ke halaman brand, like, hingga penjualan yang sukses.

Ilustrasi copywriter (freepik)

Copywriting yang baik harus memenuhi kriteria efektif, ringkas, informatif, tepat sasaran, memancing rasa penasaran, dan dapat dipercaya. Agar kriteria tersebut dapat dipenuhi, kamu harus tahu dulu formula copywriting yang tepat. Vocasia telah merangkum formula efektif yang bisa kamu pakai sebagai seorang copywriter. Yuk simak!

  1. AIDA

Formula AIDA (Coco Solution Article)

AIDA adalah formula yang paling populer di kalangan copywriter karena formula copywriting ini punya struktur yang berhasil memenuhi kriteria-kriteria copy yang sebelumnya disebutkan jika penyusunan copy-nya maksimal.

AIDA merupakan singkatan dari:

Menurut Copyhackers, formula copywriting ini bisa digunakan di banyak format konten, seperti iklan, landing page YouTube, newsletter email, dan postingan media sosial. Esensi AIDA adalah coba tulisan yang jenaka, pedas, atau aneh untuk menarik mata pembaca. Setelah menarik minat audiens, tujuanmu berikutnya adalah mengubah rasa penasaran mereka menjadi keinginan untuk mengenal brand-mu lebih jauh, diikuti dengan call-to-action.

  1. PAS

Formula PAS (INK)

Formula copywriting yang selanjutnya terbilang cukup sederhana. Urutan formula copywriting PAS dimulai dari P (problem), A (agitate), lalu S (solution). Berikut penjelasan detailnya.

Menurut Sleeknote, ketika menerapkan PAS, buat pernyataan masalah singkat untuk menangkap perhatian konsumen potensial. Lalu, masuklah ke kalimat mengapa produk atau jasamu bisa mengisi kekosongan tersebut dan bagaimana caranya.

  1. IDCA

Berbeda dengan formula copywriting AIDA yang mulai dari bagian yang menarik perhatian, formula IDCA mulai dari bagian yang langsung menyentuh ketertarikan audiens dan memancing rasa penasaran. Formula IDCA terdiri dari:

Perlu kamu catat bahwa sebelum mengajak audiens untuk bertindak, hal pasti yang perlu kamu cantumkan dalak copy-mu adalah tawarkan sesuatu yang bernilai untuk menghasilkan arahan. Sehingga, audiens dapat terbujuk dengan call to action yang kamu cantumkan.

Baca juga: 5+ Tools Copywriting Agar Tulisanmu Semakin Menarik!

4. ACCA

Formula copywriting ACCA dapat digunakan dalam copy yang ingin menitikberatkan pada permasalahan yang mungkin dialami oleh audiens, baru kemudian masuk ke bagaimana kita bisa menawarkan solusi dari masalah tersebut. ACCA merupakan singkatan dari:

5. QUEST

Untuk formula copywriting yang ini bisa dibilang beda. Formula ini dimulai dengan memaparkan fakta menarik atau bisa langsung masuk ke inti copy-nya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula

6. 4C

Formula 4C (Swipe File)

Apabila kamu menggunakan formula ini, unggah tulisanmu di situs terkenal dan pasang testimoni untuk membuktikan bahwa produkmu yang terbaik. Formula 4C dikatakan sebagai formula serbaguna dan cocok untuk produk maupun jasa. Menurut Neuroflash, 4C merupakan singkatan dari:

Itu dia formula copywriting yang perlu kamu ketahui agar tulisan kamu makin oke. Untuk melatih kemampuan copywriting-mu, kamu bisa mengikuti kursus HYPERSONIC COPYWRITING SERIES: Dasar-dasar Copywriting Yang Efektif di Vocasia. Kamu akan mempelajari seputar copywriting, headline, body, closing, hingga praktek copywriting. Eits, kursus ini tak hanya bisa diikuti oleh copywriter, lho. Kamu yang berprofesi sebagai digital marketer dan content creator juga bisa mengikuti kursus ini.

Buruan ikut kursusnya sekarang!

Baca juga: 10+ Contoh Copywriting Instagram Beserta Tipsnya

Exit mobile version