Tanggal:25 April 2024
fungsi repeater

5 Fungsi Repeater yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli!

Di era yang serba digital ini, hampir segala aktivitas mengharuskan kita untuk terus terhubung internet. Untuk memperkuat jaringan internet, kita butuh alat yang bernama repeater. Pada dasarnya, fungsi repeater adalah memperkuat sinyal yang dikirim agar dapat diteruskan ke perangkat lain pada jarak yang cukup jauh.

Bila kamu memiliki WiFi di rumah ataupun di kantor, tapi kamu kesulitan untuk menjangkau jaringannya, menggunakan repeater merupakan salah satu solusi yang tepat. Pasalnya, ia dapat memperluas jangkauan WiFi sehingga memudahkanmu menemukan koneksi jaringan WiFi tersebut.

Tertarik untuk membelinya? Sebaiknya kamu pahami dulu beberapa fungsi penting repeater sebelum membelinya. Dicatat, ya!

Baca juga | Cara Cek IP Address pada Laptop dan Smartphone

Apa itu repeater?

fungsi repeater

source: ceklist.id

Repeater berasal dari bahasa Inggris “repeat” yang berarti ulangi atau pengulangan. Sementara itu, dalam bahasa komputer jaringan, bisa diartikan pengulangan transfer data untuk menghasilkan kecepatan transfer data maksimal. Tentunya, alat ini sangat membantu untuk wilayah yang memiliki akses jaringan internet yang lemah.

Fungsi repeater

Berikut beberapa fungsi repeater yang perlu kamu ketahui:

1. Memperluas jaringan internet

Sebagaimana yang telah disebutkan, repeater mampu memperluas jangkauan internet. Alat ini mampu menaikkan transfer data jaringan internet, kemudian menghasilkan koneksi jaringan yang maksimal serta memperluas daya jangkauan sinyal. Jika tidak menggunakan repeater, akses internet di beberapa wilayah tidak bisa tersebar secara merata.

Baca juga | Apa itu SSID? Berikut Fungsi dan Cara Pengaturannya!

2. Memperkuat sinyal WiFi

Selain memperluas, repeater juga berfungsi untuk memperkuat sinyal WiFi dengan menggunakan metode pengulangan transfer data. Pengulangan data internet ini terlaksana dengan menangkap serta menambahkan sinyal ke akses jaringan internet yang sudah terpasang ke alat ini.

3. Mempercepat pengiriman dan penerimaan data

Yang ketiga adalah mempercepat pengiriman dan penerimaan data. Repeater juga mampu menaikkan pengiriman dan penerimaan data jaringan internet. Artinya, alat ini dapat mempermudah proses download dan upload di internet karena repeater mampu memberikan kecepatan yang lancar.

4. Mengurangi penggunaan kabel jaringan

Fungsi repeater selanjutnya adalah dapat mengurangi beban penggunaan kabel jaringan. Ia bisa menggantikan penggunaan kabel jaringan yang biasanya merogoh biaya yang tidak sedikit. Dengan kehadiran repeater, daerah yang sebelumnya perlu menggunakan kabel untuk saling menghubungkan, kini tidak perlu lagi menggunakan kabel jaringan tersebut.

5. Alternatif router yang rusak

Selain untuk memperluas dan memperkuat jangkauan WiFi, repeater juga bisa menjadi pengganti alternatif dari router yang rusak. Karena, ia mampu menjadi alternatif fungsi access point sebuah router.

Baca juga | Routing: Definisi, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Bagaimana cara kerja repeater?

fungsi repeater

source: tedas

Alat tersebut dapat bekerja dengan cara:

  • Menerima sinyal dari server.
  • Sinyal dipancarkan menuju wilayah yang dapat terjangkau oleh alat tersebut.
  • Sinyal diperkuat melalui 2 komponen, yaitu client dan accespoint.
  • Setelah menerima sinyal yang dipancarkan dari accespoint, maka akan ada perubahan frekuensi.
  • Perubahan frekuensi memancarkan sinyal kembali agar lebih kuat.
  • Sinyal kuat, jangkauan pun luas.

Cara kerja tersebut dilakukan oleh sistem analog dan juga digital repeater. Analog adalah sebuah sistem yang dapat mengirim sinyal dalam bentuk data analog. Daya listrik dari sistem analog menyesuaikan besaran sinyal yang terkirim atau besar amplitudo. Sementara itu, digital adalah sistem pengiriman sinyal dalam bentuk digital dan data yang terkirim menggunakan angka binary (1 dan 0) serta beberapa proses kerja tambahan lainnya.

Baca juga | Pengertian Bit beserta Contoh dan Fungsinya

Repeater akan berfungsi dengan baik apabila diletakkan pada tempat yang tinggi. Selain itu, alat ini juga memiliki jarak fisik dari perangkat jaringan utama. Jadi, harus diketahui betul mana titik yang tepat untuk pemasangan.

Penutup

Kesimpulannya, repeater dikenal sebagai alat penguat sinyal WiFi yang kini dicari oleh banyak orang. Dengan jangkauan yang bisa dihasilkan, maka internet akan memiliki sinyal yang kuat serta tidak mudah putus-putus. Sehingga, pekerjaan kamu pun tidak mudah terdistraksi dengan internet yang lelet. Bagaimana, tertarik untuk membeli? Semoga bermanfaat!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *