Site icon Vocasia

Game Designer: Tugas, Skill, Gaji, Jenjang Karir dan Tipsnya

Siapa disini yang belum pernah bermain video game? Pasti sudah pernah dong, tapi kamu penasaran ga sih siapa yang membuat game tersebut jadi asyik dan seru? Nah, jawabannya adalah Game Designer. Di artikel ini, minvo akan bahas seputar Game Designer, mulai dari pengertian, tugas, skill yang dibutuhkan, hingga tips menjadi Game Designer, disimak terus ya!

Apa Itu Game Designer?

Game Designer adalah seseorang yang bertugas untuk menciptakan sebuah konsep video game baik itu video game di smartphone, konsol, website, dan lain sebagainya. Seorang game designer akan menuliskan konsep dari video game yang ingin diciptakannya, mulai dari ide dasar dari video game, termasuk ceritanya dan seberapa sulitnya. Selain itu, seorang Game Designer juga bertanggung jawab merancang bagaimana tampilan dan cara bermain game tersebut. Tentunya mereka tidak sendirian, Game Designer akan berkerja sama dengan tim lain untuk mewujudkan ide mereka dan melakukan pengujian terhadap user.

Baca Juga: Prinsip Dasar Desain Grafis Yang Wajib Diketahui Calon Desainer!

Tugas dan Tanggung Jawab Game Designer

Seorang Game Designer mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab, di antaranya:

Jadi, Game Designer tuh kayak jagoan di belakang layar yang bikin semua elemen penting di dalam game jadi keren dan bikin ketagihan buat dimainin!

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Game Designer

Dilansir dari Indeed, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Game Designer, yaitu:

Dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan ini, seorang Game Designer dapat membantu membentuk permainan yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk menjelajahi kursus yang ditawarkan oleh Vocasia untuk memperkuat fondasi keterampilan Anda dalam dunia desain game!

Jenjang Karier Game Designer

Gaji Game Designer

Gaji seorang Game Designer sangat lah bervariasi, tergantung dari posisi jabatan. Umumnya seorang Game Designer pemula akan mendapatkan minimal gaji Rp5.000.000 – Rp8.000.000 per bulan.

Perbedaan Game Designer dan Game Programmer

1. Game Designer

Tugas Utama:

Keterampilan utama:

2. Game Programmer

Tugas utama:

Keterampilan utama:

Tips Menjadi Seorang Game Designer

Mau jadi seorang game designer? Ikuti tips berikut ini:

Baca Juga: 10+ Desainer Grafis Terkenal Di Indonesia Dan Dunia

Sekarang, setelah memahami berbagai tips dan peluang yang ada, perjalananmu sebagai seorang Game Designer semakin dekat. Ingatlah, setiap langkah yang kamu ambil membawa pengalaman berharga untuk mengasah keterampilanmu.

Jangan lupa, Vocasia hadir dengan kursus “Buat Game Dengan Mudah Tanpa Harus Jago Coding” yang dirancang khusus untuk mempermudah perjalananmu dalam dunia desain game. Dengan materi yang disusun secara terstruktur dan mentor yang berpengalaman, kamu akan mendapatkan panduan yang tepat untuk mengembangkan keterampilan desain game tanpa harus menjadi ahli dalam coding.

Exit mobile version