Site icon Vocasia

Hal-hal yang dibutuhkan dalam Penelitian

Beberapa pendapat mengatakan bahwa penelitian pada umumnya adalah sebuah aktivitas yang sangat terhormat, mahal, elite, bergengsi, dan penuh petualangan. Pernyataan ini beralasan karena biaya penelitian biasanya cukup besar, cukup eksklusif, dan penuh tantangan. Namun tidak hanya mahal, penelitian juga dapat amat murah, dan murah sekali. Apabila diukur dari pemanfaatan penelitian baik dalam arti murni (pure) maupun dalam arti terapan (applied). Banyak proyek penelitian yang dilakukan dengan biaya ratusan jutaan rupiah. Bahkan ada penelitian yang dilakukan dalam waktu yang sangat lama. Tetapi, juga tak sedikit penelitian dilakukan dengan biaya yang sangat murah dengan batas waktu yang relatif pendek.

Memang waktu merupakan kebutuhan tersendiri dalam penelitian. Hal ini tidak lain karena peneliti membutuhkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan penelitiannya dengan saksama. Penelitian tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu satu sampai dua minggu. Tetapi membutuhkan waktu relatif lebih lama dari itu. Bisa bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun. Tergantung pada permasalahan yang hendak diteliti. Bahkan waktu juga menentukan rasionalisasi penelitian tertentu dengan metode permasalahan tertentu pula.

Berdasarkan sumber buku Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya (2007). Berikut adalah penjelasan mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam penelitian. Simak dibawah ini, yuk!

Hal-hal yang dibutuhkan dalam Penelitian

Akumulasi uang dan waktu dalam setiap penelitian selalu urgen untuk menghasilkan karya-karya penelitian yang andal. Selain itu keandalan hasil penelitian juga dihasilkan oleh peneliti yang memiliki dedikasi. Karena peneliti adalah instrumen penting dalam penelitian yang menguasai seluruh proses dan komponen penelitian. Dedikasi dan sikap ilmiah peneliti itulah yang mengantarkannya kepada ciri khas seorang ilmuwan.

Baca Juga : Begini Perspektif Khalayak dalam Jurnalisme

Sikap dan Dedikasi yang dibutuhkan seorang Peneliti

Berikut adalah sikap-sikap dan dedikasi yang dibutuhkan peneliti, adalah antara lain:

Kemampuan Lain yang Harus dimiliki Peneliti

Selanjutnya peneliti sebagai seorang ilmuwan juga dituntut memiliki kemampuan lain seperti:

Selain sikap, dedikasi, dan kemampuan tersebut di atas. Selanjutnya peneliti juga dituntut untuk menguasai cabang ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Kebutuhan ini dirasakan terutama bagi peneliti yang bekerja pada lembaga-lembaga penelitian. Dengan melayani kebutuhan penelitian dari berbagai kalangan atau disiplin ilmu. Kebutuhan sikap dedikasi sebagai peneliti tidak hanya dengan memenuhi beberapa kebutuhan di atas. Karena masih ada kebutuhan lain yang semestinya diperhatikan dalam penelitian.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam penelitian. Bagaimana pendapatmu?. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca Juga : Definisi, Bentuk dan Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility)

Exit mobile version