Tanggal:20 April 2024

7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Menikah, Calon Manten Wajib Baca!

Pernikahan merupakan hal yang sangat sakral bagi setiap manusia. Bersatunya mempelai pria dan wanita dalam sebuah ikatan suci pernikahan. Diharapkan kedua belah pihak dapat membangun bahtera rumah tangga yang sakinah mawadah, dan warahmah. Namun, yang namanya pernikahan tentu tidak selalu bahagia terus-menerus. Ada kalanya situasi yang membuat suami dan istri mengalami cekcok atau pun pertengkaran. Karena bagaimana pun, menyatukan dua pikiran itu tidak mudah. 

Oleh karena itu, para calon pengantin harus mempersiapkan dirinya dengan sangat baik. Bukan hanya perisapan menuju hari akad pernikahan. Tetapi persiapan mental, sangat diperlukan sekali, dan hal ini yang seringkali dilupakan oleh banyak pengantin. Alhasil tidak sedikit pula yang berujung pada perceraian. Tentunya kamu tidak mau seperti itu bukan?. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tujuh hal yang perlu diperhatikan calon pengantin sebelum menikah. Langsung saja, simak dibawah ini yuk!

7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Menikah

1. Mempersiapkan Mental dengan Memperbaiki Diri

Pasangan(pexels.com/asad photo maldives)

Pernikahan tidak seindah foto-foto yang sering terpajang di sosial media artis atau pun selebgram yang kita ikuti. Oleh demikian, hal pertama yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan oleh calon pengantin adalah mempersiapkan mental diri sendiri. Persiapan mental sangat diperlukan, agar dapat beradaptasi dengan lika-liku kehidupan pernikahan yang bisa saja tidak stabil nantinya. Salah satu cara agar kamu bisa mempersiapkan mental tersebut adalah dengan memperbaiki dirimu sendiri. Tentunya kamu tahu dong apa saja yang menjadi kekurangan, dan juga apa saja yang bisa memicu emosimu. Belajarlah kendalikan hal tersebut, karena dalam pernikahan kamu perlu adanya saling keterhubungan dengan pasanganmu. Jika kamu mendapatkan masalah nanti, kemudian responmu marah atau emosi. Maka akan memperburuk permasalahan. Oleh karena itu betul-betul siapkanlah mentalmu, sebelum menikah, ya!

Baca Juga : Lagu-Lagu Romantis Barat
Baca Juga : 5 Tipe Love Language Dalam Hubungan

2. Bangun Komitmen

Hubungan(pexels.com/daria obymaha)

Pernikahan harus dilandaskan oleh komitmen yang kuat dari masing-masing kedua belah pihak. Mengapa demikian? karena komitmen merupakan hal yang penting dalam hubungan. Jika hubungan tidak dilandaskan oleh komitmen, maka hubungan tidak akan memiliki pondasi yang kuat untuk mengarungi bahtera rumah tangga yang kompleks. Komitmen ini nantinya yang akan menjadi sebuah pengingat, dan juga prinsip hidupmu dan pasangan ketika misalnya pernikahanmu diterpa konflik. Maka dari itu, sebelum menikah bangunlah komitmen yang kuat bersama pasanganmu, ya!

3. Mengetahui Tujuan untuk Menikah

Naungan(pexels.com/nghia trinh)

Temukanlah tujuan mengapa kamu menikah?. Mengapa kamu memilihnya menjadi pasanganmu?. Tanyakan kembali kepada dirimu, apa yang akan kamu lakukan nanti bersamanya. Buat tujuan pernikahanmu dengannya, karena kamu akan bersama dengannya seumur hidup. Kamu harus selalu mencintainya, dan menerima dirinya apa adanya. Begitu pula halnya dengan pasanganmu. Oleh karena itu, tujuan pernikahan harus benar-benar ada dalam pikiranmu dan pasangan. Agar kalian bisa bersama-sama mewujudkan hubungan pernikahan yang sakinah, mawadah, dan warahmah.

4. Persiapkan Kondisi Keuanganmu

Uang(pexels.com/karolina grabowska)

Tidak menampik dalam pernikahan kondisi keuangan menjadi hal yang utama. Karena pasangan akan hidup berdua, maka dari itu mereka harus memiliki kondisi keuangan yang stabil. Serta dapat mengelola pengeluaran anggaran per-bulan dengan baik. Jika tidak demikian, maka akan timbul berbagai macam masalah. Tidak sedikit pasangan yang bercerai karena kondisi keuangan yang tidak stabil. Oleh karena itu, persiapkan dana kehidupan pernikahanmu dengan baik, dan belajarlah mengelola anggaran pengeluaran dengan cermat. Selain kedua hal tersebut, imbangilah juga rasa syukur dalam pernikahanmu, sehingga kamu tidak akan terguncang ketika mendapatkan cobaan pernikahan melalui kondisi keuangan yang sulit.

5. Bangun Cara Komunikasi yang Baik

Interaksi dengan Pasangan(pexels.com/freestocksorg)

Agar kehidupan pernikahanmu nanti berjalan dengan lancar, kamu perlu melatih dirimu untuk berkomunikasi yang baik dengan pasangan. Bangunlah komunikasi yang baik dengan pasanganmu, dengan begitu hubungan cinta dan kasih sayang di antara kalian berdua akan terjalin lebih erat. Pasangan yang memiliki hubungan komunikasi akan bisa beradaptasi melalui rintangan-rintangan pernikahan. Karena mereka memahami satu sama lain, selalu duduk bersama berkomunikasi dengan baik ketika ada masalah. Oleh karena itu, bangunlah komunikasi yang baik dengan pasanganmu, ya!

Baca Juga : 15 Tanda Kehamilan Yang Perlu Diketahui
Baca Juga : 5 Konsep Prewedding Sebelum Melakukan Sesi Pemotretan

6. Hilangkan Ego dalam Dirimu

Buang Ego Masing-masing(pexels.com/artem beliaikin)

Yang namanya manusia pastinya memiliki ego di dalam dirinya. Dalam sebuah pernikahan kita harus bisa mengendalikan ego masing-masing, agar terhindar dari segala konflik pernikahan. Tak hanya itu, dengan kamu mengendalikan ego, hal itu merupakan bentuk rasa cinta dan kasih sayang mu terhadap pasangan. Mengapa demikian? karena kamu rela menghilangkan egomu demi kebahagiaan pasanganmu.

Baca Juga : Kumpulan Kata Cinta, Selain “I Love You”
Baca Juga : Daftar Lagu Romantis Indonesia

7. Mengikuti Kelas Pranikah

Pernikahan(pexels.com/pixabay)

Teruntuk kamu yang ingin melangsungkan sebuah pernikahan, disarankan untuk mengikuti kelas pra nikah. Sehingga kamu dan pasangan mengetahui asas dan dasar dari sebuah pernikahan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai tujuh hal yang perlu diperhatikan sebelum menikah. Bagaimana nih menurutmu? komen dibawah ya!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *